Mengenal Pengertian Iklim -Beserta 4 Jenisnya yang Harus Kamu Tahu

Halo sobat saku, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian iklim beserta jenis – jenisnya yang dirasakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

kalian pasti tahu jika Indonesia adalah negara beriklim tropis. Tapi tahukah kamu apa pengertian iklim itu?

Dan kenapa setiap tempat di dunia memiliki cuaca dan iklim yang berbeda.

Mari kita cari tahu sama – sama.

APA PENGERTIAN IKLIM ?

iklim atau Climate berasal dari kata berbahasa Yunani yaitu ‘Klima‘ yang berarti kecenderungan. Organisasi Internasional IPCC mendefinisikan Iklim sebagai ‘Cuaca rata – rata’ atau tepatnya sebagai kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang di suatu lokasi entah itu di bumi atau planet lain.

Sedangkan dilansir dari buku Encyclopaedia Britannica (2015), iklim adalah sebuah kondisi cuaca di wilayah tertentu dalam periode waktu yang lama.

JENIS – JENIS IKLIM

Tidak ada tempat di dunia yang memiliki iklim yang sama. Meski begitu setiap wilayah memiliki kesamaan iklim dengan wilayah lainnya. Ini biasanya terjadi karena posisi matahari.

Berdasarkan posisi Matahari itulah para peneliti bisa menentukan iklim yang terjadi di suatu daerah, hingga akhirnya mereka membaginya kedalam empat jenis yaitu

Iklim Tropis

Iklim tropis
Pantai Tropis (Sumber : pixabay.com)

Iklim tropis adalah sebutan bagi daerah yang memiliki suhu hangat dan disinari oleh sinar matahari sepanjang tahun.

Daerah beriklim tropis terletak di kawasan sekitar equator atau garis khatulistiwa. di antara garis 23,5 derajat Lintang Utara sampai 23,5 derajat Lintang Selatan bumi.

Biasanya daerah beriklim tropis yang berada tepat di garis ekuator memiliki curah hujan yang lebih tinggi atau disebut sebagai iklim hutan hujan tropis, sementara yang berada jauh dari garis ekuator cenderung agak kering dan berpasir dan disebut iklim Sabana tropis.

Contoh negara beriklim tropis adalah Indonesia dan Malaysia.

Iklim Subtropis

Iklim subtropis
Musim Gugur di Jepang ( Sumber : fun-japan.jp)

Iklim Subtropis adalah sebutan bagi daerah yang terletak di 20 hingga 40 derajat lintang Utara atau selatan bumi.

Iklim subtropis ditandai dengan musim panas yang terik dan musim dingin yang sejuk dengan salju yang jarang terjadi.

Iklim subtropis terbagi lagi menjadi dua yaitu Subtropis Mediterania yang memiliki musim panas yang kering dan musim dingin yang basah dan Subtropis basah (Köppen Cfa) adalah zona iklim yang bercirikan musim panas yang panas dan lembap, dan musim dingin yang nyaman.

Contoh negara beriklim subtropis adalah Jepang dan Yunani.

Baca juga : Skala Suhu di Dunia

Iklim Sedang

Iklim sedang
Padang Rumput di Mongolia

Pengertian iklim sedang adalah sebutan bagi daerah yang berada di antara garis 40 derajat sampai 60 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan.

Iklim sedang dibagi menjadi 4 iklim.

  • Iklim laut pantai barat adalah iklim sedang dengan kondisi musim dingin yang lembab dan mendung dan cuaca kering dan cerah pada musim panas.
  • Iklim stepa sejuk dan iklim gurun sejuk adalah iklim dengan kondisi cuaca yang panas dan kering di musim panas dan berangin di musim dingin.
  • Iklim benua lembap adalah iklim dengan kondisi basah saat musim panas.

Contoh negara beriklim sedang adalah Inggris dan Mongolia.

Iklim Dingin

Iklim dingin
Sumber : suara.com

Pengertian dari iklim dingin adalah daerah di mana musim dingin berlangsung lama, musim panasnya berlangsung singkat, udaranya kering, tanahnya selalu membeku sepanjang tahun dan saat musim dingin seluruh tanah ditutupi oleh permukaan es atau disebut juga sebagai iklim kutub.

Iklim dingin ditemukan di daerah yang berada di atas garis 60 derajat Lintang Utara dan atau dibawah garis Lintang Selatan.

Iklim dingin ini di bagai menjadi 3 yaitu :

  • Iklim taiga dengan kondisi musim dingin yang sangat dingin.
  • Iklim tundra dengan kondisi musim dingin dimana hanya rumput dan lumut yang dapat tumbuh.
  • Iklim kutub dengan tumpukan es yang tebal.

Contoh negara beriklim dingin adalah Rusia dan Norwegia.

Dan itulah Pengertian Iklim dan jenisnya, meski begitu belakangan ini terjadi perubahan iklim yang ekstrim dan memprihatinkan telah terjadi karena ekploitasi alam besar – besaran dan juga polusi udara.

Jika dibiarkan akan terjadi kerusakan di bumi kita tercinta ini. Jadi mulai dari sekarang mulailah mencoba menjaga lingkunganmu agar kita bisa bisa terhindar dari perubahan iklim yang ekstrim.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com