Ilmusaku – halo sobat, Kaktus adalah tanaman hias trendi yang cocok di tempatkan di mana saja. Selain tampilannya yang unik, eksotis dan ekstetik. Merawat kaktus dalam ruangan ternyata tidak terlalu sulit, loh. Bahkan sangat mudah dan praktis!

Tidak percaya ? Buktikan! Saja, dengan ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Merawat Kaktus dalam Ruangan

Pilih Pot Dengan Lubang Dibagian Bawahnya.

Merawat kaktus dalam ruangan
Sumber : tokopedia

Kaktus bisa mudah busuk jika media tanamnya terlalu lembab karena endapan air. Jadi penting untuk kamu memastikan agar kaktus milikmu mendapatkan air yang cukup saja.

Lalu, Pilihlah pot yang berlubang di bagian bawahnya. Lubang tersebut akan membantu melancarkan siklus air, sehingga air siraman bisa mengalir keluar dan gak mengendap di dalam pot.

Baca juga : merawat kucing

Pastikan Kaktus Milikmu Mendapatkan Cahaya yang Cukup.

Merawat kaktus

Dalam merawat tanaman, cahaya matahari adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Juga yang terjadi dengan tanaman kaktus ini.

Meski kita merawat dalam ruangan, cahaya matahari harus benar – benar kita perhatikan baik – baik.

Kaktus yang terbiasa indoor, memiliki jaringan tanaman yang lemah pada cahaya matahari langsung.

Jadi pastikan agar kaktus kesayanganmu tidak mengenai sinar cahaya matahari langsung karena bisa membuat kaktus indoor kita terlihat terbakar. Meski kaktus masih memerlukan sinar matahari.

Jadi, simpan saja Kaktusmu sedikit jauh dari jendela agar tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Beri Pupuk secara Berkala

Pupuk npk

Sama seperti tanaman lainnya, kaktus membutuhkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik.

Biasanya, jenis pupuk yang disarankan untuk kaktus adalah pupuk NPK. Pupuk NPK mengandung unsur fosfor, hara nitrogen, serta kalium yang bagus untuk pertumbuhan kaktus milikmu.

Baca juga : cara menanam Anggrek

Pindahkan Posisi Kaktus Milikmu Secara Berkala

Kaktus hias

ketika merawat kaktus di dalam ruangan Memindahkan posisi kaktus secara berkala penting dilakukan agar kaktusmu mendapatkan sinar matahari yang merata.

Memindahkan posisinya secara rutin akan membuat kaktus lebih kebal karena kaktus menjadi terlatih untuk beradaptasi dalam lingkungan baru.

Jangan Siram Kaktus Berlebihan dan Pastikan Tidak Ada Air Mengendap di Daun

images 48 copy 1280x718 min

Penyiraman yang ideal untuk kaktus dalam ruangan adalah hanya satu sampai dua minggu sekali. Perlu kamu ingat, jika kaktus tidak memerlukan air yang banyak dan pastikan media tanah sudah kering sebelum menyiramnya!

lalu ingat sobat, Kaktus dapat menyerap banyak air dari akar, namun tidak untuk bagian daunnya. karena itu, pastikan agar tidak ada air yang mengendap di bagian daun karena kelembapan berlebih dapat membuat kaktus mudah membusuk.

Dan itulah cara mudah merawat kaktus dalam ruangan. Setelahnya merawat kaktus di rumahmua, kamar dan ruangan akan terlihat indah dan asri seketika !

Jadi ayo mulai merawat kaktus pilihanmu.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks