Ilmusaku – Halo sobat, kalian pasti sebagai tahu jika selain bernafas, kita memerlukan makanan untuk bisa hidup.

Bisa dibilang makanan adalah kebutuhan primer manusia. Nah, Sistem Pencernaan Manusia bertugas untuk mencerna makanan yang sudah kita makan. Agar seluruh protein, vitamin, karbohidrat dan lemak yang kita makan bisa tubuh gunakan untuk mendapatkan energi.

Apakah kalian tahu organ-organ apa saja yang berperan dalam sistem pencernaan manusia di dalam tubuh kita?

Mari kita cari tahu sama – sama dengan penjelasan di bawah ini!

APA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA ITU ?

Sistem pencernaan manusia adalah serangkaian jaringan organ manusia yang bekerja untuk mencerna makanan yang sudah kita makan.

Selama dalam saluran pencernaan, makanan akan mengalami proses pencernaan, baik secara mekanik maupun secara kimia.

PROSES PENCERNAAN

Nah sobat, ternyata dalam sistem pencernaan kita terbagi menjadi dua proses yaitu Pencernaan Mekanik dan Pencernaan kimia, seperti berikut ini

Pencernaan Mekanik

Sistem pencernaan manusia

Pencernaan mekanik merupakan proses pencernaan makanan menggunakan gigi dan otot. Proses ini bertujuan untuk memotong-motong makanan menjadi bentuk yang lebih kecil, sehingga mudah dicerna oleh sistem organ lainnya.

Sementara di lambung terjadi pencernaan mekanik juga, berupa gerakan seperti mengaduk atau meremas makanan. Gerakan mekanik di dalam lambung tersebut digerakkan oleh otot polos di lambung.

Pencernaan Kimiawi

Pencernaan kimiawi adalah proses pengubahan zat makanan dari bentuk yang kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan bantuan enzim pencernaan.

Pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim. Enzim merupakan protein yang berfungsi sebagai biokatalis di dalam tubuh.

FUNGSI PROSES PENCERNAAN

Menurut kompas.com, sistem pencernaan memiliki fungsi utama mengubah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut diperlukan oleh tubuh kita untuk proses perkembangan, perbaikan sel tubuh, termasuk sebagai sumber energi sehari-hari.

Ketika proses pencernaan berakhir, organ pencernaan kemudian akan membuang limbah makanan untuk sebagai feses.

APA SAJA ORGAN PENCERNAAN ITU ?

Sobat, Organ utama pencernaan kita itu meliputi:

  • Mulut
  • Kerongkongan
  • Lambung
  • Usus kecil
  • Pankreas
  • Hati
  • Kelenjar Empedu
  • Usus besar
  • Rektum
  • Anus

APA SAJA FUNGSI DARI ORGAN PENCERNAAN ?

Setiap organ di saluran pencernaan memiliki tugas mereka masing – masing loh sobat, diantaranya :

Mulut

Mulut
Sumber : kompas.com

Mulut merupakan tahap awal pencernaan makanan. proses pencernaan dimulai bahkan makanan masuk ke mulut kita. Karena Kelenjar ludah sudah menjadi aktif saat kita melihat dan mencium hidangan makanan.

Setelah makan, gigi akan mengunyah makanan menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dicerna. Air liur akan bercampur dengan makanan dan juga akan memecahnya menjadi bentuk yang dapat diserap dan digunakan tubuh.

Lalu, lidah akan memasukkan makanan ke tenggorokan dan ke kerongkongan.

Kerongkongan

Kerongkongan
Kerongkongan

Merupakan rongga penghubung antara rongga mulut dengan esofagus. Melalui rongga ini makanan akan masuk ke dalam esofagus untuk dibawa ke lambung.

Esofagus harus rileks agar dapat terjadi serangkaian kontraksi otot di dalam kerongkongan yang disebut peristaltik untuk dapat mengantarkan makanan untuk menuju ke lambung.

