Sejarah Organisasi Budi Utomo – Fakta dan Tujuan

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Organisasi Budi Utomo, mulai dari gagasan dan ide awal pendirian Boedi Oetomo hingga menjadi salah satu motor penggerak semangat kemerdekaan Indonesia.

Budi Utomo dianggap sebagai awal munculnya Organisasi kemerdekaan masyarakat Bumi Putra dalam bidang Pendidikan, Politik dan Masyarakat. Dimulai dari STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artse) menjadi organisasi besar.

Tapi apakah sebenarnya Budi Utomo ? apa tujuan didirikannya dan kenapa Pemerintah Kolonial Belanda membiarkan pendiriannya ? Mari kita simak sama – sama.

Sejarah Organisasi Budi Utomo – Fakta dan Tujuan

Awal Berdirinya Budi Utomo dan Dr Wahidin Sudirohusodo

Organisasi Budi Utomo
Sumber : kompas.com

Berdirinya Budi Utomo tak lepas dari sosok Dr Wahidin Sudirohusodo (1817 – 1917) seorang Priayi (ningrat) dan Juga Dokter lulusan Weltvreden (berubah menjadi STOVIA) yang sangat memikirkan tentang pendidikan para anak Bumi Poetra (Pribumi).

Sejak tahun 1901, Dr Wahidin telah menjadi direktur sebuah majalah bernama RetnoDhoemillah ( Retno yang berkilau) yang diterbitkan dalam bahasa Jawa dan Melayu. Dia juga membuat sebuah taman pendidikan bernama Studiefonds (Yayasan Beasiswa).

Pada akhir 1907, Dr Wahidin yang tengah rehat setelah melakukan perjalanan kampanye mencari beasiswa bagi anak-anak muda Bumiputera. Dia pun diundang oleh siswa STOVIA, Soetomo dan Soeradji, untuk berceramah di depan kampus mengenai pentingnya pendidikan sebagai kunci kemajuan.

Tanggal 20 Mei 1908 merupakan diadakannya Kongres pertama berdirinya Boedi Oetomo (BO) di Batavia atau Jakarta. Didalam kongres itu Dr Wahidin diangkat menjadi Ketua pertama.

Sebelum pertemuan besar organisasi pertama di Yogyakarta pada tanggal 3 – 5 Oktober 1908, di mana dia mengundurkan diri untuk memberikan jalan pada ketua yang lebih muda.

Keputusan Kongres pertama Budi Utomo

Selain itu keputusan Kongres pertama Budi Utomo itu antara lain :

  • BU tidak ikut dalam mengadakan kegiatan politik.
  • Kegiatan BU terutama ditujukan pada bidang pendidikan dan kebudayaan.
  • Ruang gerak BU terbatas pada daerah Jawa dan Madura.
  • Memilih R.T. Tirtokusumo, Bupati Karanganyar sebagai ketua.
  • Yogyakarta ditetapkan sebagai pusat organisasi.

Gerakan ini awalnya hanya di Jawa dan Madura dengan Keanggotaannya adalah elit kelas atas pribumi, pejabat pemerintah, dan intelektual, yang sebagian besar terbatas di Jawa dan Madura saat itu.

Baca juga : Sejarah VOC.

Arti Kata dari Budi Utomo.

images 10 min
Lambang Budi Utomo (Sumber : http://ikpni.or.id/post-kilas-sejarah/hari-kebangkitan-nasional-berdirinya-budi-utomo/)

Budi Utomo berasal dari dua kata bahasa Sanskerta, yaitu bodhi atau budhi berarti keterbukaan jika, pikiran, kesadaran, akal, atau pengadilan dan Utomo yang artinya utama.

Sikap Belanda Pada Budi Utomo

Berdasarkan Kebijakan Dutch Ethical Policy atau Politik Etis, yang berjalan selama empat dekade dari tahun 1901 sampai pendudukan Jepang tahun 1942. Belanda bertanggung jawab etis untuk kesejahteraan rakyat kolonial.

