Pengertian Anabolisme adalah – 4 Contoh dan Fungsi Anabolisme

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Anabolisme adalah 4 contoh Anabolisme dan Fungsi Anabolisme yang terjadi pada makhluk hidup.

Dengan mengetahui tentang Anabolisme kita dapat mempelajari tentang Metabolisme atau rangkaian reaksi kimia pada sel makhluk hidup yang berlangsung secara terus-menerus untuk bertahan hidup secara keseluruhan.

Nah itu mengetahui lebih banyak tentang Anabolisme mari kita simak materi berikut ini.

Pengertian Anabolisme adalah

Pengertian Anabolisme adalah
Sumber : https://readbiology.com/

Pengertian Anabolisme adalah reaksi pembentukan molekul sederhana menjadi molekul yang kompleks. Reaksi anabolisme merupakan peristiwa sintesis atau penyusunan sehingga memerlukan energi, dan dibentuk reaksi endergonik.

Anabolisme memproses sintesis senyawa kimia kecil menjadi besar menjadi molekul yang lebih besar, seperti yang terjadi pada asam amino yang diubah menjadi protein.

Contoh Reaksi Anabolisme

Contoh reaksi anabolisme di antaranya adalah fotosintesis atau sintesis karbohidrat dengan bantuan energi cahaya matahari, kemosintesis dengan bantuan energi kimia.

Tiga Tahap Dasar Anabolisme

  • produksi prekursor seperti asam amino, monosakarida, dan nukleotida.
  • aktivasi senyawa-senyawa menjadi bentuk reaktif menggunakan energi dari ATP
  • penggabungan prekursor tersebut menjadi molekul kompleks, seperti protein, polisakarida, lemak, dan asam nukleat.

Baca Juga : Hidrolisis Garam.

4 Contoh Anabolisme

Reaksi Anabolisme dalam makhluk hidup dapat terbagi menjadi 4 contoh Anabolisme. yaitu :

Fotosintesis adalah

Fotosintesis adalah
Proses Fotosintesis

Fotosintesis merupakan sintesis yang memerlukan cahaya (fotos = cahaya; sintesis = penyusunan atau membuat bahan kimia). Fotosintesis adalah peristiwa pembentukan karbohidrat dari karbondioksida dan air dengan bantuan energi cahaya matahari.

Fotosintesis terjadi di dalam kloroplas. Kloroplas merupakan organel plastida yang mengandung pigmen hijau daun (klorofil). Sel yang mengandung kloroplas terdapat pada mesofil daun tanaman yang disebut palisade atau jaringan tiang dan sel-sel jaringan bunga karang yang disebut spons.

Penyusun Kloropas

Kloroplas tersusun atas bagian-bagian sebagai berikut:

  • Stroma ialah struktur kosong di dalam kloroplas, merupakan tempat glukosa terbentuk dari karbondioksida.
  • Tilakoid ialah struktur cakram bertumpuk-tumpuk, yang terbentuk dari pelipatan membran dalam kloroplas, dan berfungsi menangkap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia.
  • Grana ialah selubung tangkai penghubung tilakoid.

Kemosintesis

Kemosintesis terjadi pada organisme berjenis autotrof, tepatnya kemo-autotrof, yang mampu menghasilkan senyawa organik yang dibutuhkan dari zat-zat anorganik dengan bantuan energi kimia. Yang dimaksud dengan energi kimia di sini adalah energi yang diperoleh dari suatu reaksi kimia yang berasal dari reaksi oksidasi.

Kemampuan mengadakan kemosintesis ini, terdapat pada mikroorganisme dan bakteri autotrof. Bakteri Sulfur yang tidak berwarna memperoleh energi dari proses oksidasi senyawa H2S.

Bakteri besi memperoleh energi kimia dengan cara oksidasi Fe++ (Ferro) menjadi Ferri. Bakteri Nitrogen dengan melakukan oksidasi senyawa tertentu dapat memperoleh energi untuk mensintesis zat organik yang diperlukan.

Bakteri Nitrosomonas dan Nitrococcus memperoleh energi dengan cara mengoksidasi NH3 yang telah membentuk senyawa amonium, yaitu amonium karbonat menjadi asam nitrit, dengan reaksi :

Screenshot 20210817 203630 2

Bakteri Nitrogen yang lain, Nitrobacter, mengubah nitrit menjadi nitrat dengan reaksi sebagai berikut :

Kemosintesis

Sintesis Lemak.

Sintesis Lemak
Molekul Lemak (sumber : Wikipedia.com)

Lemak disintesis dari protein dan karbohidrat melalui asetil ko-enzim A. Metabolisme gliserol memiliki cara sama dengan metabolisme karbohidrat, yaitu melalui jalan piruvat.

Untuk mensintesis lemak atau asam lemak diperlukan suatu ko-enzim A yang berfungsi memutuskan atau memecahkan dua bagian atom C (karbon)nya untuk membentuk asetil Ko-A. Karena pemutusan rantai karbonnya terjadi pada karbon (C) kedua pada mata rantai asam lemak, maka reaksinya dinamakan beta oksidasi.

Beta oksidasi adalah suatu proses yang berlangsung secara berulang-ulang sehingga semua atom karbon (C) pada rantai lemak berubah menjadi asetil Ko-A.

Asetil Ko-A juga dapat diubah kembali menjadi asam lemak sehingga reaksi beta oksidasi disebut pula sebagai reaksi reversible (yang dapat di balik).

Asam piruvat sebagai hasil akhir metabolisme gliserol, dan asetil Ko-A bersama-sama akhirnya memasuki siklus asam trikarboksilat yang merupakan langkah terakhir dari metabolisme dalam tubuh.

Oksigen yang diperlukan tubuh memerlukan oksigen lebih banyak dalam proses oksidasi lemak untuk menghasilkan energi dibandingkan dengan proses oksidasi karbohidrat.

Sintesis Protein.

images 9
Sumber : https://www.newworldencyclopedia.org

Sintesis protein di dalam sel tersusun atas asam amino dan terjadi dengan melibatkan DNA, RNA dan ribosom. Suatu ikatan molekul peptida terbentuk apabila gugus amino dari satu asam amino berikatan dengan gugus karboksil dari asam amino lain.

Secara berurutan, apabila dua asam amino bergabung, maka akan terbentuk molekul dipeptida, bila tiga asam amino berikatan, maka akan terbentuk molekul tripeptida, dan seterusnya.

Dengan demikian, apabila terjadi penggabungan asam amino dalam jumlah besar, maka akan terbentuk molekul yang disebut sebagai polipeptida. Pada dasarnya, protein adalah suatu polipeptida.

Setiap sel dari organisme berkemampuan untuk mensintesis protein-protein tertentu yang sesuai dengan keperluannya.

Sintesis protein dalam sel dapat terjadi, karena pada inti sel terdapat suatu zat (substansi) yang berperan penting sebagai pengatur sintesis protein sel. Substansi-substansi tersebut adalah DNA dan RNA.

Fungsi Anabolisme

  • Pembangun sel-sel baru.
  • Menjaga kesehatan jaringan tubuh.
  • Penyimpanan energi
  • Mengubah molekul kecil menjadi bentuk yang lebih kompleks.

Baca juga : Klasifikasi Makhluk hidup.

Dan itulah kawan materi tentang pengertian Anabolisme adalah. semoga materi bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

Sumber :

  • Faidah Rachmawati, Nurul Urifah, Ari Wijayati, 2009. Biologi XII SMA. Jakarta. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • https://www.newworldencyclopedia.org/entry/protein.
  • https://readbiology.com/difference-between-anabolism-and-catabolism/amp/

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com