Sumber Daya Ekonomi adalah – Macam, Peran dan Contohnya

Halo sobat, hari kita akan membahas tentang Sumber daya ekonomi adalah.. yang berarti kita akan membahas tentang pengertian, jenis, peran dan contohnya di dalam perekonomian dan kehidupan masyarakat, khususnya di Indonesia.

Karena dalam kegiatan perekonomian Sumber daya adalah sesuatu yang sangat penting. Karena tanpa adanya sumber daya tidak akan ada kegiatan pemenuhan kebutuhan dan produksi terjadi, yang berarti kegiatan ekonomi tak bisa di lakukan.

Nah, untuk tahu lebih banyak tentang Sumber daya ekonomi adalah…, mari kita simak sama – sama materinya.

Sumber Daya Ekonomi adalah – Jenis, Peran dan Contohnya

Pengertian Sumber Daya Ekonomi.

sumber : BEM.unp.ac.id

Sumber daya berarti sebuah materi atau unsur tertentu dalam kehidupan yang memiliki nilai potensi dalam hal ini nilai ekonomi. Yang bisa bersifat fisik ataupun non fisik (itangible)

Sumber Daya dapat terganti dan berubah, sesuai dengan tuntutan jaman. Ada yang jadi semakin besar ataupun bahkan lenyap dan langka hingga perlu pengganti, ada pula sumber daya yang terbarukan( renewable resources) ataupun sumber daya tidak terbarukan (non-renewable resources)

Baca juga : Pengertian Produsen

Macam – Macam Sumber Daya Ekonomi

Untuk dapat hidup di dunia, manusia memerlukan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan. Dan setelah mengetahui Sumber Daya Ekonomi adalah… terdapat 3 macam sumber daya ekonomi yang dapat kita manfaatkan yaitu :

  1. Sumber Daya Alam
  2. Sumber Daya Manusia
  3. Modal

Sumber Daya Alam

Sumber : nature.org

Sumber energi alam merupakan seluruh sumber daya yang terdapat di alam yang dapat kita gunakan buat menciptakan barang serta jasa.

Alam sendiri merupakan karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang dapat memberikan keuntungan besar jika dapat kita kelola secara bijaksana. Tetapi, bila sumber Daya ini dieksploitasi secara tidak bertanggung jawab, bisa mendatangkan musibah yang besar pula pada kita.

Contohnya tanah dapat digunakan sebagai lahan untuk perkebunan, pertanian, pertambangan, pendirian rumah dan bangunan dan sebagainya. Lalu ada bahan baku mineral yang dapat dioleh menjadi bahan baku industri.

Berbagai sumber daya alam yang melimpah bini dapat kita kategorikan menjadi dua yaitu :

  • Sumber Daya Terbarukan ( renewable resources) Sumber daya alam yang dapat diperbarui ini tidak akan habis selama manusia masih mau mengembangbiakkan atau memperbaruinya. Contoh adalah tanaman (pohon) dan hewan.
  • Sumber daya yang tidak terbarukan (non-renewable resources) Sumber daya alam ini terbentuk melalui proses alam selama selama jutaan tahun dan bukan buatan manusia. Hingga, sumber daya ini tidak dapat diperbarui oleh manusia. Contohnya minyak dan mineral. Karena terbatas butuh perhatian ekstra dalam pengelolaanya.

Sumber Daya Manusia

Sumber : freepik.com

Manusia selain sebagai konsumen bagi barang dan jasa juga merupakan sumber daya sendiri loh. Karena dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat apabila kemampuannya dimanfaatkan secara maksimal.

Kamu perlu menyadari bahwa sumber daya manusia memegang peranan penting dalam kegiatan perekonomian. Sebab, pelaksana utama dalam seluruh kegiatan produksi adalah manusia itu sendiri. Jadi perlu Sumber daya berkualitas untuk melakukannya.

Sumber daya manusia sering disebut tenaga kerja. Penggolongan tenaga kerja secara profesional dapat kita bagi menjadi sebagai berikut :

Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, tenaga kerja atau sumber daya dapat kita golongkan menjadi:

  • Tenaga Kerja Rohani, dibutuhkan untuk jenis pekerjaan yang banyak memerlukan daya pikir, daya kreasi, dan juga pengetahuan. Sumber daya ini memerlukan pengalaman dan pengetahuan. Contoh sumber daya rohani adalah guru, penulis buku, konsultan, dan pengacara.
  • Tenaga Kerja Jasmani, dibutuhkan untuk jenis pekerjaan yang banyak membutuhkan kekuatan atau ketahanan fisik (jasmani). Contoh tenaga kerja jasmani adalah buruh pesuruh, dan pengemudi ojek.