Lambung

Lambung
Sumber : kumparan.com

Lambung merupakan salah satu tempat pencernaan makanan yang penting. Pada organ ini proses pencernaan berlangsung selama 2-6 jam. Lambung akan mencerna makanan secara kimiawi dan mekanik. Pencernaan kimiawi pada lambung dibantu oleh beberapa enzim dan protein.

Sel-sel di dalam lapisan lambung ini akan mengeluarkan asam kuat dan enzim kuat yang bertanggung jawab untuk proses pemecahan makanan. Ketika makanan sudah diproses, sisanya kemudian dilepaskan ke usus kecil.

Usus Kecil

Usus kecil

Usus halus terdiri 3 bagian yaitu duodenum (usus 12 jari), jejenum (Usus Kosong) dan ileum (Usus Penyerapan). Ketiga bagian usus tersebut akan bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan pencernaan makanan agar menjadi bagian-bagian kecil yang diserap ke dalam pembuluh darah usus.

Pada usus halus terdapat muara dari saluran empedu dan pangkreas yang menghasilkan zat, dan enzim untuk membantu proses pencernaan.

Pankreas

Pankreas dapat menghasilkan enzim pencernaan ke dalam usus dua belas jari yang berguna untuk memecah protein, lemak, dan karbohidrat.

Pankreas juga memproduksi insulin dan meneruskannya langsung ke aliran darah. Insulin adalah hormon utama dalam tubuh untuk metabolisme gula dalam darah.

Hati

Hati
Sumber : webmd.com

Tugas utamanya dalam sistem pencernaan adalah memproses nutrisi yang diserap dari usus kecil. Empedu dari hati yang dikeluarkan ke usus halus juga memainkan peran penting dalam mencerna lemak dan beberapa vitamin.

Hati juga berfungsi mendetoksifikasi bahan kimia berbahaya atau beracun dalam tubuh kita.

Kantong Empedu

Empedu
Gallblader atau kantong empedu

Kantung empedu berfungsi menyimpan dan memekatkan empedu dari hati, dan kemudian melepaskannya ke dalam usus dua belas jari di usus kecil untuk membantu menyerap dan mencerna lemak.

Usus Besar

Usus besar

Usus besar adalah tabung berotot sepanjang kurang lebih 1,82 m yang menghubungkan usus kecil ke rektum.

Usus besar kita terbagi menjadi empat bagian sobat, yaitu :

  • Colon ascenden, Merupakan bagian usus besar yang mengarah ke atas. Usus ini berfungsi menyerap zat gizi dan air yang belum terserap oleh usus halus serta memadatkan feses.
  • Colon transversal, Merupakan bagian usus besar yang mendatar setelah colon ascenden. Usus ini berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan zat gizi, air, dan memadatkan feses.
  • Colon descenden, Merupakan bagian usus besar yang mengarah ke bawah. Usus ini berfungsi sebagai tempat penampungan feses sementara sebelum masuk ke rektum.
  • Colon sigmoid, Merupakan usus besar berbentuk S yang terletak setelah colon descenden. Usus ini memberikan tekanan pada feses sehingga memudahkan feses dikeluarkan melalui rektum.

Rektum

Rektum
sumber : wikipedia.com

Merupakan bagian terakhir dari usus besar yang berfungsi menyimpan feses hingga dieksresikan / dikeluarkan melalui anus.

Anus

Anus

Anus adalah bagian terakhir dari saluran pencernaan. Organ ini berbentuk saluran sepanjang 2 inci atau 5,08 cm yang terdiri dari otot-otot dasar panggul dan dua sfingter anal (internal dan eksternal).

Anus berfungai sebagai tempat keluarnya feses dari tubuh.

Jadi sobat, sistem pencernaan manusia ternyata terdiri dari sebuah sistem yang kompleks dan rumit.

dimulai ketika makanan yang masuk ke dalam tubuh melalui rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, pankreas, hati, kelenjar empedu, usus besar, rektum, hingga akhirnya feses keluar melalui anus.

Jadi jaga selalu kesehatan organ pencernaan agar kamu dapat menikmati hari tua di kemudian hari.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks