Mengenal Sistem Peredaran Darah Manusia dan 2 Sistem Peredaran Darah

Halo sobat, tahukah jika dalam sistem peredaran darah manusia terdapat 4,5 – 5,5 liter darah yang beredar dalam tubuh manusia dewasa, dan darah yang beredar sangat penting bagi kehidupan kita.

Tapi apa kamu tahu apa sistem peredaran darah manusia itu, dan apa kegunaannya ? Dan apa kamu tahu bagaimana cara sistem peredaran darah manusia itu bekerja untuk membuat hidupmu lebih baik ?

Penasaran ? Mari kita cari tahu sama – sama.

Pengertian sistem peredaran darah manusia

Sistem peredaran darah manusia

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi untuk memindahkan atau mengedarkan zat nutrisi dan oksigen melalui darah ke seluruh tubuh. Sistem ini menolong stabilisasi suhu dan pH dalam tubuh.

Tidak hanya sebagai pengedar, sistem ini juga berfungsi untuk mengeluarkan zat karbondioksida dan sisa metabolisme tubuh melalui paru-paru.

Organ dalam Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah tersusun atas organ-organ yang berperan dalam pengangkutan darah di dalam tubuh sebagai berikut :

Jantung

Jantung manusia
Sumber : healthdirect.gov.au

Jantung merupakan organ vital di tubuh manusia yang bertugas sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Jantung manusia terdiri dari kumpulan otot yang Secara rata-rata bisa berdenyut sebanyak 72 kali per menit dalam status beristirahat dan bisa memompa 4 hingga 7 liter darah tiap menitnya.

Di dalam jantung terdapat empat ruangan yang terbagi menjadi dua bilik (ventrikel) dan dua serambi (atrium). Serambi dan bilik kiri jantung berisi darah bersih yang kaya akan oksigen, sedangkan bilik dan serambi kanan berisi darah kotor.

Pembuluh darah

Pembuluh darah
Sumber : pikiran-rakyat.com

Pembuluh darah adalah saluran untuk mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh, begitu juga dengan sebaliknya. Pembuluh darah dibagi menjadi tiga macam yaitu pembuluh arteri, pembuluh vena dan pembuluh kapiler.

  • Pembuluh Arteri, Merupakan pembuluh darah yang berfungsi membawa darah keluar dari jantung, baik ke seluruh tubuh maupun ke paru-paru.
  • Pembuluh Kapiler, merupakan saluran penghubung antara pembuluh arteri dan vena di mana tempat terjadinya pertukaran zat.
  • Pembuluh Vena, Merupakan pembuluh darah yang berfungsi membawa darah kembali ke jantung, dari seluruh tubuh atau dari paru-paru.

Darah

Darah merah
Sumber : livescience.com

Darah adalah sebuah cairan yang terdapat pada semua mahkluk hidup yang berfungsi untuk mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh. Darah juga mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.

Baca Juga : Fungsi otot manusia

2 Sistem Peredaran Darah.

Peredaran darah kecil dan besar
Sumber : Tribunnews.com

Ternyata sobat, Sistem peredaran darah manusia terbagi menjadi dua sistem peredaran, yaitu peredaran darah besar dan peredaran kecil.

Peredaran Darah Besar

Peredaran darah besar atau peredaran darah sistemik adalah Sistem peredaran darah yang bermula ketika bilik kiri jantung memompa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi melalui aorta (arteri utama) ke seluruh tubuh.

Jika kadar oksigen dalam darah sudah terasa rendah atau hanya tersisa karbondioksida, maka darah akan terkumpul di pembuluh darah. Kemudian masuk ke serambi kanan jantung dan masuk ke bilik kanan jantung.

Pada peredaran darah besar ada dua pembuluh darah yang bekerja yaitu :

  • Vena Cava Superior yang bertugas membawa darah dari kepala dan lengan menuju jantung.
  • Vena Cava Inferior yang membawa darah dari perut dan kaki menuju jantung.

Jadi Peredaran Darah besar bekerja mengedarkan darah dari Jantung ke seluruh tubuh lalu kembali lagi ke Jantung.

Jalur peredaran darah besar :

Bilik kiri – Arteri Besar (Aorta) – Arteri – Seluruh Tubuh – Vena – Serambi kanan.

Peredaran Darah Kecil

Peredaran darah kecil disebut juga peredaran Pulmonal adalah Peredaran darah yang bermula saat darah di bilik kanan jantung yang rendah oksigen dipompa oleh arteri Pulmonalis menuju paru-paru kemudian kembali ke jantung. arteri Pulmonalis adalah pembuluh darah yang bertugas membawa darah ke paru-paru.

Di paru-paru, tepatnya pada bagian alveolus terjadi pertukaran gas CO2 dengan O2. Darah yang mengandung O2 dialirkan kembali ke bagian serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.

Jalur peredaran darah kecil yaitu :

Bilik Kanan – Arteri Pulmonalis – Paru Paru – Vena Pulmonalis – Serambi Kiri.

Fungsi Sistem Peredaran Darah

Selain untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh sistem peredaran darah memiliki beberapa fungsi lain yaitu :

  • Memiliki peran sebagai pengangkut sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh manusia.
  • Sebagai pengangkut oksigen dan karbondioksida dari tubuh ke paru-paru.
  • Sebagai pengangkut hormon ke bagian tubuh yang membutuhkan
  • Berperan sebagai pengangkut zat sisa hasil dari metabolisme sel ke ginjal.
  • Menjaga kestabilan temperatur tubuh.
  • Pembunuh kuman, bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia

Dan itulah sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular di dalam tubuh kita, semoga sekarang kamu bisa mengerti dan mengenal lebih jauh sistem peredaran darah ya sobat, sampai jumpa di materi yang lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com