5 Fakta Menarik Tentang Ninja yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Ilmusaku – Halo Sobat, Kalian mungkin sudah tak asing lagi dengan sosok Naruto di televisi. Naruto dalam animenya digambarkan sebagai ninja yang memiliki kemampuan hebat, dengan berbagai jurus yang dimilikinya. Tapi tahukan kamu fakta menarik tentang Ninja itu sendiri ?

Dan bagaimana Ninja yang awalnya hanya sebagai legenda lokal menjadi sebuah fenomena pop culture yang digandrungi oleh berbagai orang di Jepang bahkan juga di seluruh dunia.

Apa Fakta menarik tentang Ninja yang dapat membuat Ninja menjadi sebuah legenda yang dicintai oleh banyak orang ?

Mari sobat kita cari tahu sama – sama.

5 Fakta menarik tentang ninja diantaranya :

Ninja adalah mata-mata untuk mengumpulkan Informasi dan Espinase. Bukan seorang petarung.

Fakta menarik tentang ninja
Ninja hobi mengendap – endap

Ninja adalah mata-mata profesional pada zaman ketika para samurai masih memegang kekuasaan tertinggi di pemerintahan Jepang pada abad ke-12.

Tapi selain untuk mata – matai musuh, Ninja juga dipekerjakan untuk melakukan berbagai tugas, mulai dari pengawasan hingga perampokan dan pembakaran. Mereka melakukan apa saja yang akan menyerang musuh mereka, secara l psikologis. Semakin luas jangkauan skill mereka, semakin mudah mereka bisa menyusup ke garis musuh.

Tapi jangan salah, Meski mereka memiliki kemampuan tempur yang bagus juga. Hingga mereka dianggap sebagai pasukan siap tempur.

Tapi para Ninja lebih memilih untuk melarikan diri dan bersembunyi dari pandangan musuh. Bahkan dibeberapa literatur, mereka dianggap akan gagal jika harus berkelahi dengan musuh.

Jadi hampir tak mungkin ninja bertarung seperti yang kamu lihat di televisi.

Baca juga : Fakta unik Tentang Assassin

Ninja berada di Strata kelas sosial paling bawah di masyarakat Jepang kuno.

images 92 copy 1200x1664 min
Ninja tak terlihat mencolok

Di Jepang feodal, dua jenis prajurit muncul: Samurai, bangsawan untuk negara, dan Ninja, dari kelas bawah. Itulah mengapa pakaian Samurai berwarna-warni dengan simbol yang melambangkan status mereka.

Sedangkan Ninja hanya memakai seperti orang biasa atau mereka akan memakai pakaian berwarna warna gelap saja saat melakukan misi, agar mereka dapat lebih mudah untuk menyelesaikan misi mereka.

Bahkan mereka tidak menggunakan topeng seperti yang ada di film. Karena topeng dan pakaian mencolok dapat membuat misi mereka berantakan.

Ninja Tak Menggunakan Katana dan Shuriken Sebagai Senjata

images 93 copy 1200x1564 min
Arit adalah salah satu senjata tradisional Shinobi

Jika Ninja di kartun atau film memakai katana di punggung mereka, dan melemparkan Shuriken ke lawan mereka. Ninja asli yang adalah golongan rakyat jelata, tak memiliki uang untuk memakai Katana ataupun Shuriken sebagai senjata mereka.

Di Jepang, Katana atau pedang Samurai, hanya bisa dimiliki oleh orang yang memiliki kelas sosial yang tinggi yaitu para Samurai.

Para Ninja yang asli hanya memakai badik, arit dan bahkan batu, kebanyakan senjata yang digunakan hanya untuk keadaan terdesak.

Istilah Ninja (忍者) sebenarnya baru muncul pada abad ke-20.

Fakta menarik tentang Ninja

Sebelum Ninja menjadi Favorit di abad ke-20, mereka tidak menyebut Ninja (忍者). Shinobi no mono adalah ideogram yang digunakan untuk menggambarkan mereka. Shinobu berarti “diam-diam” dan “ketekunan” sedangkan mono berarti “orang”.

Shinobi adalah sebuah gelar pekerjaan seperti “tentara”, “tukang kayu” atau “pemanah”. Tapi Mereka mengkhususkan diri dalam operasi rahasia, keterampilan komando, dan mata-mata.

Ninja dan Samurai gak Musuhan

images 95 copy 1200x1509 min

Meski banyak sekali film atau anime yang membuat seakan – akan Ninja dan Samurai sebagai musuh bebuyutan. Sebenarnya Ninja dan Samurai sering bekerja sama dalam berbagai hal.

Seperti contohnya, tokoh ninja legendaris Hanzo Hatori yang selain menjadi samurai juga adalah seorang ninja terkenal.

Dan juga hampir semua pekerjaan yang Ninja lakukan adalah dengan dasar perintah dari atasan mereka yaitu Samurai.

Untuk fakta menarik tentang Ninja lainnya silahkan kamu menonton video fakta menarik dari Asian boss berikut ini :

“Ninja itu tak memakai Katana” ucap Ninja Terakhir

Baca juga : Fakta unik tentang Wali Songo

Dan itulah kawan 5 Fakta menarik tentang Ninja yang mungkin kamu belum tahu. Dengan banyaknya mitos dan legenda yang bercampur dengan fakta, akan tetap membuat Ninja menjadi semakin populer di berbagai kalangan.

Dan siapa sih yang tak ingin terlihat keren seperti Ninja di televisi. Apalagi bisa ngeluarin jurus genit, iya gak 😉

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com