5 Tips Cara Menanam Daun Bawang di Rumah, Mudah dan Bisa Dicoba!

Halo sobat, Menanam sayur di rumah memang menyenangkan, apalagi jika ketika panen tiba kita dapat menikmati hasil tanam yang kita lakukan. Nah, kali kami menyiapkan Cara Menanam Daun Bawang di Rumah, agar kamu dapat menikmati hasil tanam kamu sendiri.

Apalagi Daun bawang kerap di jadikan sebagai bumbu pelengkap dalam sup, soto, bubur, telur dadar atau berbagai makanan lainnya karena menambahkan rasa pada makanan kita.

Selain menambah kelezatan makanan kita, daun bawang juga memiliki ragam nutrisi yang terkandung dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita seperti serat, asam folat, kalsium, kalium dan vitamin C dan banyak manfaat lainnya.

Jadi dari pada berlama – lama, mari kita lihat sama – sama.

Berikut ini 5 Cara Menanam Daun Bawang

Pilih Bibit Daun Bawang yang Baik di Dapurmu.

Cara menanam daun bawang
Sumber : tokopedia.com

Tak Perlu khawatir dalam memilih bibit untuk Tanaman Daun Bawang yang akan kamu tanam dengan mencoba membelinya ke toko bibit tanaman.

Cukup pilih dan gunakan Daun Bawang yang ada di Dapurmu, dan Pastikan Bibit Daun Bawang itu masih memiliki akar agar dapat kamu tanam ulang. Caranya mudah.

Cukup pilih tanaman yang masih memiliki akar, lalu siram daun bawang agar menjaga bibit untuk tetap segar. Setelah itu, potong bagian atasnya sekitar 12 cm. Selanjutnya, kamu semai bibit tersebut terlebih dahulu dengan menyimpannya di dalam gelas berisi air atau dalam botol Aqua berisi air dan simpan di depan jendela kaca agar mendapatkan sinar matahari. Tunggu sampai batang membesar 5-7 hari.

Pilih Media Tanam

images 28 copy 1280x1280 min
Sumber : tokopedia.com

Cara menanam Daun Bawang kedua yaitu dengan menyiapkan media tanam. Pastikan media tanam atau pot yang kamu pilih berukuran sedang dan besar. Lalu siapkan media tanah berupa campuran Tanah, pupuk kandang atau Kompos dan Arang dengan perbandingan 2 : 1 : 1 dan tunggu campuran tanah itu selama satu Minggu sebelum dipakai agar tanah menjadi gembur dan cocok untuk Daun bawang kita nanti.

Baca juga : cara menanam bawang

Pindahkan Bibit Pada Media Tanah

images 29 copy 1280x1250 min
Sumber : warasfarm.wordpress.com

Oke sobat, setelah kamu menyiapkan media tanah dan menyemai bibit selama hampir satu Minggu. saatnya kita memindahkan bibit ke dalam pot. Nah dalam proses pemindahan kita diminta untuk berhati – hati agar akar tidak rusak dalam proses pemindahan dan malah menyebabkan Daun bawang kita mati.

Buat lubang tanam pada media tanah sesuai dengan ukuran bibit, lalu masukkan bibit sampai seluruh akar tertutup tanah dan tekan pelan – pelan tanah di sekitarnya agar padat dan kokoh. Kemudian siram bibit secukupnya dan letakkan di tempat teduh selama beberapa hari.

Jangan langsung meletakan Bibit di bawah sinar matahari langsung, karena akan menyebabkan Bibit yang kita tanam rusak. Kamu dapat meletakkannya di depan jendela agar tidak terkena cahaya langsung.

Penyiraman dan Pemeliharaan Daun Bawang

images 30 copy 1280x1280 min
sumber : ud-adhika.com

Sebagaimana Tanaman lainnya, Proses Penyiraman dan Pemeliharaan Daun Bawang sangatlah Penting. Jangan biarkan pot tanah tempat kita menanam Daun Bawang kering, tapi jangan berlebihan hingga membuat tanah menjadi lembab, cukup siram seperlunya.

Selain itu potong dan cabut rumput – rumput liar yang berada disekitar tanaman kita, dan jika ada Dau yang membusuk, langsung gunting dan pisahkan dari tanaman. Jangan lupa semprot pupuk setiap 1 Minggu sekali untuk memberikan unsur hara pada tanaman.

Dan jika diperlukan Penanggulangan hama atau penyakit dilakukan dilakukan secara manual tanpa menggunakan insektisida, karena kita daun bawang ini akan kita konsumsi nantinya.

Tinggal Panen Deh

images 31 1 copy 1280x849 min
Sumber : medandailybisnis.com

Setelah berjuang selama 75 Hari dalam merawat Daun bawang, kamu bisa memanennya. Karena pada umumnya daun bawang sudah bisa panen dalam waktu 75 hari sejak dipindahkan ke media tanam.

Panen dapat dilihat melalui beberapa tanda seperti Ini jumlah rumpun yang banyak, daun berubah warna menjadi hijau tua, daun menjadi sedikit keras, dan daun paling bawah sudah mulai menguning.

Nah, agar kamu dapat memanen Daun Bawang ini terus menerus selalu ambil atau panen Daun Bawang yang sudah tua terlebih dahulu. Kamu bisa memanen daun bawang ini dengan memotong bagian pangkal batangnya. Dan jika ada anakan daun bawang yang masih berukuran kecil biarkan saja tumbuh untuk kamu panen di kemudian hari.

Baca juga : Cara menanam Cabe

Dan itulah sobat, 5 cara menanam Daun Bawang secara mandiri. Semoga Bermanfaat dan dapat kamu lakukan di rumah.

Jika bisa menanam sendiri tak perlu lagi beli di warung bukan ?

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com