5 Peradaban Kuno Tertua yang Pernah Ada di Dunia

Halo Sobat Saku, Manusia modern adalah hasil dari produk peradaban kuno yang pernah hadir di dunia Di sepanjang evolusi manusia, pola hidup dan kebudayaan telah banyak berubah. Meski banyak sekali kebiasaan ataupun nilai yang masih mengakar di tengah masyarakat modern adalah hasil dari masa lalu.

Sebenarnya ada beberapa kebudayaan kuno yang dalam sejarah yang masih jadi misteri, sebut saja peradaban kuno seperti Atlantis, Lemuria dan Rama. Tapi kurangnya bukti dan informasi membuat peradaban – peradaban kuno tersebut dianggap sebagai sebuah mitos belaka.

Peradaban Kuno di Dunia

Tapi ada beberapa bangsa dari peradaban kuno yang memiliki cukup bukti dan kebudayaan, hingga dipercaya sebagai peradaban awal bagi manusia. Kebudayaan kuno ini telah hadir bahkan sebelum Kalender yang kita gunakan di mulai loh, karena banyak dari mereka berdiri sebelum tahun kalender Masehi atau SM (Sebelum Masehi), Lama sekali bukan ? Penasaran kan ?

Mari kita cari tahu sama – sama.

Bangsa Mesir Kuno

Peradaban tertua di dunia
  • Lokasi : Tepi Sungai Nil, Mesir
  • Periode : 3300 SM – 332 SM
  • Pencapaian : Membangun Piramida

Kebudayaan Mesir kuno di percaya telah hadir pada tahun 3300 SM, ketika Fir’aun Menes berhasil menyatukan Mesir di tangannya dan membangun kota pertama di Ined-hejd (Tembok putih) yang sekarang disebut Memphis, Mesir.

Kebudayaan Mesir kuno ini berhasil bertahan selama ribuan tahun, meski berganti – ganti kepemimpinan.

Mulai dari para pemburu nomad yang bermukim di sungai Nil, para Firaun berkulit hitam dari dinasti nubian, keturunan dari Alexander yang agung hingga Para Kaisar Romawi.

Bahkan kisah Bangsa Mesir ini juga di sering ditulis dalam kisah kitab – kitab suci agama samawi atau Abrahamik.

Pencapaian terkenal dari bangsa ini adalah membuat Piramida yang sampai sekarang masih tetap kokoh meski berumur ribuan tahun.

Bangsa Sumeria/ Mesopotamia.

images 5 min 1
  • Lokasi : Iraq
  • Periode : 6500 SM – 539 SM
  • Pencapaian : Penemuan Roda

Bangsa Sumeria atau Mesopotamia dianggap sebagai Bangsa pertama yang memiliki bentuk seperti kebudayaan modern.

Orang – orang Mesopotamia telah mengolah gandum sebagai sup dan roti untuk dikonsumsi sejak tahun 10000 SM.

Mereka juga bangsa pertama yang dikenal menggunakan Roda untuk transportasi juga untuk hewan ternak.

Selain itu bangsa ini sudah mengenal seni penyulaman, metalurgi (pandai besi), bangunan, dan pembuatan tembikar.

Bangsa Sungai Indus.

download
  • Lokasi : Kaki sungai Indus, India
  • Periode : 3300 SM – 1900 SM
  • Pencapaian : Kebudayaan yang tersebar ke seluruh dunia.

Peradaban Sungai Indus tumbuh besar di wilayah yang sekarang Afghanistan timur laut hingga Pakistan dan barat laut India.

Dipercaya berdiri bersamaan dengan berkembangnya peradaban Mesir kuno.

Peradaban Indus, menyebar bukan hanya di India saja, melainkan juga menyebar ke daerah – daerah ke sekitarnya, seperti ke Indonesia(Kutai dan Salakanagara), kamboja, Thailand dan lainnya.

Meski Kebudayaan ini sangat kental dengan unsur agamanya (Hindu dan Buddha), tapi kebudayaan Indus juga memiliki sistem pengairan yang bagus. Bahkan memiliki sistem pembuangan bawah tanah yang dapat membuat negara – negara modern malu.

Bangsa Jiahu.

images 3
  • Lokasi : Henan, China
  • Periode : 7000 SM – 5700 SM
  • Pencapaian : Sistem tulisan pertama.

Jiahu adalah pemukiman kuno yang terletak di dataran tengah Tiongkok dan dianggap sebagai nenek moyang dari bangsa Tiongkok.

Bangsa Jiahu sudah mengenal cara menanam padi dan memproduksi anggur (minuman keras) tertua di dunia dan bahkan mereka telah membuat alat musik tradisional, yaitu seruling.

Para peneliti menganggap Jiahu adalah bangsa pertama yang menggunakan sistem tulisan. Jiahu memiliki 16 Simbol berbeda dalam sistem tulisan mereka.

Baca juga : penemuan paling abad 21

Bangsa Aborigin.

images 4
  • Lokasi : Australia dan Selandia baru
  • Periode : 50000 SM – Sampai sekarang
  • Pencapaian : Upacara Kremasi Jenazah Tertua.

Peradaban kuno yang terakhir adalah Bangsa Aborigin di Australia.

Mereka diyakini pertama kali datang dan menetap di Australia antara 40.000 – 31.000 tahun yang lalu dan merupakan nenek moyang langsung dari sekelompok besar orang Australia modern.

Penemuan sisa-sisa manusia dari Danau Mungo di New South Wales, Australia pada tahun 1969 menunjukkan tanda-tanda sebagai salah satu upacara kremasi tertua yang di temukan.

Dan itulah ke lima peradaban kuno tertua di dunia. Semoga menambah wawasan untuk kamu iya, sobat saku.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com