Politik Etis Belanda

Isi Politik Etis sendiri antara lain :

  • Irigasi (pengairan) yaitu pembangunan dan prasarana pengairan.
  • Imigrasi yaitu mengajak penduduk untuk transmigrasi.
  • Edukasi yaitu membangun sarana pendidikan dan pengajaran.

Dari kebijakan etis itupun hak rakyat Bumi Poetra untuk berorganisasi pun mulai digalakkan. Hingga Belanda bersikap toleran terhadap kebangkitan dan perkembangan pergerakan nasional, salah satunya Budi Utomo.

Pemerintah Hindia Belanda mengakui BU sebagai organisasi yang sah pada Desember 1909. Budi Utomo saat itu dianggap tidak memiliki daya tarik massa, karena awalnya berfokus pada pendidikan. Hingga akhirnya Beberapa cabang memperluas aktivitasnya menjadi perdagangan dan industri.

BU awalnya bersifat kooperatif terhadap pemerintah kolonial Belanda. BU juga tidak membedakan agama, keturunan, dan jenis kelamin.

Seperti Dr Tjipto Mangunkusumo yang mendirikan Indische Partij yang lebih “radikal” , memperluas cakupan masyarakat untuk mencakup lebih banyak kelas pekerja, dan juga seluruh Hindia Belanda di luar pulau Jawa dan Budi Oetomo sendiri berkembang menjadi sebuah organisasi Kepartaian Bumi Poetra Pertama.

Tujuan Didirikannya Budi Utomo.

images 112
Sumber : merdeka.com (Dr Wahidin Sudirohusodo)

Berikut ini adalah tujuan didirikannya Budi Utomo antara lain :

  • Memajukan pengajaran;
  • Memajukan pertanian, peternakan dan perdagangan;
  • Memajukan teknik dan industri
  • Menghidupkan kembali kebudayaan.
  • Menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat

Seperti yang kita tahu sebelumnya Budi Utomo awalnya sangat berfokus pada pendidikan dan bahkan melarang untuk ikut campur dengan politik. Tapi, kongres BU yang diselenggarakan pada 3-5 Oktober 1908, di Yoyakarta. mulai muncul keinginan perjuangan politik dalam menghadapi pemerintah kolonial dari golongan muda hingga terjadi beberapa keputusan politik yang dibuat oleh Budi Utomo antara lain :

  • Mendukung adanya gagasan wajib militer bagi bangsa pribumi.
  • Mengirim Komite Indie Weerbaar ke Belanda uintuk memperkuat pertahanan Hindia.
  • Anggota Budi Utomo diperbolehkan untuk ikut dalam Volksraad (Dewan Rakyat).
  • Membentuk Komite Nasional untuk menghadapi pemilihan Anggota Volksraad.

Kemunduran Budi Utomo

Sampai dengan akhir tahun 1909, telah berdiri 40 cabang BU dengan jumlah anggota mencapai 10.000 orang. Akan tetapi, dengan adanya kongres tersebut tampaknya terjadi pergeseran pimpinan dari generasi muda ke generasi tua.

Banyak anggota muda yang menyingkir dari barisan depan, dan anggota BU kebanyakan dari golongan priayi dan pegawai negeri.

Sambutan baik pemerintah Hindi Belanda (karena Politik Etis) menyebabkan BU sering dicurigai oleh kalangan bumiputera sebagai organisasi pemerintah. BU mulai kehilangan wibawanya pada tahun 1935, hingga akhirnya harus bergabung dengan organisasi lain menjadi Partai Indonesia Raya (Parindra).

Selain itu juga mulai bermunculan organisasi – organisasi kemerdekaan lain seperti Indische Partij, Sarekat Islam (SI) dan lain sebagainya.

Meski kehilangan Pengaruhnya, tapi warisan dan semangat Budi Utomo menjadi motor penggerak pergerakan nasional Indonesia

Baca juga : Pemerintahan Hindia Belanda di masa Daendels.

Dan itulah kawan materi kita tentang Organisasi Budi Utomo. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com