Pengertian Sedimentasi, 3 Jenis dan Penyebabnya di Alam

Halo sobat, Hari ini kita akan membahas tentang Pengertian Sedimentasi adalah, dan jenis – jenisnya yang terjadi di alam kita.

Tahukah kamu jika di alam terdapat sebuah proses yang disebut sedimentasi ? sedimentasi biasa terjadi di media air, gletser atau es di sebuah cekungan. tapi tahukan kamu kawan, apakah pengertian sedimentasi, jenisnya dan apa saja penyebabnya ?

Nah untuk tahu lebih banyak tentang pengertian sedimentasi, proses terjadinya dan apa saja jenisnya, mari kita lihat materi berikut ini yuk!

Pengertian Sedimentasi

Sedimentasi

Sedimentasi adalah Proses pengendapan material yang di pindahkan atau pun ke suatu tempat. Bahan yang terendap tersebut dapat disebabkan oleh banyak kondisi, misalnya Material yang terbawa berasal dari pengikisan atau pelapukan yang terbawa angin, terbawa aliran air, atau terbawa oleh gletser yang mencair. Proses pengendapan material dalam waktu lama dapat menyebabkan terbentuknya batuan sedimen.

Menurut Foster dan Meyer (1977) berpendapat bahwa erosi sebagai penyebab timbulnya sedimentasi yang disebabkan oleh air terutama meliputi proses pelepasan (detachment), penghanyutan (transportation),dan pengendapan (depotition) dari partikel-partikel tanah yang terjadi akibat tumbukan air hujan dan aliran air.

Jadi bisa dikatakan jika Sedimentasi merupakan suatu peristiwa masuknya muatan sedimen ke dalam suatu lingkungan perairan tertentu melalui media air dan diendapkan di dalam lingkungan tersebut. Terjadinya proses sedimentasi pada suatu kawasan dikarenakan cukup besarnya energi yang ditimbulkan oleh gelombang air.

Baca juga : Pengertian Ekosistem

Pengertian Pelapukan, Siltasi dan Erosi

Siltasi

Keberadaan sedimen dalam batas tertentu merupakan bagian dari dinamika keseimbangan alami dari sebuah sungai ataupun danau. Tapi peningkatan Volume transportasi sedimen yang banyak dan tidak diinginkan di sebut dengan siltasi atau siltation dan ini adalah salah satu penyebab terjadinya polusi di berbagai sumber air di dunia.

Erosi

Erosi adalah proses pengikisan dan pemindahan material tanah atau batuan oleh tenaga alam.  Proses terjadinya erosi dipengaruhi oleh faktor jenis erosi, intensitas, dan kecepatan dari tenaga pengangkut.

Pelapukan

Pelapukan merupakan proses hancurnya material batuan keras menjadi tanah.

Jenis Sedimentasi Berdasarkan Penyebabnya

berdasarkan penyebabnya, sedimentasi dapat diklasifikasikan ke dalam 3 jenis, yaitu

  • sedimentasi akuatis,
  • sedimentasi aeoris,
  • sedimentasi Gletser.

Sedimentasi Akuatis

Sedimentasi air (Sumber : robertmclachlan.com)

Sedimentasi akuatis disebut juga sebagai sedimentasi air. kenapa demikian karena sedimentasi akuatis adalah pengendapan materi yang terbawa oleh air. Sedimentasi akuatis biasanya terjadi di dataran rendah dan aliran sungai.

Sedimentasi aquatis sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Sedimentasi Fluvial dan Sedimentasi Marine.

Sedimentasi Fluvial

sumber : researchgate.com

Pengertian Sedimentasi Fluvial adalah sedimentasi yang dilakukan oleh air sungai. Sedimentasi air sungai ini biasanya terjadi di dataran rendah akibat dari sifat air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah.

Hasil dari sedimentasi Fluvial ada lima 5 bentuk sobat yaitu:

  • Delta sungai
  • bantaran sungai
  • meander (aliran sungai yang berkelok – kelok)
  • danau tapal kuda atau danau kali mati.
  • Alluvial atau Kipas Alluvial , sungai yang mengalami perubahan arus secara cepat.

Sedimentasi Marine (Laut)

Sumber : slideshare.net

Sedimentasi marine atau sedimentasi air laut merupakan proses sedimentasi yang materialnya diangkut oleh air laut kemudian diendapkan kembali di pantai.

Hasil dari sedimentasi Marine antara lain :

  • Spit, dataran panjang di sekitar pantai.
  • Tombolo, jembatan alami penghubung pulau besar dengan pulau kecil di dekatnya.
  • Penghalang pantai, tanggul alami yang terbentuk akibat sedimentasi.
  • Gosong, dataran kecil yang terbentuk di tengah-tengah laut.
  • Nehrung, bukit pasir yang berada di sekitar pantai.

Sedimentasi Aeolian

Sumber : factmonster.com

Sedimentasi Aeolian disebut juga sebagai sedimentasi angin, kenapa? karena sedimentasi ini terjadi karena angin membawa material yang akan mengalami pengendapan. Biasanya materi endapan yang dibawa angin tersebut adalah material pasir.

Hasil dari sedimentasi Aeris antara lain :

  • Sand Dune (Gumuk Pasir)
  • Bukit Pasir

Sedimentasi Gletser

Sumber : sciencefoto.com

Sedimentasi Gletser adalah proses sedimentasi yang materialnya diangkut oleh aliran es atau gletser yang telah mencair. Sedimen ini terjadi akibat adanya batu kerikil, pasir dan materi lainnya yang terbawa oleh es dan mengendap.

Hasil dari Sedimentasi Gletser antara lain :

  • Moraine, tumpukan dari kerikil dan batu
  • Kettle, lubang hasil pergeseran gletser
  • drumline, bukit kecil
  • Oscar, Dataran tinggi dari es

Baca juga : Tata Surya dan Isinya

Dan itulah penjelasan tentang sedimentasi, jenis dan penyebabnya. semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa di materi menarik lainnya.

Sumber :

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version