Mengenal Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya – Beserta 8 Unsurnya

Halo sobat saku, setelah kemarin kita belajar tentang pengertian Seni , sekarang kita masuk dalam pembahasan salah satu cabang seni, yaitu ‘Seni Rupa’. Untuk mengetahui dan mengenal tentang apa Pengertian Seni Rupa dan jenisnya.

Kenapa kita mempelajari Pengertian Seni Rupa dan Jenisnya ?

Karena Seni Rupa telah hadir dalam kehidupan umat manusia sejak dulu kala. Digunakan oleh Manusia Purba untuk berkomunikasi, beradaptasi hingga untuk sebuah ritual keagamaan.

Lukisan Manusia Praaksara

Nah, penasaran bukan mengenal lebih jauh tentang Pengertian Seni rupa dan Jenisnya ? Untuk itu Mari kita cari tahu sama – sama.

Pengertian Seni Rupa adalah

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk sebuah karya dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan indera peraba.

Seni Rupa diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Meski di era digital sekarang muncul cabang Seni Rupa yang menggabungkan media gambar dan Visual, hingga tidak bisa kita rasakan dengan indera peraba kita.

Unsur – Unsur Seni Rupa

Seni rupa memiliki unsur–unsur yang bisa disatukan untuk menjadi sebuah karya seni rupa yang indah. Unsur – unsur itu antara lain :

1. Titik

sumber : Kompasiana.com

Titik adalah unsur paling kecil dalam pembuatan sebuah karya seni rupa. Unsur ini adalah awal mula dari pembuatan karya seni rupa.

Titik dapat digunakan apa adanya menjadi sebuah karya pointilis yang hanya menggunakan titik yang diatur kerapatannya sedemikian rupa untuk membuat suatu gambar yang indah.

2. Garis

Garis adalah hubungan antara sebuah titik yang menghasilkan guratan untuk membentuk sebuah karya. Garis hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang. Ada 3 jenis garis yaitu: garis lurus, garis penghubung terpendek antara dua titik yang tidak bertepatan.

3. Bidang

Bidang adalah pengembangan dari garis–garis yang digabungkan. sebuah bidang adalah permukaan datar dan dua dimensi.

4. Bentuk

Bentuk, adalah unsur seni rupa dari gabungan bidang. Bentuk dikelompokkan dalam 2 macam yaitu Bentuk Geometris dan Non Geometris.

Bentuk Geometris ialah bentuk yang terdapat ilmu ukur, contohnya Bentuk kubistis, contohnya kubus dan balok dan Bentuk silindris, contohnya tabung, bola dan kerucut.

Sedangkan Bentuk Non geometris adalah bentuk yang meniru bentuk alam, seperti hewan, manusia dan tumbuhan.

5. Ruang

Ruang adalah area yang terbentuk ketika kita memutuskan untuk menggunakan suatu media dalam berkarya.

Ruang memiliki dua sifat yaitu sifat semu dan sifat nyata. Sifat semu hanya bisa dinikmati dengan cara dilihat saja, sedangkan sifat nyata dapat dilihat dan juga diraba. Kedua sifat ini sangat berbeda tergantung dari dimensinya 2 Dimensi atau 3 dimensi.

6. Gelap Terang atau Pencahayaan

Pencahayaan atau Gelap Terang adalah unsur seni rupa penggunaan cahaya untuk mencapai efek praktis atau estetika.

Pencahayaan mencakup penggunaan sumber cahaya buatan seperti lampu, ataupun penerangan alami dengan menangkap cahaya matahari.

7. Warna

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu.

8. Tekstur

sumber : dekoruma.com

Tekstur adalah unsur rupa yang menunjukan kualitas taktil dari suatu permukaan atau penggambaran keadaan struktur permukaan suatu objek pada karya seni rupa.

Tekstur juga bisa berarti sebagai nilai raba pada suatu permukaan dan biasa disebut rasa bahan, baik itu nyata maupun semu. Biasanya unsur pada beberapa karya 2 dimensi adalah semu.

Baca juga : Pameran seni Rupa

Jenis – Jenis Seni Rupa

Jenis seni rupa bisa dibedakan sesuai dengan dua cara yaitu dengan membedakan menurut fungsi dan Wujudnya.

Jenis Seni berdasarkan Fungsinya :

1. Seni Murni

Karya Van Gogh

Seni murni adalah seni yang diciptakan untuk dapat kita nikmati keindahannya. Seni murni mengutamakan nilai estetikanya dibandingkan dengan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya : Lukisan, Patung dan Kaligrafi.

2. Seni Terapan

Sumber : shopee.com

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dibuat dengan mementingkan nilai guna dari karya tersebut. Contohnya : Meja, Bangku dan lain – lainnya.

Jenis Seni Berdasarkan Wujudnya.

1. Seni Rupa 2 Dimensi.

Seni rupa 2 dimensi adalah sebuah karya seni yang memiliki dua ukuran atau sisi. Karya seni ini hanya memiliki panjang dan lebar saja. Contohnya, Lukisan, Kaligrafi, Poster dan lain – lain.

Seni Rupa 3 Dimensi

Seni tiga dimensi adalah karya seni yang dibatasi tidak hanya dengan sisi panjang dan lebar, tetapi juga dibatasi oleh kedalaman atau disebut juga dengan karya seni yang memiliki ruang. Contohnya, Patung, Meja, Lemari dan lain – lain.

Baca Juga : Sejarah Musik Modern

Dan itulah sobat Pengertian seni rupa dan Jenisnya, semoga kamu dapat mengenal dan mengetahui lebih jauh tentang Pengertian Seni Rupa dan jenisnya ini dan dapat memahaminya dengan baik.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version