Seni Tipografi Adalah – 5 Jenis Tipografi dan Contoh

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dari Seni Tipografi Adalah dan jenis, fungsi dan juga contohnya agar kita dapat memahami dan menguasai lebih dalam tentang ilmu desain komunikasi grafis yang satu ini.

Karena diakui atau tidak manusia tidak lepas dari penggunaan kata dan huruf dalam penyampaian informasi dan komunikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Media tulisan sangatlah efektif sebagai pengganti ucapan atau berita langsung yang dipakai sebagai komunikasi jarak jauh atau penegasan pesan yang ingin disampaikan.

Peran huruf sebagai penyampai pesan menjadi sangat penting dan diperlukan seperti penyampaian berita atau pesan secara visual, dan berbagai pesan atau iklan yang ada di media masa, Televisi maupun internet.

Nah, untuk itu tak ada salahnya bukan untuk kita memahami dan mempelajari Seni Tipografi Adalah ini ? Maka dari itu mari kita simak penjelasannya.

Pengertian Seni Tipografi Adalah

Seni Tipografi adalah

Seni Tipografi adalah seni memilih jenis huruf, dari ratusan jumlah rancangan atau desain huruf yang tersedia, menggabungkan beberapa jenis huruf yang berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan ruang yang tersedia, menandai naskah untuk proses typesetting, menggunakan ketebalan dan ukuran huruf yang berbeda.

Sebenarnya Kata tipografi sendiri berasal dari bahasa Inggris “typography” yang berarti seni cetak dan seni menata huruf. Selain itu kata Typography berakar dari bahasa Yunani yaitu typos (‘kesan’) dan graphia yang berarti ( ‘tulisan’). Istilah tipografi juga diterapkan pada gaya, susunan, dan tampilan huruf, angka, dan simbol.

Tipografi juga dapat merupakan suatu tanda yang menjadi simbol atau lambang bunyi, yang memiliki ataupun memiliki suatu pengertian tertentu melalui suatu konvensi umum dan diwariskan secara turun- temurun oleh masyarakat sebagai alat komunikasi Mereka dalam bentuk bahasa tulis.

Menurut Kamus Istilah Periklanan Indonesia, Tipografi sering digunakan dalam keperluan percetakan ataupun kegiatan promosi.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa Tipografi dapat dianggap sebagai bagian terpenting dari Sebuah desain apa pun. Dan menjadi elemen terpenting dari setiap proyek desain karena mencoba menyampaikan informasi dan Pesan kepada pembaca.

Meski begitu Tipografi juga dapat kamu gunakan sebagai perangkat hias dan seni dekoratif saja, dan tak perlu terkait dengan komunikasi informasi.

Baca juga : 5 Jenis Teknik Cetak

Fungsi Tipografi atau 4 Tugas Tipografi

Berdasarkan proses dan ilmu komunikasi dan informasi berikut ini adalah beberapa fungsi dan tujuan dari penggunaan Tipografi.

  • Proses penimbulan kesadaran.
  • Pemahaman tipografi. Ini berarti ketika pembaca akan mulai menyukai atau tidak menyukai sesuatu akan tetapi ataupun terbujuk untuk mempelajarinya.
  • Langkah keyakinan atau sikap, yaitu bagaimana agar pembaca dapat berorientasi tindakan yang melibatkan niatan untuk membacanya.
  • Tahap tindakan. Ketika masyarakat terbiasa dengan berita – berita yang diinformasikan pada media tertentu, lalu terdapat perbedaan dalam penampilan pada media yang dengan Tipografi berbeda, sehingga terjadi kesan menjadi sesuatu atau tindakan ataupun langkah baru dari yang telah yang diinformasikan oleh orang lain.

5 Jenis Tipografi

Setelah mengetahui definisi dan fungsi Tipografi mari kita simak 5 jenis Tipografi yang sering dipakai dan juga dapat kamu pakai untuk menarik perhatian publik.

Tipografi Serif

Serif 1
Times New Roman, salah satu jenis Serif

Serif adalah garis tipis yang ada pada ujung kaki atau lengan huruf. Jenis kelompok huruf Serif berarti kelompok huruf yang memiliki kaki dan lengan huruf. Ada kesan tersendiri jika membaca rangkaian huruf ini seperti ada kesan klasik dan luwes.

Gaya tipografi serif sendiri paling sering digunakan untuk badan dalam dokumen cetak, serta untuk body text dan headline sebuah berita online.

