5 Laba laba Paling Berbahaya di Dunia

Ilmusaku – Halo sobat, bagi sebagian orang laba – laba dianggap sebagai hewan yang menakutkan dan itu wajar karena meski kecil dan terlihat tak berbahaya (sedikit imut malah) ada beberapa jenis laba laba paling berbahaya di dunia, entah karena racun dalam tubuhnya atau pun cairan berbisa dari mulut mereka.

Tapi tenang sobat, kami sudah merangkumkan 5 laba laba paling berbahaya di dunia, agar kamu bisa berhati – hati bila bertemu dengan salah satu dari jenis laba – laba berikut.

5 jenis laba laba paling berbahaya di dunia

Laba-laba pasir mata enam (The Six-Eyed Sand Spider/ Sicarius Hahni)

Laba-laba pasir mata enam

Laba-laba pasar enam atau Sicarius hahni adalah anggota keluarga Sicariidae, ditemukan di gurun dan tempat berpasir lainnya di Afrika selatan. Laba-laba ini sangat ahli dalam berkamuflase karena mereka ditutupi oleh bulu-bulu kecil yang disebut setae. Setae mengambil partikel pasir untuk membuat semacam setelan yang dikenakannya saat terkubur di bawah pasir.

Laba-laba ini akan duduk di sana, dengan sabar menunggu mangsa datang sehingga bisa menyergap dan membunuhnya dengan cepat. Tapi, mereka jarang sekali menyerang manusia, tetapi jika menyerang manusia, gigitannya bisa sangat berbahaya karena terdapat racun.

Racunnya mengandung kriotoksin yang mampu menghancurkan jaringan dan bahkan organ. Gigitan dengan racun kemungkinan akan menyebabkan pendarahan diikuti oleh gagal hati dan ginjal yang akan mengakibatkan Kematian mendadak, apalagi saat ini tidak obat anti racun dari laba – laba ini.

Laba – laba Janda hitam (Southern Black Widow)

Southern Black Widow

Spesies Janda Hitam sangatlah langka karena arachnida jenis ini biasanya tinggal di wilayah dengan iklim hangat. Namun, perubahan iklim tampaknya telah membuat laba-laba ini bergerak ke arah utara.

Sengatan laba-laba Janda hitam mengandung beragam racun yang dapat memicu gejala yang ‘latrodektisme’. Meliputi gejala tekanan darah tinggi, keringat berlebihan, dan sakit otot.

Meskipun ukuran laba – laba ini biasanya bervariasi, betina hampir selalu berwarna gelap dengan jam pasir merah di perut mereka, selain itu ukuran betina lebih besar dari ukuran jantan.

Nama Janda Hitam sendiri dibuat karena kebiasaan kawin mereka yang aneh dan menyeramkan. Setelah Kawin biasanya si betina akan memakan kepala sang jantan. (Serem iya, guys).

Baca Juga : Merawat Janda Bolong

Laba-laba pengembara Brasil (Armed spiders)

Armed spiders

Laba-laba pengembara Brazil (Armed Spider) tinggal di area Hutan Amazon di Brazil. Laba-laba yang juga disebut dengan Laba – laba pisang (Banana spider) karena seringkali hinggap di Pohon dan buah pisang, di samping itu laba-laba ini memiliki bisa yang sangat mematikan dan tergolong sangat agresif terhadap mangsa maupun musuhnya.

Racun yang terdapat dalam bisa serangga ini mampu memberikan sengatan yang mampu menyakitkan karena tingginya konsentrasi serotonin serta adanya kandungan neurotoxin yang tinggi yang mampu membunuh manusia.

Laba – laba Loxosceles (Loxosceles/Recluse spider)

Laba - laba Loxosceles

Laba – laba Brown recluse memiliki habitat alami di Amerika Utara dan tersebar di tenggara Amerika Serikat. Binatang bernama latin Loxosceles ini memiliki ukuran mencapai 6- 20 mm dan memiliki warna coklat muda dan abu-abu.

Laba-laba ini memiliki racun yang sangat berbisa karena mengandung hemotoxic, yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada bagian tubuh yang mendapatkan gigitan, serta luka racun itu meluas dan menyebar apabila tidak dilakukan penanganan secara medis.

Baca Juga : merawat tarantula

Laba-laba funnel-web (Australian funnel-web spider)

Australian funnel-web spider

Sydney Funnel Web Spider terdaftar oleh Guinness World Records sebagai laba laba paling berbahaya di dunia dan “paling berbisa” dalam hal toksisitas bagi manusia. Dan di Australia tempat laba – laba ini berasal setidaknya ada satu kasus tercatat tentang anak kecil yang meninggal karena gigitan racun dari Laba – laba Funnel Web.

Laba-laba ini dapat ditemukan di daerah pesisir dan pegunungan di bagian timur dan selatan Australia, berkeliaran di sekitar hutan untuk berburu mangsa. Walau terlihat tak berbahaya, Mereka menjadi sangat agresif saat didekati. Dan jika menyerang mangsanya mereka umumnya akan mencengkeram mangsanya dengan erat dan akan menggigit mangsa berulang kali hingga tewas.

Dan itulah kawan laba laba paling berbahaya di dunia semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu ya kawan. Hingga jika nanti lain kali kamu bertemu dengan laba – laba jenis ini kalian bisa lebih berhati – hati.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com