Plugin adalah – Pengertian dan 6 Jenis Plugin WordPress

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Plugin adalah – dan Jenis Plugin WordPress yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kecepatan, keamanan dan Keindahan website milikmu.

Dengan mencari dan memakai plugin yang tepat, kamu dapat membuat website milikmu jadi lebih nyaman untuk digunakan hingga dapat memperbanyak pengunjung yang datang ke website milikmu hingga kamu bisa mendapatkan untuk banyak, mau kan 🙂

Untuk itu, mari kita simak sama – sama Penjelasan materi mengenai plugin ini.

Plugin adalah – Pengertian dan Jenis Plugin WordPress

Pengertian Plugin Adalah

Sumber : freepik.com

Plugin adalah sebuah kode software yang dibuat untuk fungsi tertentu hingga kita dapat menjalankan fitur tambahan di aplikasi atau program tersebut. Kode software bisa kamu temukan di banyak program seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Browser, dan juga WordPress.

Plugin juga memiliki nama berbeda di setiap aplikasi atau program, karena di beberapa aplikasi plugin di sebut juga dengan sebutan addon ( Mozilla) atau Extension (Chrome)

Plugin sifatnya ekslusif dan hanya diciptakan untuk satu aplikasi saja. Misalnya, kamu tak bisa menginstal plugin dari WordPress di Mozilla Firefox.

Baca Juga : Jenis Aplikasi Pembersih Ram.

Plugin di WordPress

WordPress adalah adalah sistem manajemen konten (CMS) gratis dan sumber terbuka (Open Source) yang ditulis dalam PHP. WordPress adalah sistem CMS paling populer dan paling banyak digunakan di dunia.

Karena Sistem yang Open Source inilah yang memungkinkan banyak orang mengembangkan banyak pilihan Plugin yang bagus dan memiliki banyak sekali di WordPress.

Hingga ku tak perlu lagi pusing untuk belajar bahasa pengkodean untuk menambahkan berbagai macam fitur unggulan untuk website milikmu.

Plugin – Plugin ini memiliki berbagai keunggulan dan fitur untuk dapat meningkatkan kemampuan Website kita yang menggunakan WordPress.

Yang perlu Kamu lakukan hanya memasang plugin yang dibutuhkan dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh pengembang plugin tersebut.

Saat ini WordPress menyediakan setidaknya sekitar 58 Ribu pilihan plugin yang tersedia yang bisa kamu pilih untuk website wordpress milikmu, dan ada 6 Jenis plugin wordpress yang wajib kamu perhitungkan sebagai bagian website milikmu :

Plugin SEO

sumber : yoast.com

Sebagai pengembang website, kita semua tahu jika SEO ( Search engine Optimisation) adalah salah satu hal penting agar website yang kita buat dapat memiliki banyak pengunjung.

Dan tak semua orang memiliki kemampuan untuk memperbaiki SEOnya sendiri. Tapi tenang di WordPress terdapat banyak pilihan plugin SEO yang dapat memudahkan SEO mu.

Salah satunya adalah dengan mengunduh dan memasang plugin SEO seperti Yoast SEO dan Rank Math yang memiliki kemampuan untuk menganalisis SEO dari Artikel ataupun Page yang akan kamu rilis.

Rekomendasi Plugin SEO :

Plugin Keamanan.

Sumber : wordfence.com

WordPress sebagai sistem manajemen konten paling populer di dunia adalah salah satu tempat yang paling rentan terkena serangan hacker dan bots. Karena maya bukan tempat yang aman. Anda perlu melindungi website Anda dengan berbagai cara

Jadi kamu perlu Bantuan Plugin yang tepat untuk dapat menjaga keamanan Website milik kamu dari serangan yang tak bertanggung jawab.

Salah satu Plugin Keamanan yang paling populer adalah Sucuri yang dapat mengawasi Berbagai aktivitas mencurigakan dan memiliki antivirus dari serangan Malware.

Rekomendasi Plugin Keamanan.

Baca Juga : Konsol Terlaris Sepanjang masa.

Plugin Kecepatan Website / Cache

Sumber : createandcode.com

Kita tahu, jika salah satu faktor paling penting dalam menentukan peringkat website adalah kecepatan. Karena google sebagai sebuah mesin pencari selalu mementingkan performa sebuah website dari pada lainnya.

Jadi untuk meningkatkan kecepatan website wordpress milikmu, kamu memerlukan bantuan Plugin. Dan WP Rocket adalah salah satu jawaban untuk meningkatkan kecepatan website kamu dengan mudah.

Rekomendasi Plugin Kecepatan dan Cache

  • Flying Press ( Bayar)
  • Wp Rocket ( Gratis/Bayar)
  • Wp3 Total Cache ( Gratis)
  • WP Super Cache

Plugin Backup

Memiliki Cadangan atau Backup sangat lah penting untuk menjaga situs web kamu tetap aman. Karena kita tidak akan tahu kapan situs web kamu tiba mogok atau terserang Malware.

Terlepas seberapa besar ukuran bisnis kami, berinvestasi untuk plugin Backup di WordPress sangatlah layak untuk kamu lakukan, karena dengan memiliki cadangan kamu tak perlu membuang waktu kamu yang berharga untuk memulai dari awal.

Rekomendasi Plugin Backup :

Plugin Optimasi Gambar

Sumber : wordpress.org

Memiliki Gambar di website milikmu dapat meningkatkan pengalaman di situs pengunjung saat datang ke situs milik kamu, selain itu gambar dapat meningkatkan merek, dan memberikan aset tambahan untuk digunakan dalam promosi.

Namun, gambar berukuran besar dan lama munculnya gambar dapat meningkatkan kecepatan pemuatan halaman, yang berdampak negatif pada SEO kamu dan menyebabkan pengunjung website kamu frustrasi.

Jadi perlu kamu perlu plugin optimasi gambar seperti berikut ini :

Plugin Social Media

Selain mendapatkan trafik dari Google, kamu juga perlu mendatangkan trafik dari media sosial karena kebanyakan orang membagikan artikel melalui media sosial mereka.

Agar pembaca artikel bisa membagikan artikel yang telah kamu buat dengan dengan mudah, kami perlu memasang plugin social media. Seperti :

  • Smash Balloon
  • Social Widget
  • Sassy Share

Baca juga : Robot Teraneh di dunia

Dan Itulah Kawan Pengertian Plugin adalah – dan Jenis Plugin WordPress yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kepercayaan, kecepatan dan akses menuju ke website kamu.

Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version