ilmu saku – Halo sobat, merawat wajah itu memang terdengar sepele. Tapi banyak orang rela menghabiskan puluhan juta rupiah untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat.

Meski ada beberapa cara sederhana untuk merawat wajah yang bisa kita lakukan di rumah untuk merawat kulit wajah kita agar terlihat baik.

Hingga wajah kita terhindar dari kusam, jerawat, noda hitam, keriput maupun garis halus.

Dengan panduan merawat wajah yang benar anda bisa tampil percaya diri.

Panduan Merawat Wajah yang Benar.

Tampilan kulit dapat mencerminkan kondisi kesehatan tubuh Anda. Anda bisa mencoba melakukan perawatan kulit wajah di rumah dengan mengikuti beberapa panduan berikut ini:

Gunakan Pembersih Wajah Sesuai dengan Kulit Wajahmu.

Merawat Wajah
Sumber : merdeka.com

Semua orang memiliki kulit wajah yang berbeda.Ada yang memiliki jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi dari beberapa jenis kulit itu.

Berbeda jenis kulit, berbeda pula jenis sabun yang cocok untuk kamu gunakan.

Misalnya, bagi orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, disarankan memilih produk sabun pembersih yang dapat melembapkan kulit, serta tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Sementara untuk pemilik kulit berminyak disarankan menggunakan pembersih muka berbahan dasar lembut melembapkan wajah tanpa membuat kulit wajah berminyak misalnya dengan produk yang mengandung gliserin.

Karena rentan mengalami komedo dan jerawat, orang yang berkulit berminyak disarankan juga memilih produk perawatan kulit atau make up yang berlabel noncomedogenic yang tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Membersikan wajahmu Secara Rutin.

images 36 min copy 1280x639 min
Sumber : sehatq.com

Agar wajah tetap bersih, kamu perlu mencuci wajah 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Membersihkan wajah pada pagi hari bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin menempel di wajah saat tidur.

Menjelang tidur, wajah juga perlu dibersihkan dari make up, debu, dan polusi yang menempel di wajah setelah kamu beraktivitas di luar rumah.

Gunakan Pelembap.

images 34 min copy 1280x856 min
Sumber : republika.com

sebaiknya digunakan setelah mencuci muka. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan alami kulit wajah. Namun, kamu perlu memilih pelembab sesuai dengan jenis kulit.

Jika kamu memiliki kulit berjerawat dan berminyak, pilihlah pelembap berbahan dasar air dan bebas kandungan minyak.

Gunakan Tabir Surya.

images 33 min copy 1280x716
Sumber : mimoza.tv

Cahaya Matahari dengan Intensitas besar dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah kamu.

Penggunaan tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mampu menyebabkan perubahan warna kulit dan kanker kulit, serta memicu munculnya bintik atau flek pada wajah dan keriput.

Saat menggunakan tabir surya, kamu disarankan memilih tabir surya khusus untuk wajah dengan SPF 30 dan gunakan setiap hari meski cuaca sedang tidak panas sekalipun.

Penggunaan tabir surya perlu diulang setiap 2 jam sekali atau lebih sering ketika kamu sedang beraktivitas di bawah terik matahari dan sangat bagus untuk merawat wajah kamu.

Selalu Jalani Pola Hidup Sehat.

images 37 min copy 1280x706 min
Sumber : halodoc.com

Dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan batasi konsumsi makanan berlemak, penuhi kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, istirahat cukup, kelola stres, serta berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Menjalani pola hidup sehat bukan hanya bagus untuk kesehatan wajah kamu tapi juga kesehatan diri kamu.

Dan itulah 5 tips untuk merawat wajah kamu.

Hal terpenting dari cara merawat kulit wajah adalah melakukannya secara rutin. Setiap perawatan membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten agar hasil yang dicapai lebih maksimal. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit wajah sebagai bagian dari rutinitas kamu sehari-hari.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks