5 Gempa Terdahsyat dalam Sejarah Dunia, Indonesia ada !

Halo sobat, kalian pasti sering mendengar berita tentang gempa bumi. Entah itu gempa yang sudah terjadi ataupun yang akan terjadi. Bahkan ada beberapa yang dianggap sebagai gempa terdahsyat dalam sejarah dunia.

Gempa adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. biasanya disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi).

Gempa Bumi terbesar dalam sejarah biasanya berada di angka 7 sampai 9 skala Richter, meskipun tidak ada batasan besarnya.

Gempa Bumi besar terakhir yang terjadi di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011) lalu. Sedang gempa terbesar tahun 2020 ini terjadi di Alaska, gempa dahsyat yang diikuti tsunami itu memiliki kekuatan 7.5 Skala Richter (per Oktober 2020)

Tapi Sobat, ternyata selain dua gempa di atas, ada gempa lain yang dianggap sebagai gempa terdahsyat dalam sejarah dunia loh, dimana sajakah asal gempa itu ?

Mari kita cari tahu sama – sama, Gempa terdahsyat dalam Sejarah Dunia

1. Gempa Besar Vilvadia, Chili (1960)

  • Kekuatan : 9,5 Skala Richter
Gempa Besar Vilvadia, Chili (1960)
Sumber : nationalgeograpic.com

Gempa bumi Valdivia yang terjadi di Bio-Bio, Chili pada 22 Mei 1960 lalu ini tercatat sebagai gempa bumi paling kuat yang pernah tercatat dalam sejarah.

Bagaimana tidak, gempa bumi tercatat berkekuatan 9,5 Skala Richter dan mengakibatkan gempa susulan dan tsunami besar bukan hanya di Chili, bahkan getaran dan gelombanganya sampai ke Filipina, Amerika Serikat, Hawaii dan Jepang.

Korban tewas dan kerugian materi yang timbul dari gempa ini sebenarnya tidak diketahui secara pasti. Tapi para peneliti memperkirakan jika korban jiwa antara 1.000-7.000 orang meninggal dunia, 3.000 lainnya luka-luka, 2.000.000 orang kehilangan tempat tinggal, dan kerugian yang di tanggung Chili sebesar $550 juta. Hawaii rugi $75 juta, Jepang $50 juta, dan AS $500.000.

2. Gempa Prince William Sound, Alaska (1964)

Gempa Prince William Sound, Alaska
sumber : historia.com

Tak berapa lama setelah gempa besar di Chili, terjadi Gempa besar lainnya di negara bagian utama milik Amerika Serikat, yaitu Alaska.

Tsunami yang disebabkan oleh gempa ini pun tak main – main. Gelombangnya mencapai ketinggian 67 meter saat menyapu saluran masuk Valdez yang dangkal.

Gempa ini mengakibatkan 128 kematian dan kerusakan senilai $ 311 juta. Ombak besar air besar dirasakan hingga sejauh pantai Teluk Louisiana (USA) dan Puerto Rico.

3. Gempa Samudra Hindia, Aceh (2004)

  • 9.3 Skala Richter
Gempa Samudra Hindia, Aceh (2004)
sumbwr : voaindonesia.com

Tahun 2004 lalu, Indonesia kita berduka, Menyaksikan bagaimana Aceh hancur porak poranda terkena gempa terbesar di dunia.

Tsunami yang dihasilkan gempa ini dianggap sebagai Tsunami paling mematikan dalam sejarah Dunia, karena dirasakan dan terjadi di 14 negara di Asia dan Afrika timur.

Gempa ini dipicu oleh pergerakan “megathrust” saat lempeng tektonik di India terdorong ke bawah menuju lempeng Burma.

Sobat saat itu, negara kita, Indonesia terkena dampak terparah dengan perkiraan 170.000 korban jiwa dari hampir 230.000 tewas di 14 negara.

Dengan banyaknya jenazah korban yang hilang, jumlah korban tewas membutuhkan waktu satu bulan untuk bisa diketahui.

Sampai saat ini Gempa dan Tsunami Aceh, dianggap sebagai tragedi bencana paling menyedihkan dalam sejarah Bangsa Indonesia.

Baca juga : Pengertian Gempa Bumi

4. Gempa Bumi Tohoku, Jepang (2011)

  • 9.1 Skala Richter
Gempa Bumi Tohoku, Jepang (2011)
Sumber : thedailyjapan.com

Pada hari Jumat tangga 11 Maret 2011 lalu terjadi gempa di lepas pantai Pasifik Tohoku, Jepang. gempa bawah laut berukuran besar, sekitar 9,0 sampai 9,1 magnitudo ini berakibat tsunami yang menghantam Jepang dan Samudera Pasifik.

Tokyo Broadcasting System (TBS) dan Japanese National Police Agency mengkonfirmasi 15.269 korban kehilangan nyawanya, 5.363 luka dan 8.526 dinyatakan hilang di enam prefektur.

Gempa ini juga mengakibatkan kebocoran di Radiator Pembangkit Listrik tenaga Nuklir Fukushima, hingga mengakibatkan radiasi untuk warga sekitar dan kerugian mencapai $ 360 juta.

5. Gempa Bumi Severo-Kurilsk, Rusia (1952)

  • 9,0 Skala Richter
Gempa Bumi Severo-Kurilsk, Rusia (1952)

Gempa bumi Terdahsyat dalam sejarah dunia ini memicu tsunami besar yang menerjang kota Severo-Kurilsk pada tanggal 5 November 1952 pada pukul 5 pagi.

Akibatnya, banyak permukiman yang hancur, sementara kota sudah hancur oleh gempa utama. Tsunaminya sendiri terdiri dari tiga gelombang dengan ketinggian sekitar 15-18 m.

Diperkirakan dari jumlah penduduk sekitar 6.000 penduduk, 2.336 orang dinyatakan tewas, sedangkan Warga yang selamat dievakuasi oleh pemerintah Rusia.

Baca juga : 5 Hukuman mati tersadis

Dan itulah 5 gempa terdahsyat dalam sejarah dunia, semoga kamu mendapatkan pelajaran dari sini dan jangan ketinggalan info – info unik dalam sejarah dunia lainnya, hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com