Newsletter Adalah dan 2 Jenis Newsletter dalam Humas

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Newsletter adalah dan 2 Jenis Newsletter yang biasa digunakan di sebuah institusi, instansi ataupun perusahaan untuk menjalin komunikasi yang harmonis dengan karyawan.

Untuk kepentingan menyampaikan informasi atau menyediakan media komunikasi yang tepat dan berkesinambungan untuk sebuah perusahaan, organisasi dan institusi kepada karyawan dan masyarakat, Newsletter merupakan salah satu pilihan yang tepat guna.

Menurut Jefkins (2003: 145) ada dua media cetak yang dipakai oleh sebuah perusahaan, yaitu jurnal yang semata-mata ditujukan kepada publik internal (karyawan, dll) dan jurnal yang ditujukan kepada publik luar perusahaan.

Media untuk Publik Internal Perusahaan

Dan jurnal atau media yang diperuntukkan untuk publik internal perusahaan antara lain :

Tapi kali ini kita berfokus kepada Newsletter. sebagai fokus dari pembahasan kita hari ini, mari kita simak pengertian newsletter adalah bersama – sama.

Pengertian Newsletter Adalah.

Contoh Newsletter.

Newsletter adalah sebuah bentuk media Informasi dan komunikasi internal sebuah lembaga atau perusahaan yang biasanya terdiri atas dua hingga delapan lembar halaman, tanpa cover, seperti majalah ataupun buku. Biasanya materinya singkat dengan atau tanpa gambar. Newsletter juga dapat dipahami sebagai “laporan berkala” ataupun ” surat berita”.

Isi Newsletter sendiri bervariasi dan mirip majalah komersial, seperti agenda dan berita kegiatan, artikel, feature, gambar dan sebagainya, yang berisi berita/news tentang organisasi, produk kebijakan, dan aktivitas – aktivitasnya atau berita tentang dinamika perusahaan.

Menurut Paul Swift dalam Cutlip, Center dan Broom (2009) newsletter adalah sebuah medium yang akan tetap ada dan berkembang menetapkan sasaran komunikasi dengan dunia koorporasi serta menjadi sarana berkomunikasi antara asosiasi dan anggotanya sehingga menjadi nilai tambah. Berbeda dengan media massa, Newsletter mengirimkan pesan khusus kepada publik dengan sasaran yang lebih spesifik.

Biasanya Pihak Humas dalam sebuah organisasi akan menyajikan informasi sesuai kepentingan perusahaan. Di samping itu, organisasi mempertimbangkan hak – hak publik untuk memperoleh informasi bagi interaksinya dengan perusahaan.

Penulisan pesan di media perusahaan pada dasarnya sama dengan penulisan di media komersial lainnya, hingga memerlukan teknik penulisan naskah, bentuk dan pengelolaan yang profesional.

Jurnal internal ini pada dasarnya berisikan pemberitaan mendalam mengenai isu yang berkaitan dengan perusahaan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan, membangun sikap, dan menciptakan perilaku yang menguntungkan organisasi melalui berbagai media termasuk Newsletter.

Media cetak perusahaan bini lazimnya terbit secara berkesinambungan, mulai dari mingguan, atau Dwi mingguan, bulanan atau dwi bulanan. Ini tergantung kebutuhan dan keinginan dari internal perusahaan.

Baca juga : Pengertian Lobi dalam Humas.

2 Jenis Newsletter Perusahaan.

Menurut Bivins (1995) newsletter dapat kita bedakan menjadi dua yaitu :

  • Newsletter Vertikal
  • Newsletter Horizontal

Newsletter Vertikal

Newsletter Vertikal adalah newsletter yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk keseluruhan staf perusahaan dari level direktur sampai pegawai paling bawah.

Jadi, para pembacanya bisa jadi kelompok orang yang sangat heterogen dalam berbagai segi. Paling tidak segi posisi dalam organisasi yang biasanya bunga akan mencerminkan perbedaan dari segi pendidikan, pengalaman kerja, dan aspirasi mereka. Newsletter dari perusahaan yang anggotanya terpencar-pencar dapat juga dikategorikan sebagai newsletter vertikal.

Newsletter Horizontal

Newsletter Horizontal adalah newsletter yang dibuat untuk orang – orang dengan kepentingan atau kesenangan yang sama, seperti newsletter organisasi profesi, newsletter Perhumas, atau newsletter para anggota grup futsal. Warkat berita Publisitas untuk pelanggan seperti pemilik kartu kredit atau konsumen hotel.

Juga Newsletter oleh kelompok kepentingan khusus, newsletter untuk kelompok feminis ataupun kelompok muslimah bisa juga kita masukan dalam kategori newsletter ini.

Di samping itu, ada juga self Interest newsletter/ digest newsletter untuk kepentingan pengembangan diri, seperti PR News, PR reporter, dan lain – lain.

Isi Newsletter Menurut Wilcox dan Nolte (1990)

Adapun muatan Newsletter menurut Wilcox dan Nolte adalah :

  • Rencana perusahaan atau organisasi untuk masa depan.
  • Kebijakan dan praktik – praktik yang terkait dengan kepegawaian.
  • Perbaikan produktivitas
  • Informasi terkait dengan pekerjaan.
  • Informasi pengembangan karier
  • Dampak peristiwa di luar perusahaan terhadap kerja karyawan.
  • Berita – berita dari berbagai bagian lain dalam perusahaan.
  • Informasi kecocokan pekerjaan pegawai dengan keseluruhan organisasi
  • Bagaiman penggunaan keuntungan oleh perusahaan.
  • Sikap organisasi terhadap berbagai isu mutakhir
  • Keterlibatan organisasi dalam komunitas
  • Promosi pegawai
  • Hasil keuangan
  • Rencana promosi
  • Cerita tentang karyawan lain
  • Berita- berita pribadi, seperti kelahiran, kematian, sakit dll.

Baca juga : Persepsi adalah.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang Pengertian Newsletter dan 2 Jenis Newsletter semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version