Halo sobat saku, diantara kalian pasti ada yang pencinta kucing. dan mungkin kalian ada yang merawat kucing di rumah kalian bukan. wajar sih, karena Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling disukai manusia. Bahkan di islam, kucing adalah salah satu hewan yang di sukai oleh Nabi Muhammad SAW.

Selain lucu dan menggemaskan, tingkah laku kucing kadang menjengkelkan. Tapi tetap kucing adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi stress kamu. Tapi memelihara kucing ternyata susah – susah gampang. Namun itu semua mudah mulus bila kamu tahu cara merawat kucing di rumah dengan benar!

Buat yang belum tahu, yuk simak beberapa tips dari ilmusaku berikut.

CARA MERAWAT KUCING

1. Pahami asupan Gizi Kucingmu

Cara merawat kucing dengan makan.

Sebagai pencinta kucing, kamu mesti tahu jika anak kucing memerlukan dua kali asupan gizi lebih banyak dari pada kucing dewasa. Biasanya anak kucing akan mulai makan setelah umur 5-6 minggu meski masih harus menyusu pada induknya.

Kamu bisa memberikan makanan secara rutin 4 kali setiap hari. Pastikan juga kamu memilih makanan kucing yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi untuk kesehatan anak kucing kamu.

Jangan sekali – kali, kamu mencoba berikan makanan anjing untuk kucing kamu. karena Makanan anjing tidak mengandung taurin yang penting bagi kucing.

kamu tidak inginkan kucing kamu, jadi rabun nantinya.

Juga jangan lupa jika kucing adalah hewan karnivora,jadi berikan daging, susu, dan ikan sesekali. dan hindari memberikan kucing kamu dengan makanan dari tanaman, seperti sayur. karena malah akan menggangu pencernaannya dan membuat kotorannya bau.

2. Tak Perlu Mandikan kucing kamu secara teratur

images 5 copy 1280x1280 min 1

Karena kucing biasa membersihkan dirinya dengan lidahnya. jadi kamu cukup mandikan kucing kamu ketika merasa bulunya mulai berbau, Kamu dapat memandikan kucingmu dengan air dingin.

karena Air panas dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing.

3. Jangan memasukannya terlalu lama di Kandang.

972345879 copy 1280x865 min
sumber : kids.grid.id

Karena kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup mandiri. Jadi memasukannya terlalu lama di kandang akan membuatnya stress.

Jadi bawa kucingmu pergi keluar dan bermain dengannya. Kegiatan fisik membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing dengan baik. Hewan peliharaan Anda akan tumbuh sehat dan lincah.

4. Ajarkan Kebiasaan Buang Air yang Benar

images 6 copy 1280x722 min

Tak ada salahnya untuk mengajarkan kucingmu kebiasaan hidup sehari-hari. kamu bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan baik pada kucing seperti pergi ke tempat pembuangan kotorannnya atau disebut litter box (biasanya terbuat dari pasir dan tanah)

Jika nggak diajarkan dengan benar, si kucing kamu akan terbiasa untuk buang kotoran dimana saja dia suka. bete bukan jika rumah kita penuh dengan kotoran si kucing.

5. Rutin memeriksa kesehatan dan kebersihan kucing kamu.

images 7 1 copy 1280x1062 min

Selalu menjaga dan merawat kebersihan tubuhnya. kamu harus rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Spot-spot ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri lho. Jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing.

Kasihan kan si kucing yang penuh akan kutu dan luka jika tidak dirawat.

Juga untuk menjaga kesehatannya, dengan membawanya ke dokter hewan atau berikan obat cacing tiga bulan sekali dan selalu memberinya imunisasi setahun sekali.

Merawat kucing atau pun hewan lainnya memang perlu tanggung jawab yang besar dan perhatian yang lebih. Selain dituntut untuk bisa memahami kebutuhannya, kamu juga harus siap untuk direpotkan kapan saja. Tapi untuk hewan kesehatan repot pun tak masalah bukan ?

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks