Mengenal Atom Beserta Komponen dan Sifatnya

Halo sobat, hari kita akan mencoba mengenal atom itu.

Sobat, tahu tidak jika tubuh kita terbuat dari kumpulan – kumpulan partikel – partikel kecil yang bersatu menjadi satu bagian.

Dan partikel terkecil itu disebut Atom. Tapi tahukah kamu apa pengertian dari atom, komponennya dan apakah sifatnya ?

Mari kita cari tahu sama – sama

Mengenal Atom, Apa itu ?

Dilansir dari buku Kimia Dasar (2018) karangan Hardjono Sastrohamidjojo, kata atom pertama kali disebut oleh filsuf Yunani bernama Democritus

Democritus menyatakan bahwa atom adalah materi terkecil di alam semesta yang tidak bisa dibagi lagi.

Dia menamainya dengan atomos (ἄτομον) yang dalam bahasa Yunani, a artinya tidak dan tomos yang artinya dipecah atau dibagi.

Meski ilmuwan di abad ke 20 berhasil membuktikan jika yang dikatakan Democritus itu salah. Dan ternyata atom terdiri dari tiga partikel lebih kecil yaitu inti, subatom dan elektron.

Jadi kesimpulannya, Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.

Baca juga : 5 teori atom

Komponen – Komponen Atom

Untuk mengenal Atom sendiri kita juga harus mengenal beberapa komponennya berupa :

Inti Atom

Inti atom terdiri atas proton dan neutron yang terikat bersama pada pusat atom. Secara kolektif, proton dan neutron tersebut disebut sebagai nukleon (partikel penyusun inti).

Diameternya berkisar antara 10−15 hingga 10−14 m. Dan di dalamnya terdapat Proton dan neutron. (Meski ada beberapa zat yang neutron yaitu hidrogen-1)

Partikel subatom

Partikel subatom meliputi proton, elektron dan neutron.

Awan Elektron

Awan elektron adalah suatu daerah dalam sumur energi di mana tiap-tiap elektron menghasilkan sejenis gelombang diam (yaitu gelombang yang tidak bergerak relatif terhadap inti) tiga dimensi.

Perilaku ini ditentukan oleh orbital atom, yakni suatu fungsi matematika yang menghitung probabilitas suatu elektron akan muncul pada suatu lokasi tertentu ketika posisinya dapat diukur.

Partikel Dasar Atom.

untuk mengenal Atom, kita juga melihat partikel penyusunnya diantaranya :

Proton

Sumber : science4fun.info

Proton adalah partikel pembentuk inti yang memiliki muatan positif. Proton memiliki satuan (+1,6726 x 10-19 Coulomb) dan memiliki massa 1 AMU (1,67 x 10-27 kg).

Proton pertama kali di temukan oleh Eugen Goldstein ketika menggunakan tabung sinar katoda. Dalam eksperimennya tersebut, Goldstein menemukan 3 sifat proton yaitu :

  • Bermuatan positif
  • Memiliki massa 1 satuan atom
  • terletak di inti.

Memiliki simbol : N+, p, p+

Neutron

Sumber : sci-news.com

Neutron adalah partikel subatomik yang netral dan memiliki massa 940 MeV/c² (1.6749 × 10−27 kg, sedikit lebih berat dari proton.

Pertama di temukan oleh James Chadwick ketika dia menembaki atom berilium dengan sinar alfa.

Neutron sendiri terikat dengan proton dan neutron lainnya di dalam inti melalui energi pengikat inti (nuclear binding energy), neutron secara efektif memoderasi gaya tolak antara proton dan bertugas untuk menstabilkan nukleus.

Sifat – sifat Neutron :

  • Tidak memiliki muatan
  • Bersama proton menyusun inti atom

Memiliki simbol : n, n0, N0

Elektron

Sumber : hub.packtpub.com

Elektron adalah partikel subatom yang bermuatan negatif. Elektron tidak memiliki komponen dasar sehingga ia dianggap sebagai partikel elementer. Elektron sendiri memiliki massa sekitar 1/1836 massa dari proton.

Ditemukan pertama kali oleh JJ. Thomson pada tahun 1897 ketika dia mencoba mengamati dua plat elektroda yang dihubungkan dengan sumber tegangan tinggi.

Sifat – sifat yang dimiliki elektron diantaranya :

  • Memiliki muatan relatif -1
  • Memiliki massa relatif 1/1836 massa neutron atau proton.
  • Berada di lapisan kulit

Memiliki simbol : e-

Sifat – Sifat Atom

Untuk mengenal Atom kita juga harus mengenal sifat – sifat dari atom.

Radioaktif

Pada unsur kimia, 80 dari antaranya diketahui memiliki satu atau lebih isotope stabil. Unsur teknesium, europium, dan semua unsur yang memiliki nomor atom lebih dari 82 ini tidak memiliki isotope stabil.

Hal inilah yang dapat menyebabkan unsur tersebut memiliki sifat radioaktif.

Massa Atoms

Jumlah keseluruhan dari partikel dasar dalam suatu atom disebut juga dengan nomor massa. Massa atom dalam keadaan diam ini dinilai dengan menggunakan satuan Dalton.

Nomor Atoms

Jumlah atom dapat kita ketahui dengan melihat jumlah Proton dalam inti atom.

Gaya Atom

Gaya elektromagnetik menjaga elektron agar tetap berada di orbit sekeliling inti.

Terdapat gaya tarik inti yang merupakan suatu gaya paling kuat yang menjaga proton dan neutron tetap berada dalam inti atom.

Bagaimana kawan apakah kamu sudah mengenal atom dengan baik ?

Jika belum kita kan bertemu lagi dalam materi berikutnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version