Sejarah Komputer UNIVAC 1, Komputer Digital Komersial Pertama di Dunia

Halo sobat, Nama Komputer UNIVAC mungkin asing ditelinga kita yang hidup di awal abad ke-21. Tapi tahukah kamu jika komputer UNIVAC ini menjadi salah satu pelopor komputer komersial di dunia?

Dan tahukan kamu jika dulu komputer, berukuran raksasa dan hanya digunakan untuk keperluan Militer dan untuk meluncurkan Roket saja. Tapi untungnya itu tak berlangsung lama, komputer menjadi komersial dan umum dan bisa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Dan Komputer dengan nama “UNIVAC” ini menjadi salah satu pelopornya

Untuk tahu lebih jauh tentang UNIVAC mari kita simak bersama materinya

Apa itu Komputer UNIVAC ?

Sumber : Wikipedia

UNIVAC merupakan komputer digital pertama yang dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly pada 1948 dan tepat pada tanggal 14 Juni 1951, komputer UNIVAC 1 berhasil dijual.

Komputer ini pertama kali di buat atas pesanan dari Biro Sensus penduduk Amerika Serikat atau the U.S. Census Bureau untuk membantu pemerintah AS menghitung jumlah penduduk.

Dan akhirnya terjual pada Beberapa perusahaan lain yang mengaplikasikan teknologi komputer ini untuk perhitungan dan menyimpan data.

UNIVAC adalah Upgrade dari ENIAC komputer Raksasa generasi pertama

sumber : wikiwand.com

Sebelum mengembangkan dan menciptakan UNIVAC, J. Presper Eckert dan John Mauchly merupakan orang yang mengembangkan komputer ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) atau komputer generasi pertama yang bisa diberikan program yang dibuat selama masa perang dunia ke-II.

Baca juga : Pengertian Hardware dan Software.

ENIAC memiliki ukuran yang luar biasa besar. Bayangkan saja ukurannya sekitar 9 Meter dan memiliki 17 Ribu Vakum 70.000 resistor, 10.000 kapasitor, 6.000 sakelar, dan 1.500 relai, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dan Dengan berat mesin lebih dari 30 ton.

Dan alat sebesar itu hanya digunakan sebagai mesin perhitungan di Laboratorium Los Alamos pada Desember 1945

Sampai akhirnya mereka mendapatkan pesanan dari Badan Sensus Penduduk Amerika Serikat untuk menciptakan alat hitung untuk mereka.

Pada April 1946, dengan setoran pertama dari investor mereka (sekitar 300.000 dollar) untuk penelitian komputer jenis baru yang mereka namakan dengan nama UNIVAC (Universal Automatic Computer).

Tapi sayang perhitungan mereka meleset karena pengembangan UNIVAC ternyata membutuhkan biaya lebih besar dari yang mereka kira hingga mereka mengalami banyak kerugian yang mereka tanggung sendiri.

Baca Juga : Tower Listrik Tesla

Investor baru datang, dan Proyek Berjalan Kembali

Sumber : google.com

Saat mereka hampir putus asa, datanglah berita gembira jika perusahaan pisau ternama bernama Remington Rand, Inc, bersedia menyuntikan dana segar baru untuk penelitian mereka.

Hingga pada tahun 1950-an, Progam UNIVAC akhirnya rampung. UNIVAC 1 dirancang sebagai komputer pengolah data komersial, yang ditujukan untuk menggantikan mesin hitung lama yang dinilai kurang efisien dan berukuran Raksasa.

Alat ini mampu membaca 7.200 angka desimal per detik menjadikannya mesin bisnis tercepat yang pernah dibuat saat itu. Komputer ini juga hanya menggunakan 5.200 tabung vakum dengan hanya berat hingga 13 ton lebih kecil dari ENIAC.

UNIVAC akhirnya bisa dikenal secara nasional ketika berhasil memprediksi dengan tepat kemenangan telak Dwight D. Eisenhower atas lawannya Adlai Stevenson dalam pemilihan presiden meski hanya sebagian kecil suara yang masuk

Selain itu UNIVAC ini oleh Perusahaan Swasta untuk menghitung data daftar gaji perusahaan, catatan penjualan, analisis kinerja penjualan, dan bisnis perusahaan lainnya dikatakan UNIVAC dapat melakukan 90.000 transaksi per bulan.

Dari tahun 1951 hingga 1958, total 46 komputer UNIVAC, Sebuah Pencapaian luar biasa untuk Teknologi baru yang belum pernah digunakan sebagai kepentingan umum sebelumnya.

Meski akhirnya teknologi komputer digital UNIVAC dan komputer generasi pertama lainnya digantikan oleh komputer transistor pada akhir 1950-an, yang lebih kecil, menggunakan lebih sedikit daya, dan dapat melakukan hampir seribu kali lebih banyak operasi per detiknya.

Dan hingga sekarang, berkat Komputer UNIVAC ini, kemajuan teknologi komputer bisa dikembangkan dan menjadi jauh lebih cepat, lebih kecil dan lebih baik dari teknologi komputer sebelumnya.

Dan itulah kawan tentang komputer digital yang dijual komersial pertama ” UNIVAC”. Semoga informasi ini dapat menambahkan wawasan dan referensi kamu. Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version