Berdasarkan Kualitasnya.

Berdasarkan kualitasnya, tenaga kerja dapat dibedakan menjadi :

  • Tenaga kerja terdidik, tenaga kerja yang harus memiliki pendidikan yang menjadi syarat untuk menekuni suatu tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya: Dokter, seseorang harus berkuliah di jurusan kedokteran untuk memiliki kualifikasi sebagai dokter.
  • Tenaga kerja terlatih, tenaga kerja ini biasanya memiliki keterampilan tertentu yang diperolehnya dari pengalaman kerja atau dari pelatihan khusus. Contohnya Penyanyi.
  • Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih Tenaga, kerja ini mengerjakan pekerjaan yang tidak membutuhkan pendidikan atau pengalaman praktik di lapangan. Contohnya petugas kebersihan.

Sumber Daya Modal

Sumber : Wikipedia.com

Modal adalah segala yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Modal dapat meliputi uang, teknologi, peralatan, mesin-mesin, tanah, informasi, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut ini macam-macam modal.

Modal Menurut Pemiliknya

  • Modal perseorangan, artinya modal tersebut dimiliki oleh Perseorangan. Misalnya, gedung dan kendaraan
  • Modal masyarakat, artinya modal tersebut dimiliki oleh Banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. Misalnya Jalan dan jembatan.

Modal Berdasarkan Wujudnya

  • Modal Uang, adalah uang yang digunakan untuk proses produksi. Contoh uang membeli bahan produksi.
  • Modal barang adalah benda atau barang yang digunakan untuk modal produksi. Contoh kendaraan produksi.

Modal Berdasarkan Sifatnya

  • Modal lancar adalah modal atau berupa barang yang habis terpakai dalam satu kali proses produksi. Contohnya uang.
  • Modal tetap adalah barang-barang atau benda-benda yang dapat digunakan lebih dari satu kali pakai dalam proses produksi. Contohnya mesin produksi.

Modal Berdasarkan Sumbernya

  • Modal sendiri, merupakan modal yang dimiliki seseorang dan dapat memberikan keuntungan kepada pemiliknya tapi jika ada kerugian di tanggung juga oleh pemiliknya.
  • Modal pinjaman adalah uang atau barang modal yang diperoleh dari pihak lain. Contohnya angel investor

Modal Berdasarkan Bentuknya

  • Modal nyata merupakan modal yang dapat diukur, dilihat, atau ditimbang. Modal nyata terdiri atas modal barang dan uang. Contoh: persediaan barang-barang.
  • Modal abstrak adalah modal yang tidak terlihat, tetapi hasilnya dapat dilihat atau dirasakan. Contohnya seperti keterampilan dan ilmu pengetahuan.

Kelangkaan Sumberdaya.

Seperti kita tahu jika pemakaian sumber daya yang berlebihan dapat mengakibatkan kelangkaan sumber daya. Dan tapi berdasarkan prinsip ekonomi, kelangkaan sumber daya ekonomi adalah ketiadaan bahan dan sumber daya di pasaran.

Kelangkaan bisa terjadi karena :

  • Perbedaan Letak Geografis, hingga perbedaan kesediaan di tiap darah berbeda.
  • Cepatnya Pertumbuhan Penduduk
  • Kemampuan Produksi
  • Ketidak samaan pertumbuhan teknologi
  • Bencana alam
  • Dan eksploitasi berlebihan.

Dan itulah kawan mengenai sumber daya ekonomi adalah, semoga setelah mengetahui ini, kamu jadi dapat mengetahui hal – hal yang penting dalam memajukan kegiatan ekonomi.

Tapi dari materi di atas kamu juga tahu, jika ada sumber daya yang sifatnya tidak bisa kita perbarui hingga dapat terjadi kelangkaan bahkan menghilangnya sumber daya tersebut. Jadi perlu kesadaran dari diri kita sendiri untuk menjadi Sumber Daya itu tetap lestari.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version