Pengertian Kritik adalah…-Struktur dan Jenis – Jenis Kritik

Halo sobat, hari ini kita akan belajar mengenai pengertian kritik adalah… karena kata kritik sendiri sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu dalam bermasyarakat, politik ataupun di media sosial.

Dan dari banyaknya kata kritik di lontarkan dalam kehidupan kita sehari – hari, banyak dari kita yang tidak dapat membedakan antara apa itu apresiasi, kritik dan hujatan. Wajar sih, mengingat ada garis tipis diantara mereka.

Apalagi mengingat ada undangan – undang ITE yang dapat menjerat kita dalam jebakan hukum jika kita tak dapat membedakan antara Kritik dan hujatan. Tapi tak usah risau.

Kami telah menyiapkan materinya untuk kamu, agar kamu dapat memahami kritik adalah…

Pengertian Kritik adalah, Struktur dan Jenisnya

Pengertian Kritik

sumber : annamasonart.com

Kritik adalah sebuah metode tertulis ataupun lisan untuk menemukan sebuah kesalahan dan kekurangan yang dimiliki untuk memperluas pemahaman ataupun untuk memperbaiki sesuatu.

Istilah kritik sendiri berasal dari bahasa Prancis yaitu critique yang artinya kritis yang bersumber dari bahasa Yunani Kuno κριτική ( kritikē ), yang berarti “kemampuan menilai”, atau, menghakimi nilai orang dan benda. Dalam bahasa Yunani pula orang yang memberi kritik disebut krites yang sekarang disebut sebagai Kritikus.

Kritikus modern mencakup kaum profesional atau amatir yang secara teratur memberikan pendapat atau menginterpretasikan sebuah karya orang lain dan, biasanya, menerbitkan pengamatan mereka, sering di jurnal ilmiah ataupun dalam hanya sekedar melalui video YouTube ataupun tweet di Twitter.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Kritik adalah kecaman atau tanggapan, yang seringkali disertai uraian dan pertimbangan baik ataupun buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

Apresiasi dan Hujatan

Sedangkan pengertian Apresiasi adalah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan menghargai suatu karya.

Hujatan adalah suatu proses mencela, memfitnah ataupun mencaci yang bertujuan untuk menyerang dan menjatuhkan orang, karya ataupun kebijakan.

Dari dua penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan sendiri perbedaan antara kritik, apresiasi dan hujatan.

Baca juga : Pengertian Pantun

Fungsi Kritik.

Sumber ; nospensees.fr
  • Evaluasi terhadap individu ataupun Karya
  • Meningkatkan Prestise sebuah karya atau individu.
  • Media promosi sebuah karya
  • Untuk menunjang ilmu pengetahuan.

Penulisan Kritik.

Nah sobat dalam penulisan kritik kita di tuntut untuk mengikuti beberapa langkah agar kita dapat lebih objektif dalam memberikan kritik yaitu :

Mendeskripsikan

Dalam penulisan Kritik Deskripsi adalah tahapan menemukan, mencatat dan mendeskripsikan segala sesuatu yang dilihat apa adanya tanpa berusaha melakukan analisis ataupun mencoba untuk mengambil kesimpulan.

Menganalisis.

Analisis adalah Tahapan dalam kritik untuk menelusuri sebuah karya ataupun kebijakan berdasarkan struktur formal ataupun unsur – unsur pembentuknya.

Menafsirkan.

Menafsirkan adalah tahapan dalam kritik dimana kamu harus menginterpretasikan atau menafsirkan makna meliputi tema yang digarap, tema yang coba dimunculkan ataupun masalah – masalah yang dikedepankan.

Evaluasi

Evaluasi ataupun Tahap Penilaian secara kritis adalah tahapan kritik dimana kamu menilai sebuah karya untuk menentukan kualitas sebuah karya.

Dalam penulisan proses Evaluasi atau penilaian kritis sebuah karya dapat dilakukan sebagai berikut

  • Membandingkan sebanyak-banyaknya karya yang akan kamu nilai dengan karya sejenis
  • Menetapkan tujuan dan fungsi karya yang ingin kamu kritisi
  • Menetapkan sejauh mana karya berbeda dengan dari karya sebelumnya.
  • menelaah karya yang dimaksud dari segi kebutuhan khusus dan hal yang melatarbelakanginya.