Jenis Huruf Serif

  • Serif Gaya Lama : Adobe Jenson, ITC Berkeley Oldstyle, dan Goudy Old Style
  • Serif Transisi : Times New Roman, Baskerville, dan Americana
  • Neoklasik & Didone : Didot, Marconi, dan Bodoni
  • Slab Serif : American Typewriter, Rockwell, dan Soho
  • Clarendon Serif : Bookman, Clarendon, dan Nimrod
  • Serif Glyphic : Albertus, Cartier Book, dan Friz Quadrata

Tipografi Sans Serif

Sans
Contoh huruf Sans

Sans Serif adalah huruf yang tidak mempunyai kaki dan lengan huruf (dimana dalam Serif terdapat kaki, ekor ataupun lengan dibelakang huruf) Perbedaan antara tebal dan tipisnya boleh dikatakan tidak ada. Kesan jenis huruf ini sangat sesuai untuk pekerjaan halus yang memberi kesan sederhana, simple namun tetap manis. Sering digunakan sehari-hari pada berbagai tampilan di layar termasuk dalam paragraf panjang.

4 jenis Tipografi Sans Serif

  • Grotesque : Venus, Monotype Grotesque, and News Gothic
  • Neo-Grotesque : Helvetica, San Francisco, and Roboto
  • Humanis : Tahoma, Verdana, Calibri, and Trebuchet
  • Geometri : Gotham, Avenir, and ITC Avant Garde

Tipografi Script

Script font
Contoh Tipografi Script

Jika dulu kamu sering mendapatkan tugas untuk menuliskan tulisan sambung, mungkin kamu sedang menuliskan jenis Tipografi yang berbentuk Skrip. Skrip bisa kita sebut sebagai bentuk tulisan sambung pada tulisan tangan, dan menawarkan bentuk huruf yang sangat lancar. Jenis script sering digunakan pada tulisan pendek hingga memberikan kesan. Contohnya dipakai dalam membuat judul sertifikat ataupun logo tempat makanan.

Tipografi Dekoratif / Tipografi Display

Contoh Tipografi Dekoratif atau Tipografi Display

Tipografi Dekoratif atau Tipografi Display adalah Jenis Tipografi yang banyak variasinya. Tipografi dekoratif ini digunakan untuk menghias dan mempercantik suatu hal dalm kebutuhan di dunia periklanan. Karakternya yaitu ukurannya yang besar.

Jenis Tipografi Dekoratif.

  • Font Disney,
  • Joker,
  • Magneto

Dingbat dan Tipografi Khusus

images
Contoh Dingbat

Jenis Tipografi yang terakhir adalah Dingbat atau Tipografi Khusus. Dingbats adalah tipografi yang berupa simbol dan ornamen. Beberapa simbol dingbat biasa digunakan sebagai tanda tangan, penjilidan buku dan bagian pinggiran buku. Wingding adalah Dingbat yang sering digunakan.

Baca juga : Seni Pop Art adalah..

Teknik Tipografi.

Agar Seni Tipografi kamu menarik, kamu dapat memilih beberapa teknik berikut untuk membuat Tipografi kamu lebih menarik.

Penonjolan Huruf Besar.

Pemakaian huruf besar dalam tampilan media komunikasi sering dilakukan dengan huruf besar (kapital) agar tampak jelas.

Penonjolan Huruf Kecil

Penampilan huruf kecil pada kata atau kalimat ini berlawanan dengan penonjolan huruf besar. Pemakaian huruf kecil diperlukan jika kata atau kalimat menggunakan huruf besar (kapital).

Simetris.

Pengaturan huruf dalam kalimat simetri dipakai suatu berita formal yang berkesan seimbang kanan dan kiri.Penampilan kalimat simetri yang kuat sering kali mengalahkan elemen yang lain seperti ilustrasi.

Line Animasi.

images 73 min
Sumber : webartdeveloper.com

Menggunakan garis untuk membentuk dan memperindah huruf yang diinginkan.

Shading Text.

images 1
Sumber : typekit.com

Menimbulkan efek bayangan kepada teks yang diinginkan.

Penonjolan Warna Huruf.

images 74 min
Sumber : pinterest.com

Fungsi penonjolan warna pada huruf prinsipnya sama, yaitu penghias dan penekanan suatu kata atau kalimat tertentu. Penonjolan huruf dengan cara membedakan warna dominan atau warna kontras perlu dilakukan guna mengarahkan pembaca pada pokok permasalahan yang ingin kita sampaikan.

Perbedaan Font dan Tipografi

Setelah kita mempelajari tentang Tipografi, mungkin muncul dalam benak kamu apa perbedaan antara Font (yang sering muncul dalam Microsoft word) dan Tipografi ?

Jadi Tipografi atau Tipetypes adalah gaya desain yang terdiri dari segudang karakter dengan berbagai ukuran dan berat, sedangkan font adalah representasi grafis dari karakter teks. Sederhananya, tipografi adalah keluarga font sedangkan font mengacu pada bobot, lebar, dan gaya yang membentuk tipografi itu sendiri.

Baca juga : Jenis Alat Pahat Ukir Kayu.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang Seni Tipografi, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com