Pengertian Astronomi adalah – 8 Macam Ilmu Astronomi

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Astronomi adalah – Macam Ilmu Astronomi. Dengan mengetahui tentang Pengertian dari Astronomi mungkin kamu yang berminat dengan perbintangan akan lebih paham tentang makna astronomi.

Astronomi sendiri adalah salah satu cabang ilmu alam paling tua. Tercatat dalam sejarah orang – orang telah mengamati angkasa sejak peradaban Sumeria, Babilonia, Yunani , India , Mesir , Cina , Maya , dan bahkan masyarakat kuno seperti Amerika dan Indonesia.

Di masa lalu, astronomi digunakan untuk berbagai hal mulai dari navigasi langit , Ramalan dan pertanda hingga pembuatan kalender.

Untuk tahu lebih banyak tentang Pengertian Astronomi mari kita simak materinya di bawah ini.

Pengertian Astronomi adalah – Macam Ilmu Astronomi

Pengertian Astronomi

sumber : freepik.com

Astronomi adalah ilmu alam yang mempelajari benda-benda langit dan fenomena di angkasa raya. Astronomi adalah ilmu pasti yang menggunakan matematika, fisika dan kimia untuk menjelaskan asal usul jagat raya.

Secara umum, astronomi itu mempelajari segala sesuatu yang berasal dari luar atmosfer bumi . Kosmologi adalah cabang astronomi yang mempelajari alam semesta dan galaxy secara keseluruhan.

Astronom adalah.

Astronom adalah sebutan untuk seseorang yang mencurahkan waktunya untuk mempelajari dan mendalami ilmu astronomi, dan memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu astronomi.

Tokoh dalam Astronomi yang terkenal adalah Galileo Galilei

Baca juga : Teori pembentukan Tata Surya.

Objek Penelitian Astronomi

Sumber : freepik.com

Berikut ini adalah beberapa objek penelitian astronomi yang fokus dalam pembelajaran dan penelitian ilmu astronomi.

Planet.

Planet adalah benda langit besar yang mengelilingi bintang atau matahari. Ada 8 Planet di tata surya kita yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Satelit.

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alami dan satelit buatan.

Bintang.

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Ada dua jenis bintang di angkasa raya yaitu bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya sedangkan Bintang nyata adalah bintang yang dapat menghasilkan cahaya sendiri.

Nebula.

Nebula adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Nebula sering juga disebut sebagai tempat lahirnya galaksi dan bintang-bintang. Salah satu contoh nebula adalah Nebula Omega.

Galaksi.

Galaksi adalah sebuah sistem benda langit yang terikat oleh gaya gravitasi dari sebuah bintang (atau pun segala manifestasinya seperti bintang neutron dan lubang hitam)

Asteroid.

Asteroid, atau planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya.

Meteoroid.

Meter adalah benda atau batuan langit di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul. 

Komet.

Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis. Komet biasanya terbentuk dari es dan debu yang terkumpul pada saat berada jauh dari matahari

Gugus Bintang.

Gugus adalah gabungan-gabungan dari galaksi yang membentuk suatu sistem tersendiri. Dalam sebuah gugus biasanya terdapat 10-15 galaksi.

Debu antariksa.

Debu antariksa atau debu kosmik adalah debu-debu ataupun pasir yang berada di angkasa dan terbentuk dari sampah-sampah antariksa, seperti pecahan satelit-satelit dan benda-benda angkasa lainnya.

Lubang hitam.

Lubang hitam atau blackhole adalah lubang hitam yang berada di luar angkasa yang memiliki daya gravitasi yang sangat kuat hingga dapat menghisap benda-benda langit di sekitarnya. Biasanya Blackhole terjadi disaat sebuah bintang meledak dan mati.

Supernova

Supernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak dari biasanya. Biasanya Supernova terjadi disaat akhir matahari.

Baca juga : Teori Kepler dalam Tata Surya

Macam ilmu Astronomi

Dalam perkembangannya Astronomi terbagi dalam beberapa cabang-cabang ilmu yang lebih spesifik dan mempelajari hal yang berbeda seperti berikut ini macam ilmu astronomi.

Astrophysics

Astrofisika adalah cabang astronomi yang menggunakan prinsip fisika dan kimia “untuk memastikan sifat objek astronomi.

ahli astrofisika biasanya menerapkan banyak disiplin ilmu fisika untuk mempelajari objek penelitian Astronomi seperti menggunakan mekanika, elektromagnetisme, mekanika statistik , ilmu termodinamika, mekanika kuantum, Teori relativitas, ilmu fisika nuklir dan fisika atom dan molekul.

Astronomi praktis

Astronomi praktis mempelajari mengenai cara observasi terhadap benda-benda ruang angkasa, alat-alat yang digunakan, dan metode apa yang bisa digunakan sehingga diperoleh jawaban atas suatu peristiwa kosmik tersebut.

Astrokimia (Astrochemistry)

Seperti namanya, Astrokimia adalah ilmu astronomi yang mempelajari dan menghitung tentang kelimpahan dan reaksi molekul di alam semesta , dan interaksinya dengan radiasi. Juga tentang atom dan molekul antarbintang dan interaksinya dengan radiasi.

Kosmogoni

Kosmogoni adalah cabang ilmu astronomi yang membahas dan mempelajari tentang asal-usul benda-benda angkasa, pembentukannya, dan partikel-partikel yang menyusunnya.

Kosmologi

Kosmologi fisik dapat dianggap sebagai studi tentang Semesta secara keseluruhan. Secara khusus, ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek.

Astronomi galaksi.

Astronomi galaksi adalah bidang studi yang mempelajari galaksi Bima sakti atau milky way atau Tata Surya yang kita tinggali. Objek penelitiannya seperti matahari, bumi, komet dan lainnya.

Astronomi ekstragalaksi

Astronomi ekstragalaksi adalah bidang studi yang mempelajari objek di luar galaksi kita dan biasanya berkaitan dengan pembentukan dan evolusi Galaksi , morfologi (deskripsi) dan klasifikasinya, pengamatan galaksi aktif dan pada skala yang lebih besar, kelompok dan gugus galaksi dan juga komposisi kosmos.

Astronomi stellar

Cabang ilmu astronomi yang mempelajari mengenai perbintangan, seperti bentuk bintang, partikel pembentuknya, siklus peredarannya, termasuk manifestasi lain dari bintang seperti Supernova dan Black Hole.

Baca juga : Tata Surya dan 8 Planet.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang pengertian astronomi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version