Sejarah YouTube, Video Streaming Terbesar

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang sejarah YouTube, sebuah platform video streaming terbesar dan paling populer di dunia. Sampai saat ini diperkirakan jika YouTube memiliki 2 Milyar lebih penggunaan aktif yang tersebar di seluruh dunia yang berarti 30% penduduk dunia (7 milyar pada 2020) menjadi pengguna YouTube.

Dari pertama kali kedatangannya pada tahun 2005, YouTube menggeser platform streaming video lain untuk menduduki kursi panas sebagai defacto ruler dari video streaming.

Bahkan YouTube juga melahirkan beberapa bintang – bintang internet terkenal seperti PewDiePie, Jake and Aaron Paul dan beberapa youtuber Indonesia terkenal (sebutan bagi kreator yang membuat karya di YouTube) seperti Raditya Dika, Deddy Corbuzier, hingga Atta Halilintar.

Tapi kamu sendiri, tahukan Tentang Sejarah YouTube? Dan juga apa sih YouTube itu mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

YouTube Adalah ?

Sejarah YouTube adalah
Sumber : youtube.com

YouTube adalah platform berbagi video atau streaming video dan media sosial populer asal Amerika Serikat yang dibuat dan diluncurkan oleh Steve Chen , Chad Hurley , dan Jawed Karim pada 14 Februari 2005 lalu.

Video streaming adalah media video yang dikirimkan dan dikonsumsi secara terus menerus dari suatu sumber, dengan sedikit atau tanpa penyimpanan perantara dan disimpan dan dikirimkan secara digital dalam jaringan.

Hingga Slogan awal YouTube adalah “Broadcast Yourself” dimana berfokus sebagai media sosial atau “Channels” dengan premis siapa pun dapat berbagi video dengan gratis.

Setelah diluncurkan, YouTube menjadi media sosial dan situs paling sering dikunjungi kedua di dunia setelah Google. Dan menurut fortunelord.com, hampir 5 milyar orang menonton YouTube setiap harinya!!

Baca juga : Sejarah Telepon.

Sejarah Youtube

Oppa Gangnam style
Oppa Gangnam style menjadi video pertama yang mencapai 1 milliar penonton di YouTube (Sumber : Republika.com)

YouTube didirikan pada 14 Februari (bertepatan dengan hari Valentine) pada tahun 2005. Itu adalah gagasan dari Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang semuanya adalah mantan karyawan Paypal.

Paypal adalah perusahaan digital yang dibuat untuk memudahkan sistem pembayaran online yang membuat pembelian dan pembayaran barang secara online dan pengiriman serta penerimaan uang menjadi aman dan terjamin. Paypal didirikan oleh Elon Musk sebelum ia jual eBay.

YouTube sendiri pertama kali di kantor darurat yang berada di dalam garasi, dimulai sebagai perusahaan yang didanai oleh Angel Investor malaikat seperti banyak platform lain (contohnya Facebook) di Silicon Valley.

Ide awalnya berasal dari kesulitan para pendiri dan penemunya untuk sebuah platform berbagi video di internet. Ide itu muncul saat mereka berkumpul pada tahun 2004 di sebuah pesta makan malam.

Dal Video pendek legendaris itu Karim bercerita tentang gajah dan belalainya dan mulai dari itulah perjalanan YouTube mulai.

Versi beta YouTube muncul di internet, dengan video pertama yang Kali diposting di YouTube berjudul ” Me at the Zoo” atau ” saya di Kebun Binatang” yang dibintangi oleh pendirinya yaitu Jawid Karim.

video pertama di YouTube

Video pertama yang mendapatkan satu juta penonton di YouTube adalah sebuah iklan Nike yang viral karena menggunakan pemain bola terbaik saat itu Ronaldinho pada September 2005. Selang beberapa lama kemudian, YouTube mendapatkan suntikan dana dari Sequoia Capitals sebesar 3,5 juta dolar, harga terbilang yang fantastis pada zamannya untuk bisnis yang baru saja dirintis.

Hingga akhirnya Pada Oktober 2006 perusahaan besar Google mengakuisisi YouTube dengan harga fantastis saat itu yaitu $1,65 miliar. Google menyebut YouTube sebagai , sebuah “langkah selanjutnya dalam evolusi Internet.” Itulah awal YouTube yang kita kenal sampai sekarang.

Siapa Pendiri YouTube

YouTube didirikan oleh 3 orang teman yang bekerja di Paypal yaitu :

  • Chad Hurley
  • Steven Shih Chen
  • Jawed Karim

Chad Hurley

Chad Hurley
Sumber : biography.com

Chad Meredith Hurley lahir 24 Januari 1977 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Dia sekolah desain grafis di Universitas of Pennsylvania sebelum bekerja di Paypal. Pada 16 Oktober 2006, Hurley menjual YouTube ke Google Inc. seharga $1,65 miliar.

Steven Shih Chen

Steven Shih Chen

Steven Shih Chen lahir tahun 1978 di Taipei, Taiwan. Keluarganya lalu berimigrasi ke AS ketika dia berusia delapan tahun. lalu Steve meninggalkan Akademi Matematika dan Sains Illinois sebelum lulus.

Dia kemudian kuliah di University of Illinois di Urbana-Champaign, di mana dia lulus pada tahun 2002 dengan gelar di bidang ilmu komputer. Dia kemudian akan bergabung dengan Paypal. Pada 2016, bersama Harvey, dia menjual sahamnya ke Google inc.

Jawed Karim

Jawed Karim
sumber : thequint.com

Jawed Karim adalah programmer Amerika Serikat keturunan Bangladesh – Jerman yang lahir pada 28 Oktober 1979. Dia adalah pendiri dan orang pertama yang mengupload video ke YouTube.

Sebelum mendirikan YouTube, Karim bekerja di PayPal bersama Steven Chen dan Chad Hurley. Berbeda dengan kedua temannya Karim bertugas di sebagai penasehat, karena lebih fokus kepada studinya.

Meski sahamnya lebih kecil dari kedua temannya dia juga mendapatkan keuntungan yang besar saat penjualan perusahaan ke Google Inc. Sampai saat ini dia sibuk bekerja sebagai penasehat dan pengajar.

Apa Pengaruh YouTube terhadap perkembangan Internet ?

YouTube sangat penting dalam perkembangan internet. Karena menjadi sebuah platform video streaming gratis dan situs paling banyak dikunjungi setelah google.

Selain itu, YouTube membuat orang – orang mulai memindahkan pandangan mereka dari televisi dan Radio konvensional, yang merubah industri kreatif hingga munculnya kreator – kreator seperti PewDiePie hingga Atta Halilintar. Itu membuat Televisi dan media konvensional memindahkan acara mereka ke YouTube sampai sekarang.

Baca juga : Apa sih komputer yang pertama kali dibuat ?.

Dan itulah kawan sejarah YouTube semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com