Baca Juga : Teks Deskripsi

Struktur Kritik.

sumber : espresso-job.com

Nah sobat penulisan umum, struktur kritik adalah sebagai berikut:

  • Tesis: pernyataan pendapat, tanggapan, atau komentar atas suatu hal bisa berupa individu, karya atau pun masalah. Komentar tersebut akan berkaitan dengan teori yang akan diperkuat pada bagian argumen. Kritikus dapat menyampaikan sudut pandang tentang masalah dan karya yang dibahas.
  • Argumentasi: sebuah bukti atau alasan pendukung yang ditulis untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumentasi dapat berupa pertanyaan umum/data hasil analisis, teori, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.
  • Penegasan ulang: Pengulangan kembali tanggapan terhadap suatu masalah, karya atau subjek. Tanggapan tersebut dapat berupa pujian, penilaian baik buruk, koreksi, atau saran

Baca juga : Teks Debat

Jenis Kritik

Ada banyak jenis kritik . Tapi kita dapat dapat kita bedakan berdasarkan beberapa cara diantaranya :

Jenis Kritik Berdasarkan Bentuknya

  • Kritik teoretis berkaitan gagasan, termasuk gagasan yang menjadi dasar sebuah karya, praktik ataupun kebijakan. Ini berkaitan dengan koherensi atau kebermaknaan suatu teori validitas tujuannya, dan batasan sudut pandang yang coba ditawarkannya.
  • Kritik Praktik adalah jenis penilaian tentang apakah sebuah karya dapat “bekerja atau tidak bekerja” dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Kritik Berdasarkan Asalnya

  • Kritik akademik: adalah kritik yang tunduk pada peraturan penulisan baku dan mencoba untuk mematuhi kaidah penulisan yang ketat. Kritik macam ini berfokus pada hal akademik.
  • Kritik non akademik: tidak terlalu terikat pada kaidah penulisan, namun tetap baku. Bisanya kritik ini lebih bersifat umum dan universal.

Jenis Kritik Berdasarkan Tujuannya

  • Kritik pemaknaan: kritik yang bertujuan untuk pemahaman makna dengan menganalisis, mengidentifikasi, dan mengevaluasi.
  • Kritik judicial: kritik ini ditulis dengan dasar pemikiran bahwa kritik ditujukan sebagai dasar dalam sebuah keadilan.
  • Kritik Induktif: kritik yang mengurai karya berdasarkan fenomena – fenomena yang ada secara objektif.
  • Kritik penilaian: kritik yang bertujuan menimbang baik buruknya suatu hal dengan mencari dan menentukan nilai.
  • Kritik destruktif, kritik ini terdengar sangat negatif dan hanya bertujuan untuk menghancurkan sasaran kritik.
  • Kritik konstruktif bertujuan untuk menunjukkan bahwa maksud atau tujuan dari kritik digunakan untuk memberikan masukan membangun untuk memperbaiki sebuah karya atau kebijakan.

Jenis Kritik Berdasarkan Orientasinya

  • Kritik Objektif: kritik yang memandang sebuah karya sastra sebagai sesuatu yang mandiri, bebas dan otonom dari hal yang melatar belakanginya seperti pengarang, pembaca ataupun dunia di sekelilingnya.
  • Kritik Mimetik: kritik yang memandang karya sastra sebagai tiruan, representasi alam maupun kehidupan ataupun cerminan yang ada di masyarakat.
  • Kritik Pragmatik: kritik yang memandang karya sebagai sarana untuk membangkitkan sesuatu efek tertentu terhadap pembaca, penikmat dan lainnya. Kritik ini lebih cenderung menilai karya berdasarkan efeknya dari pada karya itu sendiri.
  • Kritik Ekspresif: kritik yang memandang karya sastra sebagai luapan atau ungkapan perasaan dari seniman itu sendiri.

Jenis Kritik Berdasarkan Target.

  • Kritik Pribadi adalah Kritik yang diungkap kritikus secara pribadi kepada seseorang.
  • Kritik Publik adalah Kritik yang diungkap kepada publik dengan tujuan mendapatkan perhatian media massa dan masyarakat.

Kritik lainnya

  • Kritik populer (popular criticism) kritik yang ditujukan untuk konsumsi massa atau umum. Tanggapan yang disampaikan biasanya bersifat umum, lebih pada pengenalan atau publikasi sebuah karya kepada masyarakat luas.
  • Kritik jurnalistic (journalism criticism) kritik yang penulisannya secara terbuka melalui media massa dan penulisannya merujuk ke dalam kaidah jurnalistik.
  • Kritik keilmuan (scholarly criticism) bersifat akademis yang biasanya berwawasan pengetahuan, kemampuan dan kepekaan yang tinggi dalam menilai atau menanggapi sebuah karya seni dan biasanya berdasarkan teori – teori tertentu.
  • Kritik pendidikan (pedagogical criticism)Kritik pendidikan bertujuan mengangkat atau meningkatkan kualitas karya berdasarkan pendidikan.

Baca juga : menulis Esai

Dan itulah kawan materi Pengertian kritik adalah… Semoga dengan mempelajari kritik adalah… Kamu jadi lebih mengerti bagaimana cara penyampaian dan penulisan kritik yang benar.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version