Seni Abstrak adalah – 5 Jenis, Ciri dan Contoh

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang seni abstrak adalah, pengertian, ciri dan contoh. Kita mungkin sering mendengar istilah Abstraksionisme yang sering muncul dalam berbagai pergelaran – pergelaran seni.

Biasanya jika mendengar abstrak art yang terbayang oleh pikiran kita adalah sebuah seni yang terlihat acak, liar dan penuh gairah tapi tetap terlihat indah di mata orang yang melihat.

Tapi meski begitu populer dan sering kali menjadi perbincangan di dunia seni, tetap saja tak semua orang memahami apa itu abstraksionisme dan ciri, contoh dan bagaimana cara memahaminya.

Untuk itu mari kita simak sama – sama penjelasan tentang, seni abstrak adalah dan berbagai ciri dan contohnya.

Pengertian Seni Abstrak Adalah

Sumber : Tate.org.uk

Seni Abstrak adalah sebuah aliran seni yang berusaha melepaskan diri dari sensasi-sensasi atau asosiasi figuratif suatu objek dan menggunakan berbagai bentuk, bentuk, warna dan garis untuk menciptakan komposisi yang mandiri dari contoh dan referensi lain di dunia.

Sedangkan abstrak artinya memisahkan atau menarik sesuatu dari sesuatu yang lain.

Menurut Theodor W. Adorno Abstrak adalah respons terhadap, dan cerminan dari hal – hal yang abstrak yang berkembang dan terjadi dari hubungan sosial dalam kehidupan masyarakat industri.

Abstrak art mencoba menangkap imajinasi terliar dari seniman untuk menunjukkan penyimpangan dalam mencari esensi bentuk objeknya sehingga bentuk dari wujudnya menjadi unik, berbeda dengan penggambaran dan citraan sebuah objek dalam dunia nyata.

Abstrak tidak berusaha untuk mewakili penggambaran yang akurat dari realitas visual tetapi menggunakan bentuk, warna, bentuk dan tanda gestural untuk mencapai efeknya.

Beberapa bahkan mengatakan bahwa abstraksi dimulai dengan lukisan gua dari ribuan tahun yang lalu, Seni Abstrak merupakan terobosan artistik dari cetakan tradisional, itu adalah fitur utama

Abstrak memiliki nama lain yaitu seni non-figuratif, seni non-objektif, dan seni non-representasional, yang memiliki kaitan yang erat satu sama lain tapi mungkin tidak memiliki arti yang sama.

Baca juga : Aliran Seni Impresionisme adalah

Ciri – Ciri Abstrak

Sebagai sebuah aliran dalam seni, abstrak memiliki ciri – ciri yang dapat kita gunakan untuk mengenali jenis seni abstrak itu sendiri.

Ciri Seni Abstrak adalah :

  • bentuk yang tidak ada di dunia nyata
  • bebas, tidak dibatasi, dan individual.
  • komposisi warna dan lebih banyak menggunakan cat air.
  • bersifat konseptual
  • Seni Non-Representasional;
  • Oposisi terhadap Model Renaisans dan Seni Figuratif yang mengharuskan memiliki bentuk.
  • Dan menonjolkan perpaduan warna dan bentuk.

Baca juga : Futurisme adalah

5 Jenis Seni Abstrak

Ada beberapa jenis abstrak diantaranya :

Abstraksionisme sensitif/ekspresif

Lukisan Franz Marc

Dalam Abstraksionisme sensitif, seniman menonjol ekspresi dan emosi dalam sebuah karya dengan tentu saja Warna dan bentuk dibuat dengan bebas. Gerakan ini pertama muncul di Jerman dengan nama yang disebut “ Der blaue Reiter ” atau ksatria Biru. Di pelopori oleh The Kandinsky dan Franz Marc.

Abstrak Curvilinear

Sumber : fineartamerica.com

Abstrak Curvilinear atau abstrak lengkung adalah memanfaatkan bentuk dan ruang lingkup tema desain seperti simpul, ikatan, pola jalinan, dan spiral. Diyakini terinspirasi dari seni bangsa Celtic.

Pola ‘Celtic’ ini kemudian muncul kembali sebagai komponen dekoratif dalam lukisan awal pada masa tercerahkan bangsa Celtic (c.600-1000 M).

Kemudian mereka kembali selama abad kesembilan belas (Abad 19) dalam Gerakan Kebangkitan Keltik (Celtic), dan gerakan Art Nouveau pada abad kedua puluh.

Terutama dalam sampul buku, bahan, dan struktur dengan karya William Morris (1834-96) dan Arthur Mackmurdo (1851-1942 ).

Abstrak Geometris

Contoh lukisan Abstrak Geometris

Abstrak geometris berkembang pesat sekitar tahun 1908. Mirip dengan Kubisme ekspositori: yang menolak sudut pandang lurus dan menambahkan kedalaman spasial dalam penciptaan artistik, untuk berkonsentrasi pada perspektif 2-D (2 Dimensi).

Selain itu Abstraksi geometris disebut juga Seni Beton dan Seni Non-Objektif. Hal ini disebabkan penggunaan bentuk-bentuk geometris dan dengan fitur yang lebih rasional dan keras dalam representasi yang terpengaruh oleh kubisme dan Futurisme.

Aliran Abstrak Geometri ini juga memiliki beberapa arus yang berbeda Diantaranya: Suprematisme; Konstruktivisme; Neoplastisisme atau De Stijl, Concretism, Neoconcretism.

Tachisme

Sumber : Tate.org.uk

Tachisme muncul pada periode pasca-Perang Dunia II, di Eropa, dengan maksud untuk mendobrak model seni sebelumnya. Nama gerakan ini berasal dari bahasa Prancis tache, yang berarti noda.

Dibentuk dengan bintik-bintik yang dibuat secara impulsif dan liar dengan semua kebebasan atau luapan emosional artis. Tachisme Lirikal menonjolkan cahaya, transparan dan spontan. Tachisme Dramatik menonjolkan nada yang gelap, serius, dan penuh gairah.

Seniman penting yang mewakili jenis aliran abstrak ini adalah Hans Hartung dan Jean Dubuffet.

Action Painting

lukisan Jackson Pollock (sumber : guardian.com)

Action Painting adalah improvisasi dan gestur dari ” “lukisan tetes” dengan menempatkan kanvas kamu di lantai, lalu kamu menuangkan cat di atasnya dari kaleng atau menyeretnya dengan kuas atau tongkat.

Pertama muncul di New York, pada tahun 1940-an dan terinspirasi oleh gaya lukis Surealisme. Pelukis yang mewakili aliran ini adalah Jackson Pollock.

Apa tujuan Karya abstrak.

Tujuan utama abstraksi dalam seni bukanlah untuk menceritakan sebuah cerita, tetapi untuk mendorong keterlibatan dan imajinasi dari seniman dan penikmat seni.

Bentuk seni ini memiliki tujuan utama untuk memberikan penikmat seni pengalaman yang subjektif meski tidak berwujud dan emosional, tergantung pada kepribadian dan suasana hati mereka saat pertama kali melihat karya itu.

Baca juga : Surealisme adalah.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang aliran abstrak semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di sini.

Sumber :

  • Tate.org.uk
About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version