ilmusaku – Halo sobat saku, kalian mungkin tahu jika tepat pada tanggal 30 oktober lalu, seluruh dunia merayakan hari Halloween. di hari itu semua orang yang merayakannya akan menghias rumah mereka dengan berbagai pernak – pernik khas hari halloween (buah labu dan berbagai hiasan seram) dan memakai juga mereka akan memakai kostum seram terbaik yang mereka punya agar dapat mengikuti perayaan Trik or treat yang tersohor.

Tapi tahukah kamu apakah Hari Halloween itu ? kenapa orang merayakannya ? dan kenapa harus ada hiasan seram saat merayakannya?

Penasaran ? mari kita ari tahu sama – sama.

Hari Halloween berasal dari kata ” All Halllow Eve”

Hari Halloween

Menurut history.com, kata Halloween berasal dari perayaan bangsa Celtik yang bernama Samhain, sebuah perayaan hari panen bangsa Skotlandia dan Irlandia. Di hari kedua Samhain ini orang akan menyalakan api unggun dan memakai kostum untuk mengusir roh jahat.

Pada abad kedelapan, dalam upaya menyebarkan agama Kristen, Paus Gregorius III menetapkan 1 November sebagai Hari Semua Orang Kudus dan memasukkan beberapa ritual Samhain. All Saints ‘Day juga disebut All Hallows dan malam sebelumnya, ketika festival tradisional Samhain biasa berlangsung di wilayah Celtik, disebut All Hallows’ Eve.

Monster Halloween, Jack O’Lantern berasal dari Irlandia Utara

hari halloween

Orang Skotlandia dan Irlandia Utara mempercayai sebuah cerita tentang monster bernama Stingy Jack atau Jack yang Pelit. cerita bermula saat Jack mengundang iblis untuk minum alkohol bersamanya, tetapi Jack tidak mau membayar untuk minuman itu, jadi dia meyakinkan iblis untuk mengubah dirinya menjadi koin. Alih-alih mem bayar minuman itu, dia malah mengantongi koin dan menyimpannya di dekat salib perak di rumahnya untuk mencegah si iblis berubah kembali ke wujud aslinya.

Dia berjanji untuk membiarkan iblis pergi selama iblis tidak akan mengganggu Jack selama setahun – dan jika Jack mati, iblis tidak akan mengambil jiwanya. Setelah setahun, Jack yang licik malah menipu iblis lagi karena tak mau membayar minuman miliknya (aduh dasar pelit), dan itu terus berlangsung sepanjang hidupnya.

Ketika Jack akhirnya meninggal, Tuhan tidak ingin orang yang licik seperti Jack di surga. sedangkan iblis, sesuai dengan janjinya, tidak mengizinkan Jack untuk masuk neraka.

Jack yang mati gentayangan berjalan di malam hari dengan kaki menyala dan meninggalkan lobak dengan bara api atau lobak berisi obor di sepanjang jalan yang dilewatinya. labu itu akhirnya dinamakan Jack O’lantern atau obor dari Jack. orang celtic mulai menciptakan versi stingy jack atau Jack o’lantern mereka sendiri dari lobak, ubi dan kentang, ketika imigran datang ke Benua Amerika, mereka mengganti lobak dengan labu.

Dulu Dirayakan dengan hiasan dan kostum dari Kulit dan Kepala Binatang

Skeleton

Bangsa percaya bahwa pada perayaan Samhain, roh orang-orang mati akan turun ke bumi. Mereka akan memberikan kekuatan untuk meramalkan nasib baik dan buruk. Karenanya ketika Halloween, mereka akan mengenakan kulit binatang dan kepalanya agar dapat terhubung dengan roh-roh itu.

Daging dari binatang-binatang tersebut akan dimasak dan dimakan secara bersama-sama. Sembari mengenakan kostum kulit dan kepala binatang yang baru disembelih itu, mereka akan berkumpul di sekitar api unggun yang besar untuk membakar hewan dan tanaman sebagai bentuk kurban untuk menyenangkan hati Dewa Celtic, Aos Sí.

Malam ‘Punkie’ di Sommerset

Malam punkie

Desa Hinton St George dan Lopen di Somerset memiliki perayaan hari halloween mereka sendiri, dan itu sangat menyeramkan loh sobat. tradisi mereka melibatkan anak-anak yang berbaris dengan jack o’lantern di tangan mereka atau mereka sebut ‘punkies’, sambil mengemis uang dan permen, dan mengancam mereka yang tidak mau memberikan mereka permen. Sejauh ini, trik-atau-permen biasa, kan?

Nah, yang membuatnya menyeramkan, adalah fakta bahwa sekelompok anak muda ini akan dipimpin oleh raja dan Ratu Punkie sambil menyanyikan sebuah lagu menyeramkan berbunyi :

“It’s Punkie Night tonight “It’s Punkie Night tonight “Adam and Eve would not believe”It’s Punkie Night tonight.”.

lagu Punkie Night

Halloween Sangat identik dengan Nenek Sihir

Nenek sihir

Kita tahu jika awalnya berasal dari tradisi bangsa Celtik kuno, Samhain untuk merayakan agama Pagan atau penyembah berhala, saat hari Samhain orang – orang akan pergi ke dukun atau Shaman (yang kebanyakan perempuan) untuk meminta berkah dan meramal masa depan.

Mulai saat bangsa Celtik menganut Agama Katolik Roma, para Shaman dan Dukun ini di cap penyihir dan juga dianggap sebagai penganut ilmu sihir hitam dan berbahaya. Saat itulah terjadi peristiwa Spanish Inquisition atau perburuan penyihir oleh bangsa Spanyol di seluruh eropa, banyak yang percaya jika para penyihir itu kabur dan berubah menjadi kucing hitam dan akan keluar saat malam Halloween.

Dan itulah fakta dari Hari Halloween, semoga menambahkan pengetahuan kamu tentang Hari Raya yang dirayakan di seluruh dunia ini, ya sobat. dan terakhir menurut kamu sobat, sebenarnya Halloween itu seram enggak sih ?

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks