Mengenal 3 Konsep Hukum Newton dan Contohnya yang Wajib Kamu Tahu

Ilmusaku – Halo sobat, Kali ini kita akan belajar tentang salah satu hukum dalam ilmu fisika, yaitu 3 konsep hukum Newton, dan juga bagaimana implementasinya dalam kehidupan kita sehari – hari.

Karena, meski sering kita temui konsep hukum Newton di kehidupan kita sehari-hari, kita tidak menyadari hal itu. Dan ketika kamu harus bertemu guru untuk menjelaskan kamu malah tidak tahu, bagaimana contoh hukum Newton dan bagaimana aplikasinya di kehidupan kita sehari – hari

Hayo ngaku tak banyak dari kalian tahu tentang hukum Newton bukan ?

Yuk, sobat mari kita cari tahu tentang 3 konsep hukum Newton tersebut, sama – sama!

Pengertian 3 Konsep Hukum Newton.

Tiga Konsep Hukum Newton adalah tiga hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Hukum Newton adalah berhubungan dengan gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak benda itu sendiri.

Hukum ini pertama kali dirumuskan oleh fisikawan dan matematikawan asal negeri Ratu Victoria yaitu Sir Isaac Newton.

Hukum Newton terdiri dari 3 konsep hukum, yaitu :

  • Hukum I Newton,
  • Hukum II Newton,
  • Hukum III Newton.

3 Konsep Hukum Newton

Berikut ini adalah hukum Newton beserta contohnya :

Hukum 1 Newton

3 konsep hukum Newton
Rumus Hukum Newton Pertama
  • Hukum Pertama Berbunyi :

Setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut.

Newton Hukum I

Yang jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam dan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.

Contoh Penerapan pada Hukum Newton Pertama adalah :

source
Newton gaya 1

Ketika kamu berada di bangku penumpang yang mobilnya bergerak sangat cepat, lalu mobil itu berhenti mendadak, maka kamu akan secara otomatis akan terdorong ke depan.

Lalu jika mobil berjalan dengan sangat pelan tapi tiba-tiba sopir secara mendadak menginjak gas, maka kamu akan secara otomatis terdorong ke belakang.

Hukum Newton 2

Hukum Newton 2
Rumus Newton 2
  • Hukum Kedua Berbunyi :

Sebuah benda dengan massa M mengalami gaya resultan sebesar F akan mengalami percepatan a yang arahnya sama dengan arah gaya, dan besarnya berbanding lurus terhadap F dan berbanding terbalik terhadap M. atau F=Ma.

Hukum Newton II

Atau bisa diartikan Jika ada resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda, maka akan dihasilkan suatu percepatan dalam arah yang sama dengan resultan gaya. Besarnya percepatan tersebut berbanding lurus terhadap resultan gaya dan berbanding terbalik terhadap massa bendanya.

Contoh Penerapan pada Hukum Newton kedua di kehidupan adalah :

3 konsep hukum Newton
Contoh Hukum Newton 2

Contohnya yaitu ketika kita mendorong sebuah truk atau Gerobak. Tentu ketika kita mendorong truk memerlukan gaya yang sangat besar dikarenakan massa truk cenderung lebih besar daripada gerobak.

Hukum Newton 3

Hukum Newton 3
Rumus Newton 3
  • Hukum ketiga berbunyi :

Jika benda A mengerjakan gaya pada benda B, maka benda B akan mengerjakan gaya pada benda A, yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan

Hukum Newton III

Artinya Jika ada resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda, maka akan dihasilkan suatu percepatan dalam arah yang sama dengan resultan gaya. Besarnya percepatan tersebut berbanding lurus terhadap resultan gaya dan berbanding terbalik terhadap massa bendanya.

Contoh Penerapan pada Hukum Newton kedua di kehidupan adalah :

3 konsep hukum Newton
Contoh Newton 3

Contohnya saat kamu melompat, kaki akan memberikan gaya ke tanah. Tanah akan menerapkan gaya reaksi yang sama tetapi berlawanan arah dengan mendorong kita ke udara. Jadi seakan – akan kita terpantul di udara.

Dan itulah 3 konsep hukum Newton dan Contohnya dalam kehidupan sehari – hari. Ternyata meski kita tidak merasakannya kita mengalami konsep hukum yang di pikirkan oleh Sir Isaac Newton ini loh.

Jadi menurut kamu sobat, apa hukum Newton yang sering kamu temui di hidup kamu ?

Nah jika menurut kamu informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman – temanmu ya!

Dan jangan lupa untuk tetap bersama kami untuk informasi menarik lainnya. Sampai jumpa lagi.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com