Membuat Rancangan Penelitian Sosial, Beserta Langkah – Langkahnya

Halo sobat, dalam pelajaran sosial kadang kita mendapatkan tuhmgas untuk membuat rancangan penelitian sosial oleh guru kita. Tapi apasih penelitian sosial itu ? Dan apa saja – saja langkah – langkah yang perlukan untuk membuat Rancangan Penelitian Sosial ? Lalu apa saja data yang kita perlukan?

Penelitian sosial adalah Penelitian yang dirancang untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan sosial, hubungan antara dua atau lebih gejala sosial, atau praktik-praktik sosial dengan cara metodologi ilmiah.

Rancangan penelitian sendiri dapat kita artikan sebagai pokok-pokok rencana dari sebuah penelitian yang akan kita tulis dalam suatu kesatuan naskah.

Rancangan tersebut dapat menjadi acuan untuk kamu saat membuat laporan penelitian sosialmu. Dan dalam penelitian pun ternyata memiliki syarat – syaratnya sendiri.

Untuk tahu lebih jauh Tentang Rancangan Penelitian Sosial Mari kita cari tahu sama – sama.

Cara membuat Rancangan Penelitian Sosial

Syarat Penelitian Sosial.

Membuat Rancangan Penelitian Sosial
Sumber : slideshare.net

Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus tahu dulu syarat – syarat dalam penelitian sosial.

  • Harus Sistematis: penelitian kita harus dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana hingga kompleks.
  • Harus Terencana: penelitian kita dilaksanakan secara sengaja dan langkah-langkah yang sudah dipikirkan sebelumnya.
  • Mengikuti prosedur ilmiah: saat menulis penelitian kita harus mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan yaitu prinsip memperoleh ilmu pengetahuan.

Baca juga : Pengertian Interaksi sosial

Persiapan Sebelum Melakukan Penelitian Sosial

Setelah tahu syarat – syarat melakukan penelitian kita pun harus mulai berpikir sebagai seorang peneliti loh, untuk apa sih ? agar kita dapat melakukan penelitian dengan lebih baik.

Nah, cara berpikir seorang peneliti diantaranya :

Cara Berpikir Peneliti

  • Skeptis: Sebagai Peneliti kita di haruskan untuk, tidak mudah percaya pada pernyataan dari subjek yang kita teliti. Tanpa bukti dan fakta pendukung..
  • Analitis: Sebagai Peneliti kita diajak untuk, berpikir dan menganalisis tiap pernyataan atau persoalan yang sedang kita teliti.
  • Kritis: sebagai seorang peneliti kita wajib berpikir secara objektif berdasarkan fakta dan data yang dicerna dengan akal sehat.
  • Jujur: Selalu jujur atas semua data yang kita terima
  • Open Minded: kita bersedia memberikan bukti penelitian dan siap menerima pendapat pihak lain tentang hasil penelitiannya.

Penalaran dalam Penelitian Sosial

Setelah kita memahami cara berpikir saat akan melakukan penelitian sosial. Kita juga harus tahu jenis-jenis penalaran dalam penelitian. Diantaranya :

  • Deduksi: Proses penalaran dari hal yang bersifat umum.
  • Induksi: Kesimpulan ditarik dari satu fakta lebih. Dan lebih bersifat khusus.
  • Gabungan : Gabungan itu artinya menggabungkan Kesimpulan dari penalaran induksi untuk dijadikan sebagai dasar untuk menarik kesimpulan berikutnya dengan menggunakan metode deduksi.

Baca Juga : Langkah membuat Essai.

Langkah – Langkah Membuat Rancangan Penelitian Sosial.

Oke akhirnya kita masuk ke dalam langkah-langkah membuat sebuah rancangan penelitian sosial. Jadi dalam membuat sebuah penelitian sosial ada beberapa langkah – langkah yang perlu kita perhatikan, diantaranya :

Tentukan topik dan masalah yang akan kita Teliti

Saat akan melakukan penelitian, kita diharuskan untuk menentukan tema dan masalah yang akan diteliti. Karena ssbagai peneliti kita ingin mencari dan mendapatkan jawaban dari masalah tersebut.

