Pengertian HTML adalah – dan 6 Versi HTML

Halo sobat, pernahkah kalian mendengar istilah HTML? tapi tahukah kamu pengertian HTML adalah? Nah dalam pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang Pengertian HTML, sejarahnya dan juga versi HTML yang digunakan di World Wide Web atau Internet dan bagaimana bahasa pemrograman ini menghiasi hari – hari kita di Internet.

Internet sebagai jaringan komputer raksasa yang saling terhubung. Tidak ada perusahaan yang memiliki internet, yang merupakan upaya kerja sama diatur oleh sistem standar. Biasanya hak itu dilakukan melalui website. Dan Website tersebut biasanya dibuat dari HTML.

HTML dapat menyematkan program yang ditulis dalam bahasa skrip seperti JavaScript , yang memengaruhi perilaku dan konten halaman web favorit kita. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang HTML ini mari kita bahas satu persatu.

Pengertian HTML adalah.

Html adalah
sumber : wiki

HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa standar web yang didefinisikan dan dikelola penggunaannya oleh W3C (World Wide Web Consurtium). HTML digunakan untuk menampilkan markup bahasa di browser web . Hal ini dapat dibantu oleh teknologi seperti Cascading Style Sheets (CSS) dan juga program scripting seperti JavaScript yang dituliskan dalam element HTML.

Elemen HTML ialah bangunan dari sebuah Page atau halaman HTML. Dengan konstruksi HTML yang benar gambar dan objek lain seperti formulir interaktif yang disematkan dalam halaman atau page dapat dirender.

Sejarah HTML

HTML dibuat dan dikembangkan oleh Tim Berners-Lee seorang Fisikawan yang dikontrak di CERN, sebuah organisasi Nuklir Eroap. Selanjutnya, bahasa pemrograman tersebut dipopulerkan oleh browser Mosaic dan berkembang hingga sekarang.

Baca juga : Fakta Tentang Deep Web

6 Versi HTML.

ezgif.com gif maker 44

Selama tahun 90-an telah muncul berbagai versi HTML dengan berbagai macam fiturnya. Versi HTML yang ada tersebut antara lain :

HTML 1.0 (Versi 1.0).

Merupakan versi pertama setelah lahirnya HTML dan mempunyai kemampuan seperti untuk heading, paragraph, hypertext, list, cetak tebal, dan cetak miring pada teks.

Selain itu juga dukungan peletakan image pada dokumen dengan tidak memperbolehkan peletakan teks di sekelilingnya (wrapping).

HTML 2.0 (Versi 2.0)

Diliris pada tanggal 14 Januari 1996 dengan beberapa kemampuan Fitur baru yang menarik pada masanya . seperti penambahan form. Hal ini menjadi awal untuk membuat sebuah web yang interaktif yang kita temukan di internet sekarang. Jadi meski jadul Versi 2 ini sangat penting loh.

HTML+ (Versi 3.0)

Diliris pada tanggal 18 Desember 1997, yang dikenal dengan HTML+. Versi ini memiliki beberapa fitur yang juga tak kalah menarik selain perbaikan dari sistem sebelumnya, HTML ini juga menambahkan fitur baru seperti table dalam paragraph.

HTML 3.2 (Versi 3.2).

dikembangkan pada awal `96 bersama dengan vendor termasuk IBM, Microsoft, Netscape Communications Corporation, Novell, SoftQuad, Spyglass, dan Sun Microsystems merupakan versi terbaru yang menjadi penyempurnaan dari versi 3.0 sebelumnya.

HTML 3.2 menambahkan fitur yang digunakan secara luas seperti tabel, applet, dan aliran teks di sekitar gambar, sambil memberikan kompatibilitas penuh dengan HTML 2.0 standar.

HTML 4.0 (Versi 4.0).

HTML 4.0 diliris pada tanggal 24 Desember 1999 dengan penambahan beberapa fitur seperti adanya link, imagemaps, image, dan lain-lain. HTML 4.0 pernah dianggap sebagai versi Final untuk HyperText Markup Language. juga mengambil langkah besar menuju internasionalisasi dokumen, dengan tujuan membuat Web benar-benar Mendunia sebelum akhirnya versi selanjutnya muncul yaitu HTML 5

HTML 5 (Versi 5)

Diliris pada tahun 2009 yang menjadi standar baru untuk HTML, XHTML, dan DOM HTML. HTML5 ini merupakan proyek kerja sama antara W3C (World Wide Web Consurtium) dan WHATG (Web Hypertext Application Technology Working Group) dan sampai sekarang menjadi standar sebuah website modern.

HTML 6

HTML 6 adalah projek selanjutnya dari HTML ini, katanya akan diluncurkan di beberapa waktu kedepankan. HTML6 mendukung CSS4 yang akan membantu membuat desain yang menarik untuk website dan juga beberapa fitur yang pasti akan menarik untuk Kita nantikan kehadiran resminya.

Baca juga : Sejarah YouTube .

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang HTML adalah dan juga versi HTML semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock