5 Tips Cara Memelihara Tarantula Tanpa Ribet!

Ilmusaku – halo sobat, jika kemarin kita belajar tentang jenis laba – laba berbahaya, hari ini kita akan membahas tips dan trik cara memelihara tarantula di rumah.

Meski berbahaya, banyak sekali orang yang memiliki kecintaan kepada hewan predator satu ini. Selain dianggap sebagai hewan peliharaan eksotik, memelihara tarantula ternyata tidak terlalu repot dibandingkan merawat hewan predator lain, apalagi jika kamu mengikuti cara memelihara tarantula di bawah ini.

Cara memelihara tarantula di rumah yang tidak Ribet

Belilah Tarantula yang Khusus di Pelihara, jangan Ambil Tarantula liar.

Tips Cara Memelihara Tarantula

Ketika kamu sudah memastikan untuk memelihara tarantula di rumah kamu, pastikan untuk membelinya di toko peliharaan hewan ataupun di tempat yang khusus menjual Tarantula peliharaan.

Selain lebih jinak, Imunitas Tarantula peliharaan lebih baik dari Tarantula yang kamu temukan di perkebunan dekat rumahmu.

Selain itu Tarantula peliharaan memiliki jenis yang lebih beragam dan memiliki warna dan bentuk yang lebih cantik.

Beberapa Tarantula peliharaan diantaranya

  • Grammostola Rosea
  • Pterinochilus Murinus
  • Selenocosmia Javanensis
  • Honduran Curly Hair
  • Mexican Red Rump.

Jangan sekali-kali kamu mencoba menangkap Tarantula liar, siapa tahu tarantula yang kamu tangkap malah berbahaya untuk diri kamu sendiri.

Pastikan Perhatikan Habitat untuk Hidup Mereka

Tarantula terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan cara mereka hidup. Tarantula burrow hidup di dalam tanah, Tarantula Terestrial hidup di permukaan tanah dan Tarantula arboreal hidup memanjat di dahan dan ranting pepohonan.

Berdasarkan fakta di atas kamu dapat mempersiapkan media tempat tinggal yang cocok untuk Tarantula milikmu. Misalnya Tanah yang cukup banyak untuk Tarantula Burrow dan pohon kecil untuk Tarantula Arboreal.

Selain itu, kamu sobat kamu harus memperhatikan kelembaban kandang mereka. Karena Tarantula adalah hewan nocturnal (Hewan malam hari) jadi selalu siapkan sebuah tempat untuk mereka bersembunyi karena hewan ini termasuk hewan yang sensitif terhadap cahaya.

Beri Makan Tarantula Kamu Seminggu Sekali

images 25 copy 1280x1280 min

Jenis makanan yang baik untuk tarantula adalah ulat hongkong, jangkrik, kecoa madagascar dan kecoa dubia, ngeri iya. Tapi serangga – serangga ini penting untuk piaraan kamu.

Tapi sobat, jangan coba – coba kamu memberi makan Tarantula milikmu dengan kecoa yang kami temukan di rumahmu iya, selain kotor dan memiliki bakteria yang mungkin Berbahaya untuk Tarantula kamu, sedih kan jika nanti Tarantula kamu mati begitu saja, karena makan sembarangan.

Dan juga cukup berikan Tarantulamu makanan seminggu sekali saja.

Jangan Ganggu Mereka Saat Ganti Kulit.

Tarantula ganti kulit
Sumber : liputan6.com

Tarantula mengalami pergantian kulit selama beberapa bulan sekali selama hidupnya. Dalam proses ini, kamu harus berperan aktif dengan tidak mengganggu si Tarantula. (kok gitu sih!)

Karena saat Molting atau ganti kulit, kulit Tarantula menjadi sangat sensitif. Hingga mudah sakit. Jadi jangan sekali-kali mencoba mengganggu proses tersebut.

Apa lagi hanya untuk melihat atau memberi makan saat proses berlangsung, supaya tarantula tidak mengalami gagal ganti kulit. Jadi pastikan sebelum ganti kulit terjadi berikan asupan makanan yang cukup untuk Tarantula milikmu.

Jangan Sentuh Tarantula dengan Tangan Kosong jika Belum ahli

Pada hakikatnya Tarantula adalah hewan predator berbahaya dan memiliki bisa (Bukan Racun). Jadi akan cukup berbahaya jika kamu belum terbiasa dengan gigitan Tarantula. Jangan coba – coba pegangan tarantula dengan tangan kosong. Karena jika tidak hati – hati gigitan Tarantula bisa membuatmu sakit dan demam.

Tapi ada cara memegang Tarantula yang benar yaitu

  • Perlakukan tarantula dengan lembut dan letakkan tangan didepan tarantula.
  • Biarkan tarantula berjalan dengan sendirinya ke arah tangan.
  • Setelah tarantula sudah berjalan tepat di atas tangan.
  • Angkat tangan secara perlahan dan jangan melakukan gerakan tiba-tiba karena dapat membuat tarantula ketakutan dan berlari.

Dan itulah kawan cara memelihara tarantula di rumah semoga bermanfaat dan berguna bagi kamu yang suka dengan hewan melata satu ini atau bagi kamu yang ingin memelihara hewan eksotis seperti Tarantula.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com