Melihat studi penelitian yang sudah ada Sebagai Referensi

Peneliti perlu melihat studi penelitian yang sejenis untuk menghindari terjadinya duplikasi (plagiat) dan juga penelitian serupa dapat kita jadikan sebagai referensi penunjang argumentasi kita dalam perumusan masalah.

Melihat Latar belakang dan Merumuskan Masalah

Setelah kita mendapatkan masalah yang ingin kita teliti. jangan lupa untuk merumuskan masalah hingga batasan, kedudukan, dan cara alternatif dalam pemecahan masalah.

Membuat Pertanyaan Tentang Masalah

Dengan menyiapkan pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan masalah yang kita Teliti. Kita bisa melihat dan memahami lebih baik masalah yang kita Teliti. Prinsip 5 W 1 H adalah keharusan.

Menentukan Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penelitian merupakan rumusan jawaban dari masalah yang ada di dalam pertanyaan penelitian. Sedangkan Manfaat penelitian itu terbagi menjadi dua, yaitu Manfaat akademis dan Manfaat Praktis.

Manfaat akademis merupakan manfaat berguna di ilmu pendidikan atau penelitian pada umumnya. Sedangkan, manfaat praktis merupakan kegunaan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita bermasyarakat.

Mencari Landasan Teori

Dalam sebuah penelitian diperlukan landasan teori untuk menganalisis masalah yang sedang kita teliti. Landasan teori itu dasar teoritis yang membantu argumentasi kita sebagai bagi peneliti dalam memecahkan masalah.

Membuat Hipotesis

Hipotesis adalah asumsi yang disertai dengan kesimpulan sementara dari peneliti yang tentunya harus kita buktikan dalam penelitian kita.

Baca juga : Pengertian Pasar

Metodologi Penelitian

Metodelogi Penelitian adalah metode yang kita pilih sebagai cara penelitian kita. Penelitian Sosial dapat kita lakukan dengan mengikuti rencana sistematis yang meliputi metode observasi kualitatif dan kuantitatif.

Metode penelitian Kualitatif

Metode kualitatif mengandalkan komunikasi, observasi, dan analisis teks langsung dengan objek penelitian (contohnya wawancara dengan warga masyarakat), Hasil dari metode ini lebih difokuskan pada data yang sifatnya Khusus. Dan menggunakan kesimpulan yang bersifat induksi.

Metode Penelitian Kuantitatif

Metode Kuantitatif mengandalkan analisis statistik untuk mengevaluasi data yang dikumpulkan melalui survei, jajak pendapat, atau kuesioner. Dan datanya bersifat general atau umum. Menggunakan kesimpulan bersifat deduktif.

Baca Juga : Pengantar Hukum.

Jenis Penelitian Sosial

images 19 copy 1280x768
Sumber : tempo.co
  • Deskripsi kuantitatif: Penelitian yang memberikan gambaran mengenai suatu permasalahan sosial dengan menganalisis menggunakan metode statistika.
  • Survei: Penelitian yang bertujuan memperoleh informasi mengenai sikap,nilai, dan pendapat dengan mengambil sampel populasi melalui kuesioner.
  • Eksploratif: Penelitian yang bertujuan mengenali variabel tertentu dari suatu fenomena sosial.
  • Korelasional: Penelitian yang bertujuan menyelidiki sejauh mana dampak variasi-variasi suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi lain dalam satu faktor atau lebih dalam fenomena sosial.
  • Eksperimen: Penelitian yang bertujuan mengetahui akibat dari pemberian perlakukan yang dilakukan peneliti terhadap objek penelitian.
  • Eksplanatif: Penelitian yang bertujuan menjelaskan variabel-variabel yang memiliki kecenderungan akibat adanya variabel bebas.
  • Komparatif: Penelitian yang berupaya membandingkan dua gejala atau lebih.

Dan itulah kawan cara membuat Rancangan Penelitian Sosial, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com