Sleep Paralysis itu Apa ? Fakta dan 5 Cara Mengatasinya

Sleep Paralysis itu Apa ? Mungkin menjadi pertanyaan yang sering terdengar bagi orang – orang yang tidak pernah mengalami peristiwa kurang menyenangkan “Ketindihan” saat tidur.

Banyak mitos yang mengatakan jika ketindihan terjadi karena gangguan boleh Jin dan makhluk halus karena kita tidak berdoa saat tidur. Orang-orang terus mencari penjelasan peristiwa kelumpuhan yang kita alami saat tidur yang misterius ini dan perasaan teror yang menyertainya.

Faktanya semua itu hanyalah mitos. Karena peristiwa sleep Paralysis atau Ketindihan bisa kita jelaskan dengan ilmu pengetahuan atau Sains.

Nah jadi apa sih Sleep Paralysis itu ? Mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

Sleep Paralysis itu Apa ?.

Sumber : mommiesdaily.com

Sleep Paralysis atau “Ketindihan” atau Kelumpuhan saat Tidur adalah perasaan sadar tetapi tidak bisa bergerak yang terjadi ketika seseorang melewati antara tahap terjaga dan tidur.

Selama mengalami ini, kamu mungkin tidak dapat bergerak atau berbicara selama beberapa detik hingga beberapa menit. rasa takut yang kamu alami (meski saat itu kamu dalam keadaan setengah sadar) itu membuat sebagian orang mengalami delusi hingga banyak orang bersaksi menemui “hal – hal” berbau mistis dan aneh. Dikondisi lebih parah beberapa orang bahkan mungkin juga merasakan tekanan atau rasa tersedak.

Kondisi ini dapat terjadi pada mereka yang sehat ataupun pada mereka yang menderita narkolepsi (gangguan tidur kronis) atau dapat juga terjadi karena keturunan sebagai akibat dari perubahan genetik tertentu .

Baca juga : Cara membersihkan wajah secara alami

Fakta Sleep Paralysis

Setelah mengetahui sleep Paralysis itu apa? Simak penjelasan tentang fakta sleep paralysis di bawah ini juga yuk kawan.

Penyebab Sleep Paralysis

Menurut webmd.com sleep paralysis bisa terjadi beberapa hal, seperti kurang tidur, pola tidur yang tidak teratur, posisi tidur yang salah dan tidak nyaman. insomnia, keturunan dari keluarga, faktor genetik dan tekanan yang paling lazim adalah karena psikologis seperti stres, kecemasan, dan depresi.

Dapat menyebabkan Halusinasi

Yang mengerikan saat ketindihan atau sleep Paralysis ini kamu akan merasa ada sosok yang mengintip di kamar, di depan pintu atau di depan jendela. Karena meski tubuh tertidur pikiran kita sedang terbangun dan sangat waspada sehingga masuk ke dalam mode waspada.

hal itu dapat menyebabkan halunasi. Selain bentuk orang, beberapa orang mengaku mereka melihat iblis, nenek tua, anak kecil dengan wajah rusak, ular besar dan lain sebagainya.

Apa yang Terjadi saat Sleep Paralysis ?

Selama kita tidur, tubuh kita akan bergantian antara tidur REM (rapid eye movement) dan NREM (non-rapid eye movement). Satu siklus tidur REM dan NREM biasanya berlangsung sekitar 90 menit.

Tidur NREM terjadi lebih dulu dan memakan waktu hingga 75% dari keseluruhan waktu tidur kita. Selama tidur NREM, tubuh kita akan merasa rileks dan memulihkan dirinya sendiri.

Setelah fase tidur NREM berakhir, proses tidur akan beralih ke fase tidur REM. Di fase tidur REM inilah mimpi terjadi dan otot tubuh “dimatikan”. Nah, tapi saat kita mengalami Sleep Paralysis adalah kita tersadar sebelum siklus REM selesai, hingga yang tadi baru “mati” tapi secara sadar kita terbangun.

Baca juga : Fakta Menarik Evolusi

5 Cara Terhindar dari Sleep Paralysis.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk terhindar dari sleep Paralysis.

1. Selalu tidur sesuai jadwal

Salah satu cara agar kamu terhindar dari Sleep Paralysis adalah dengan mengatur pola tidur kamu agar dapat tertidur sesuai jadwal bahkan saat hari libur atau akhir pekan sekalipun.

Selain dapat terhindar dari sleep Paralysis, kamu juga dapat mengalami perubahan – perubahan yang baik dalam hidup kita. Karena salah satu kunci kesehatan adalah memiliki pola tidur yang cukup dan baik

2. Hindari Strees

Salah satu faktor utama orang – orang mengalami Sleep Paralysis adalah karena kekurangan tidur dikarenakan stress dan hal – hal mental lainnya. Jadi untuk dapat terhindar dari “ketindihan” ada baiknya kamu dapat menghindari Strees ataupun Overthinking (apalagi kamu generasi Z yang suka Overthinking) sebelum tidur.

3. Mencoba Relaksasi

Setelah menghindari Strees, Kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang menenangkan pikiran kita, seperti pelemasan atau relaksasi otot, meditasi, Yoga, mendengarkan lagu, membaca, dan sebagainya.

4. Kurangi konsumsi zat stimulan

Rokok, kafein, dan zat-zat stimulan lainnya dapat membuat kamu tak bisa tidur, yang tentu dapat membuat kamu mengalami Sleep Paralysis. Selain itu alkohol dan makan terlalu dalam jumlah banyak, sebelum tidur, juga mampu membuat kamu mengalami gangguan tidur.

Jadi sebelum tidur ada baiknya kamu kurangi – kurangi deh kopinya.

5. Rajin Olahraga

Rajin berolahraga selain baik untuk kesehatan fisik kita, tetapi juga dapat membantu mengatasi gangguan tidur pada malam hari. Berolahraga dengan baik dapat menjadi obat tidur alami yang dapat dilakukan. tetapi meski baik jangan berolahraga dua jam menjelang akan tidur, karena malah akan dapat menjadi penyebab Sleep Paralysis itu sendiri karena kelelahan.

Baca juga : Skizofrenia adalah.

Dan itulah kawan penjelasan tentang Sleep Paralysis itu apa? Semoga menjawab semua pertanyaan kamu iya. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version