Pengertian Komunikasi Interpersonal -Teori dan Klasifikasi

Halo sobat, materi kita hari ini adalah Pengertian komunikasi interpersonal, tujuan, definisi dan klasifikasi. Karena Selain komunikasi intrapersonal (Komunikasi dengan diri sendiri), manusia juga memerlukan komunikasi interpersonal dengan orang lain.

Manusia sebagai makhluk sosial bukan saja membutuhkan orang lain, tapi juga membutuhkan komunikasi dengan orang lain.

Dengan mempelajari Pengertian komunikasi interpersonal kamu dapat lebih memahami tujuan dan manfaat dari Kenapa kita sebagai makhluk sosial memerlukan komunikasi untuk bertahan hidup.

Untuk itu mari kita simak sama – sama materinya

Pengertian Komunikasi Interpersonal.

Pengertian Komunikasi Interpersonal
sumber : freepik.com

Komunikasi Antarpribadi atau Komunikasi Interpersonal secara sederhana adalah pertukaran informasi antara dua orang atau lebih. 

Menurut Agus M. Hardjana (2003) Komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi adalah interaksi tatap muka antar dua atau beberapa orang, di mana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung, dan penerima dapat menanggapi secara langsung pula.

Menurut Judy C. Pearson (2011) Komunikasi interpersonal adalah proses yang menggunakan pesan-pesan untuk mencapai kesamaan makna antara-paling tidak-antara dua orang dalam sebuah situasi yang memungkinkan adanya kesempatan yang sama bagi pembicara dan pendengar.

Menurut Dean Barnlund (1962) Perilaku dan situasi sosial yang melakukan interaksi terfokus lewat pertukaran isyarat verbal dan nonverbal yang saling berbalasan antar dua orang atau lebih.

Menurut Arni Muhammad (2005) adalah proses pertukaran informasi di antara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui timbal baliknya.

Menurut Cangara (2005) menyatakan bahwa komunikasi interpersonal sangat penting untuk meningkatkan hubungan antar individu, menghindari dan mengatasi konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian, berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain, mengendalikan perilaku, memberi motivasi, sebagai pernyataan emosi, dan memberikan suatu informasi.

Sedangkan menurut Ronald B. Adler (2009) Komunikasi interpersonal adalah semua komunikasi antara dua orang atau secara kontekstual komunikasi interpersonal.

Dalam komunikasi interpersonal, setiap partisipan menggunakan semua elemen dari proses komunikasinya dengan cara verbal dan nonverbal agar mencapai tujuan komunikasi.

Baca juga : Pengertian Komunikasi

Tujuan Komunikasi Interpersonal.

Komunikasi Antarpribadi
Sumber : freepik.com

Saat kita melakukan komunikasi interpersonal kita memiliki beberapa tujuan tertentu seperti :

  • Untuk menyampaikan informasi
  • Untuk berbagi pengalaman
  • Untuk mengembangkan simpati
  • Untuk melakukan kerja sama
  • Untuk mengembangkan motivasi
  • Untuk mengungkapkan isi hati atau ide
  • Untuk memahami orang lain dan lain sebagainya

Baca juga : Komunikasi Intrapersonal

Komponen – Komponen Komunikasi Interpersonal

Komunikasi
Sumber : freepik.com

Ada beberapa komponen tentang komunikasi interpersonal yang perlu kamu tahu, diantaranya :

  • Komunikator (Pemberi Pesan), Komunikator berguna sebagai pemberi informasi, gagasan, dan perasaan yang ingin mereka sampaikan kepada orang lain.
  • Pesan (Message) Pesan merupakan ide-ide dan perasaan yang dibagi antara pengirim dan penerima.
  • Umpan Balik (Feedback) dalam komunikasi interpersonal Umpan Balik merupakan respon yang diberikan oleh penerima dan pemberi pesan dalam sebuah peristiwa komunikasi.
  • Komunikan (Penerima Pesan) dalam Komunikasi Interpersonal Komunikan menerima pesan dari pemberi pesan.
  • Encoding-Decoding, encoding adalah tindakan memproduksi pesan seperti menulis dan berbicara. Sementara itu, yang dimaksud dengan decoding adalah tindakan memahami pesan seperti mendengar atau membaca.
  • Media (Channel), media adalah saluran penghubung antara Komunikator dan komunikan.
  • Gangguan (Noise), Gangguan adalah segala sesuatu yang mengganggu komunikasi, termasuk sikap dan emosi penerima dan pemberi pesan.
  • Konteks (Context), keadaan ataupun suatu Kondisi yang tengah terjadi hingga mempengaruhi isi pesan.
  • Etika ( Ethics) Etika dalam komunikasi mempertimbangkan dan memperhatikan tingkan laku manusia dalam mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan moral.

Baca juga : Interaksi sosial

Klasifikasi Komunikasi Interpersonal

Dalam pengerjaannya Komunikasi Interpersonal bisa kita klasifikasi. Bahkan Menurut Muhammad (2004) klasifikasi komunikasi interpersonal bisa di kembangkan menjadi interaksi intim, percakapan sosial, interogasi ataupun pemeriksaan serta wawancara.

Interaksi Intim

Interaksi intim terjadi pada manusia yang sudah saling mengenal sejak lama seperti yang terjadi pada teman baik, saudara, keluarga dan lain lain.

Percakapan Sosial

Percakapan sosial merupakan interaksi sederhana yang terjadi antara seseorang. Yang sangat berguna dalam pembangunan hubungan.

Interogasi atau Pemeriksaan

interaksi antara seseorang yang ada dalam sebuah kontrol, yang biasanya digunakan untuk meminta atau bahkan juga menuntut informasi.

Wawancara

Merupakan sebuah Interaksi formal diantara dua orang yang berupa dua orang terlibat dalam percakapan yang berupa tanya jawab.

Dan itulah kawan materi tentang pengertian Komunikasi Interpersonal, semoga bermanfaat dan informasi ini bermanfaat untuk semuanya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com