Periodisasi adalah – 3 Contoh Periodisasi

Halo sobat kali ini saya akan membahas tentang Periodesasi adalah dan Contoh Periodisasi dalam ilmu sejarah. Pembelajaran sejarah biasanya akan membahas tentang waktu yang menghasilkan pembagian zaman, periode, babakan waktu atau masa.

Periodisasi adalah.

Periodisasi adalah

Periodisasi adalah pengelompokan masa-masa sejarah ke dalam periode tertentu berdasarkan karakteristik umumnya seperti perubahan sosial, politik, budaya, dan ekonomi yang signifikan dalam periode waktu tersebut.

Periodisasi sejarah dapat membantu dalam memahami sejarah suatu peradaban atau masyarakat, serta memberikan kerangka waktu yang jelas bagi para sejarawan dan peneliti untuk mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.

Setiap negara atau wilayah memiliki periodisasi yang berbeda-beda, tergantung pada konteks sejarah dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di masa lalu.

Peristiwa-peristiwa masa lampau yang begitu banyak dibagi-bagi dan dikelompokkan menurut sifat, unit, atau bentuk sehingga membentuk satu kesatuan waktu tertentu.

Periodisasi adalah juga pembagian babakan waktu merupakan inti cerita dalam sebuah sejarah hingga dapat dibaca secara kronologi.

Tujuan Periodisasi.

Adapun tujuan dari Periodisasi adalah sebagai berikut :

Melakukan penyederhanaan.

Periodisasi adalah sebuah usaha untuk melakukan penyederhanaan. Begitu banyaknya peristiwa-peristiwa sejarah yang beraneka ragam disusun menjadi sederhana, sehingga dapat diambil ikhtisar atau kesimpulan yang mudah dimengerti.

Memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah.

Klasifikasi dalam ilmu sejarah meletakkan dasar babakan waktu. Masa lalu yang tidak terbatas peristiwa dan waktunya dipastikan isi, bentuk, dan waktunya menjadi bagian-bagian kronologi waktu.

Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis.

Menguraikan peristiwa sejarah secara kronologis akan memudahkan orang untuk melihat secara garis besar sebuah sejarah.

Memudahkan pengertian.

Gambaran peristiwa-peristiwa masa lampau yang sedemikian banyak itu dikelompokkan, disederhanakan, dan dirangkum menjadi satu tatanan (orde), sehingga memudahkan menarik kesimpulan dan pengertian.

Untuk memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan.

Semua peristiwa masa lampau itu setelah dikelompokkan antara motivasi dan pengaruh peristiwa itu kemudian disusun secara sistematis.

Kronologi adalah

Kronologi adalah
Contoh Kronologi sederhana

Kronologi adalah susunan kejadian atau peristiwa dalam urutan waktu tertentu, biasanya mulai dari yang terjadi paling awal hingga yang terjadi paling akhir.

Kronologi sering digunakan dalam bidang sejarah, sains, dan humaniora untuk memperlihatkan perkembangan suatu peristiwa atau fenomena dalam rentang waktu tertentu.

Contoh penggunaan kronologi adalah dalam menyusun catatan sejarah peristiwa penting dalam suatu negara atau menyusun catatan penelitian mengenai evolusi spesies dalam rentang waktu yang panjang.

3 Contoh Periodisasi.

images 2 1

Berikut ini adalah contoh periodesasi dalam Sejarah:

Kronologi berdirinya Negara Indonesia Sampai Reformasi

  1. 1908: Perserikatan Nasional Indonesia didirikan di Batavia, menjadi organisasi nasional pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia dari Belanda.
  2. 1928: Sumpah Pemuda diucapkan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober, yang menegaskan kesatuan nasional Indonesia dalam berbagai aspek seperti bahasa, agama, dan budaya.
  3. 1942-1945: Pendudukan Jepang di Indonesia selama Perang Dunia II, yang mengakibatkan jatuhnya kekuasaan kolonial Belanda dan pembentukan pemerintahan baru di Indonesia.
  4. 1945: Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus oleh Soekarno dan Mohammad Hatta, yang menyatakan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
  5. 1945-1949: Perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan pasukan Belanda yang mencoba merebut kembali kekuasaannya atas Indonesia.
  6. 1949: Persetujuan Roem-Royen ditandatangani antara Indonesia dan Belanda, yang mengakui kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat.
  7. 1950: UUD 1945 disahkan sebagai konstitusi negara Indonesia.
  8. 1950: UUD 1945 disahkan sebagai konstitusi negara Indonesia.
  9. 1957-1961: Konfrontasi Indonesia dengan Malaysia terjadi, yang dipicu oleh perbedaan pandangan antara kedua negara tentang status wilayah Kalimantan Utara dan Sabah.
  10. 1965: Kudeta militer terjadi di Indonesia yang dipimpin oleh G30S PKI, mengakhiri kekuasaan Soekarno dan membawa Soeharto ke tampuk kekuasaan.
  11. 1998: Reformasi dimulai di Indonesia setelah pengunduran diri Soeharto, yang membawa perubahan besar dalam tata kelola negara, termasuk pemilihan presiden langsung dan pelaksanaan otonomi daerah.

Contoh Periodesasi Sejarah Singkat Dunia.

  • Pra Sejarah
  • Proto History (Mula Sejarah)
  • Ancient History (Zaman Kuno)
  • Middle Age (Zaman Pertengahan)
  • The Early Modern Period (Permulaan Zaman Modern)
  • The Nineteenth (Abad ke – 19)
  • Two World War Period (Dua Perang Dunia)
  • The Post World War Period (Masa Sesudah Perang Dunia)
  • Cold War (Perang Dingin)
  • Fall of Uni Soviet dan Yugoslavia (Jatuhnya Uni Soviet dan Yugoslavia)
  • Krisis Ekonomi Dunia 1998
  • War Againts Terror ( Perang Melawan Terorisme)
  • Krisis Ekonomi 2008
  • Covids 19 Pandemik

Contoh Periodisasi Sejarah Cina.

  • Dinasti Shang : 1450 -1050 SM
  • Dinasti Chou : 1050 -247 SM
  • Dinasti Chin : 256 – 207 SM
  • Dinasti Han : 206 SM – 220 M
  • Dinasti Sui : 580 – 618 M
  • Dinasti Tang : 618 – 906 M
  • Dinasti Mongol : 1280 – 1369 M
  • Dinasti Ming : 1368 – 1644 M
  • Manchu : 1644 – 1911 M.
  • Republic of China (1912 – 1949)
  • Republik Rakyat Tiongkok (1949- Sekarang)

Contoh Periodesasi Zaman kuno.

rd0f372o73kznqg8reuc926eopwfgeb

Jadi, tujuan diadakannya periodisasi ialah untuk mengadakan tinjauan menyeluruh terhadap peristiwa-peristiwa dan saling hubungannya dengan berbagai aspeknya.

Pelaksanaan periodisasi yang paling mudah ialah dengan pembabakan yang disusun berdasarkan urutan abad.

Akan tetapi, periodisasi yang demikian mempunyai kelemahan tidak mengungkapkan corak yang khas zaman-zaman yang ditinjau

Baca juga : Merkantilisme adalah

Dan itulah kawan penjelasan mengenai Pengertian Periodesasi adalah dan Contoh Periodisasi, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di postingan berikutnya hanya di ilmusaku.com

Please follow and like us:
icon Follow en US
Pin Share
       
           

Penulis di ilmusaku.com dan juga seorang guru di sekolah menengah swasta di kota Bandung, yang mengajarkan pelajaran Seni, Sejarah Indonesia dan T.I.K