Mengenal 5 Panca Indera Manusia Beserta Fungsinya, Wajib Nih Kamu Tahu!

Ilmusaku – Halo sobat, Pernahkah kamu bertanya dari mana kamu dapat Mencium Bau, mengecap rasa manis, meraba permukaan, mendengar suara dan melihat benda? Iya, jawaban dari itu semua adalah 5 Panca Indera Manusia.

5 Panca Indera Manusia antara lain yaitu Indera Penglihatan, Indera Pendengaran, Indera Perasa, Indera Pengecap dan Indera Penciuman.

Dengan bantuan organ tubuhnya masing-masing, kelima panca indra dapat mengerjakan fungsinya dengan baik, dan mengirimkan “pesan” khusus ke otak, sehingga manusia bisa mengerti dan memahami banyak hal yang terjadi di sekitarnya.

Ayo bersama Kami mengenal ke 5 Panca Indera Manusia lebih dekat.

Mengenal 5 Panca Indera Manusia

Indera Penglihatan

Mata, Indera Penglihatan (sumber :liputan6.com)

Indera penglihatan adalah bagian dari sistem indra yang membuat organisme mampu melihat. Indera penglihatan menafsirkan informasi dari cahaya untuk mendirikan representasi dunia di sekeliling tubuh reseptor. Mata adalah alat utama sistem ini.

Di dalam mata terdapat beberapa bagian sebagai proses penglihatan. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Berikut ini adalah bagian dari mata sebagai indera penglihatan :

  • Kornea mata, berfungsi meneruskan cahaya yang masuk ke dalam mata. Cahaya tersebut akan masuk dan berakhir pada selaput jala atau retina.
  • Iris, merupakan selaput pelangi yang letaknya di belakang kornea mata. Di tengah selaput pelangi terdapat celah yang disebut anak mata atau pupil.
  • Pupil, berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata. Iris mengandung pembuluh darah dan pigmen, jumlah pigmen akan menentukan warna mata.
  • Lensa mata, berfungsi untuk memfokuskan agar cahaya yang masuk ke dalam mata jatuh tepat pada retina. Maka benda yang terlihat tampak jelas.
  • Retina, berfungsi untuk menangkap cahaya yang masuk ke dalam mata. Retina terletak di paling belakang pada mata.
  • Saraf mata, berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya ke otak. Semua informasi akan dibawa saraf yang kemudian diproses ke otak.
  • Otot mata, berfungsi untuk menggerakan bola mata. Sehingga mata bergerak ke kanan, kiri, atas dan bawah.

Baca juga : Sel pada makhluk Hidup

Indera Pendengaran

Telinga, Indera Pendengaran

Indera adalah panca indera yang digunakan untuk mendengar. Hal ini dilakukan terutama oleh sistem pendengaran yang terdiri dari telinga, saraf-saraf, dan otak. Manusia dapat mendengar dari 20 Hz sampai 20.000 Hz.

Berikut ini adalah bagian dari telinga sebagai indera pendengaran :

  • Daun telinga, berfungsi untuk menerima dan mengumpulkan suara yang masuk ke dalam telinga.
  • Saluran telinga luar, berfungsi menghasilkan minyak serumen. Letaknya dekat dengan lubang telinga dan dilengkapi rambut-rambut halus untuk menjaga agar benda asing tidak masuk.
  • Tulang pendengaran adalah tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Ketiganya saling berhubungan melalui sendi dan berfungsi mengalirkan getaran suara dari gendang telinga menuju rongga telinga dalam.
  • Saluran eustachius merupakan saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan faring, berfungsi menjaga keseimbangan tekanan udara telinga luar dengan tengah.
  • Jendela pada telinga ada dua macam yaitu jendela tingkap oval dan jendela tingkap bulat (jorong).
  • labirin tulang terdiri dari tiga bagian yaitu vestibula, koklea (rumah siput), dan tiga saluran setengah lingkaran.
  • labirin membran adalah rongga yang dilapisi membran.

Baca juga : Pengertian Virus

Indera Penciuman

Hidung, Indera Penciuman

Indera Penciuman, penghiduan, atau olfaksi, adalah penangkapan atau perasaan bau. Perasaan ini dimediasi oleh sel sensor tespesialisasi pada rongga hidung vertebrata, dan dengan analogi, sel sensor pada antena invertebrata.

Hidung adalah alat untuk indera penciuman yang terletak di dalam rongga hidung yang merupakan daerah sensitif.

Berikut ini adalah bagian dari telinga sebagai indera penciuman :

  • Sel-sel penyokong yang berupa sel-sel epitel
  • sel-sel pembau (sel olfaktori) yang berupa sel saraf sebagai reseptor. sel olfaktori sangat peka pada rangsangan gas kimia.

Indera Pengecapan

Lidah, Indera Pengecapan

Indera Pengecapan atau gustasi adalah suatu bentuk kemoreseptor langsung dan merupakan satu dari 5 panca indera manusia tradisional. Indra ini merujuk pada kemampuan mendeteksi rasa suatu zat seperti makanan atau racun.

Lidah merupakan indera pengecap pada manusia. Pada permukaan lidah terdapat tonjolan kecil yang disebut papila, sehingga permukaan lidah terlihat kasar.

Berdasarkan bentuk papila untuk indera pengecapan dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:

  • Papila filiformis adalah berbentuk seperti benang. Papila tersebut banyak terdapat pada bagian depan lidah.
  • Papila fungiformis adalah papila yang berbentuk tonjolan, seperti kepala jamur. Untuk letaknya ada di bagian depan lidah dan sisi lidah.
  • Papila sirkumvalata adalah papila yang bentuknya sepeerti huruf V terbalik dan ada pada pangkal lidah.

Nah di dalam papila tersebut terdapat banyak tunas pengecap. Setiap tunas pengecap akan merespon secara maksimal terhadap salah satu rasa.

Indera Peraba

Kulit, Indera Peraba

Indera Peraba adalah suatu sistem indera yang mendeteksi pengalaman yang disebut sentuhan atau tekanan, suhu (hangat atau dingin), sakit (termasuk gatal dan geli), termasuk juga propriosepsi (sensasi pergerakan otot) serta posisi persendian seperti postur, pergerakan, visera dan bahkan ekspresi wajah.

Kulit merupakan indera peraba yang di dalamnya terdapat ujung-ujung saraf peraba. Bagian paling peka adalah ujung jari dan bibir.

Pada bagian kulit terdapat reseptor khusus untuk membedakan sentuhan, tekanan, temperatur (panas dan dingin), rasa sakit yang kamu rasakan.

Secara umum kulit memiliki 2 lapisan yaitu epidermis (kulit ari) dan dermis (kulit jangat).

  • Lapisan Epidermis adalah lapisan luar yang terus berganti, tipis dan tidak mempunyai pembuluh darah ataupun sel saraf.
  • Lapisan dermis letaknya di bawah epidermis terdiri atas sel-sel yang longgar dengan letak yang berjauhan dan mengandung pembuluh darah.

Baca juga : Sistem Imun pada manusia

Dan itulah ke 5 Panca Indera Manusia, kelimanya memiliki peran masing – masing dalam kehidupan kita. Agar dapat mengerti dan memahami apa yang ada disekitar kita.

Semoga pelajaran tentang ke- 5 Panca Indera Manusia ini menambah wawasan dan pengetahuan kamu iya sobat.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version