Pengertian Teks Deskripsi -Struktur, dan Contoh yang Wajib Kamu Tahu!

Hai sobat, kalian pasti pernah membaca tulisan yang menggambarkan tempat secara mendetail bukan ?, nah, yang kalian baca itu adalah Teks Deskripsi. Tapi tahukah kamu pengertian Teks Deskripsi itu?

Mari kita cari tahu sama – sama.

Pengertian Teks Deskripsi

pengertian Teks Deskripsi sendiri Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah sebuah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Jadi teks deskripsi adalah teks yang menjelaskan suasana keadaan atau objek dengan kata – kata yang jelas Jadi, pembaca seolah-olah merasakan apa yang ditulis atau dideskripsikan penulis.

Tujuan Teks Deskripsi

Menurut Felicia Utorodewo (2007), tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan panca indra dalam proses penguraiannya

Jadi bisa dibilang jika Tujuan teks deskripsi ialah untuk menggambarkan objek dengan memerinci secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Struktur Teks Deskripsi

  • Judul, penggambaran isi teks.
  • Identifikasi/Penyataan Umum, berisi gambaran umum sebuah objek.
  • Deskripsi Bagian, gambaran lebih lanjut dari deskripsi umum secara jelas dan terperinci untuk memberikan efek emosional pada pembaca.
  • Penutup/ Kesan, berisi kesan dari penulis.

Ciri – ciri Teks Deskripsi

  • Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek ataupun peristiwa.
  • Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik dituliskan secara detail atau terperinci sehingga pembacanya mengerti secara jelas apa yang digambarkan di dalam teks.
  • Pembaca seolah-olah merasakan, melihat, mendengarkan, atau mengalami langsung apa yang disajikan di dalam teks.
  • Menjelaskan objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri fisik maupun psikis objek secara detail.

Baca juga : Teks Eksposisi

Kaidah Teks Deskripsi

  • Menggunakan majas untuk melukiskan secara kongkrit.
  • Menggunakan Kalimat rincian.
  • Menggunakan bahasa yang membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan hal yang di deskripsikan.
  • menggunakan kata ganti orang.

Jenis – Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi eksplanatori

Teks eksplanatori merupakan teks yang bertujuan memberikan identifikasi atau informasi obyek dan menciptakan agar pembaca dapat mengenalinya bila bertemu dengan obyek tersebut. Biasanya teks ini tanpa tambahan opini dari penulis.

Teks Deskripsi Sugestif

Teks deskripsi sugestif adalah teks yang berusaha untuk menciptakan suatu pengkhayalan terhadap obyek melalui imajinasi para pembaca.

Rangkaian kata-kata yang dipilih oleh penulis menggambarkan ciri, sifat, atau watak obyek tersebut diciptkan sugesti tertentu pada pembaca.

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Eksplanatori :

Sumber : sindonews.com
  • Kelas X

Ruangan kelas X terletak di lantai satu. Ruang itu terletak disebelah laboratorium. Ketika memasuki ruang kelas X, kita akan melihat kursi-kursi dan meja-meja yang berjajar rapi.

Ada lampu di langit-langit ruang kelas. jendela-jendala kecil di samping kanan dan kiri.

Di sudut ruangan itu terdapat sebuah lemari kayu berisi buku-buku, beberapa tumpukan kertas, dan alat solat untuk para siswa.

Di depan lemari kayu ada meja guru. Meja guru ditutupi taplak batik berwarna merah dengan sebuah vas yang berisi beberapa bunga.

Teks Deskripsi Sugestif

  • Pantai Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian salah satu objek wisata alam di Atambua, NTT. Saya yakin jika kamu mengunjungi objek wisata ini Anda akan sangat takjub melihatnya.

Pantai yang berada di Ponu, Kabupaten Timor Tengah Utara ini sangatlah indah. Pantai Tanjung Bastian bersih dan sepi wisatawan.

Pantai ini tidak terlihat langsung dari jalan, melainkan kita mesti masuk sedikit di balik perbukitan cantik yang sepi.

Lokasi pantai ini jadi satu dengan jalur pacuan kuda.

Contoh 3 :

sumber : pikiran-rakyat.com

Sungai di dekat rumahku tidak seindah dulu. Saat awal tahun 2000, masih ada sampan atau rakit yang dipakai menyebrang sungai. Airnya jernih. Orang-orang sering berwisata di pinggir sungai. Mulai dari memancing, bermain air, atau sekedar duduk-duduk menikmati sore hari. Kini kondisi sungai sudah berubah. Airnya berwarna coklat, banyak sampah, dan tidak ada lagi sampan atau rakit.

Akan tetapi beberapa tahun belakangan ini air sungai sudah tak jernih lagi. Tak hanya keruh dan berwarna coklat bahkan hitam, air sungai juga kerap kali berbau tak sedap. Berubahnya warna dan bau air sungai karena masuknya polutan atau zat- zat kimia itulah yang disebut dengan pencemaran air sungai . Tak sedikit limbah industri yang dibuang di sungai. Masyarakat yang tak memiliki kesadaran menjaga kelestarian lingkungan juga sering membuang sampah di sungai. Sungai sudah menjadi tempat sampah raksasa. Itu membuat hatiku sedih.

Dan itulah Pengertian Teks Deskripsi, semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version