Tari Tradisional adalah – dan 10 Contoh Tarian Tradisional

Halo sobat kali ini saya akan membahas tentang Tari Tradisional adalah – dan Contohnya. Sebagai negara yang memiliki banyak sekali keanekaragaman budaya, dan seni. Tari Tradisional menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan masyarakat.

Tari Tradisional adalah

Tari tradisional adalah

Tari tradisional adalah tarian yang berasal dari budaya suatu negara atau daerah tertentu. Tari tradisional biasanya menggambarkan kebudayaan, kepercayaan, dan kehidupan masyarakat setempat.

Tarian tradisional juga biasanya memiliki gerak-gerak dan musik yang khas, serta menggunakan pakaian dan aksesoris khas dari daerah tersebut yang membedakan dengan tarian lainnya.

Tari tradisional juga memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat setempat. Biasanya, tari tradisional ditampilkan dalam acara-acara adat seperti pernikahan, pemakaman, atau upacara agama.

Tari tradisional juga dapat ditampilkan sebagai bentuk hiburan untuk tamu-tamu yang datang dari luar daerah. Namun, meskipun tari tradisional sering ditampilkan untuk hiburan, tari tersebut tetap memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat setempat.

Tari tradisional biasanya ditampilkan oleh sekelompok orang yang telah terlatih dan memiliki kemampuan yang baik dalam menari. Tari tradisional juga memiliki alat musik khas yang digunakan sebagai pendamping saat tampil.

Tari tradisional sangat beragam, tergantung dari daerah dan suku yang bersangkutan. Di Indonesia, terdapat banyak tari tradisional yang beragam, seperti tari Saman di Aceh, Tari Topeng di Jawa Barat, dan masih banyak lagi.

Tari tradisional sangat penting bagi keberlangsungan budaya suatu daerah. Oleh karena itu, tari tradisional perlu dilestarikan agar tidak hilang dan dapat diturunkan ke generasi berikutnya

10 Contoh Tarian Tradisional Indonesia

Indonesia yang terkenal dengan keanekaragaman budaya dan seni, memiliki banyak sekali contoh tarian tradisional. Tapi diantara ratusan jenis tari Tradisional berikut 10 Contoh Tarian Tradisional Indonesia ini yang masih dilestarikan sampai Sekarang :

Tari Gambyong

Tari gambyong
tari tradisional gambyong

Tari Gambyong merupakan tarian yang berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini biasanya dipertunjukkan oleh sekelompok wanita yang mengenakan pakaian adat Jawa Tengah lengkap dengan hiasan-hiasan indah.

Tari Gambyong menceritakan kisah cinta antara seorang putri dan seorang pemuda yang diwarnai oleh konflik dan perjuangan. Gerakan tari Gambyong biasanya lembut dan santai, menggambarkan keindahan dan kelembutan perempuan Jawa.

Tari Saman

Tari tradisional saman
tari saman

Tari Saman adalah Tarian yang berasal dari Provinsi Aceh dan menggambarkan keharmonisan antar individu serta kesatuan dalam keberagaman. Tarian ini terkenal dengan gerakan yang dinamis, serta gaya dan cara bernyanyi yang khas.

Tari Saman menceritakan tentang perjuangan umat Islam di Aceh yang diwarnai oleh keteguhan dan keberanian. Gerakan tari Saman biasanya keras dan tegas, menggambarkan keberanian dan kekuatan rakyat Aceh.

Maka dari itu sebelum saman dimulai akan muncul seorang tua yang dianggap pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Tari Kecak.

Tari Kecak
Tari kecak

Tari Kecak adalah Tarian yang berasal dari Bali dan terkenal dengan suara “cak” yang dinyanyikan oleh sekelompok orang yang menyusun pola yang kompleks. Tarian ini biasanya dipertunjukkan di depan candi Uluwatu yang indah.

Tari Reog

Tari reog
reog Ponorogo

Tari Reog adalah jenis Tarian yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di kabupaten Ponorogo dan biasanya dipertunjukkan oleh seorang penari yang mengenakan topeng yang besar dan berat, serta menggunakan pedang dan tongkat sebagai alat musik. Tarian ini terkenal dengan keindahan dan kekuatannya. Tarian kepala singa ini juga terkenal loh, sampai ke mancanegara.

Tari Tor-tor

Tari tortor
tari tortor

Tarian ini berasal dari Sumatra Utara dan biasanya Tortor merupakan bagian penting dalam upacara adat (ulaon adat) masyarakat Batak. Tarian ini terkenal dengan gerakan yang dinamis dan lagu-lagu yang indah dari musik gordang.

Tari Bedaya.

Tari Bedhaya
tari Bedhaya

Tari Bedaya adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa Timur dan biasanya dipertunjukkan oleh sekelompok wanita yang mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan aksesoris yang indah. Tarian ini terkenal dengan gerakan yang halus dan elegan.

Tarian tradisional ini tak sembarang loh, Karena biasanya ditampilkan saat terjadi penobatan serta peringatan kenaikan tahta raja di Kasunanan Surakarta, hingga bisa dibilang tarian ini adalah tarian sakral dari Solo.

Tari Piring

Tari piring
tari piring

Tari Piring dari Sumatra Barat: Tarian ini berasal dari berasal dari daerah Solok, Sumatera Barat dan budaya asli Minang kabau. Di tempat asalnya di sebut tari piriang.

Tari Piring biasanya dilakukan oleh sekelompok perempuan yang menggunakan piring sebagai media tarian. tarian dulu dipakai untuk ritual khusus untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat setempat.

Tari Topeng.

Tari Topeng
tari Topeng

Tari Topeng adalah jenis tarian tradisional yang terkenal di daerah Jawa barat dan Jakarta dan berasal dari kota Cirebon. Tarian ini merupakan salah satu tarian yang paling terkenal di Jawa Barat, Meski awalnya hanya di lakukan di lingkungan keraton Cirebon saja

Tari Topeng biasanya dilakukan oleh seorang pemain yang mengenakan topeng dan menceritakan kisah rakyat melalui gerakan-gerakannya. Salah satu tarian topeng yang terkenal adalah topeng Panji.

Rampak Bedug.

Rampak bedug
Rampak bedug

Rampak Bedug adalah seni kolaborasi antara tarian dan musik bedug dengan menggunakan waditra berupa “banyak” bedug dan ditabuh secara “serempak” sehingga menghasilkan irama khas yang enak didengar dan gerakan – gerakan yang indah dilihat, berasal dari Provinsi Banten Tarian tradisional ini sangat kental dengan budaya tradisi dan keislaman.

Tari Perang atau Tari Falabea.

Tari Perang
tari Perang

Tari Perang adalah Tarian tradisional yang sering digunakan dalam tradisi adat di Indonesia bagian timur terutama oleh orang-orang Papua. Tari Perang atau bisa juga disebut sebagai tari Falabea ini bagi masyarakat Papua merupakan tarian yang sifatnya sakral dan hanya dapat dipentaskan dalam peringatan tertentu saja salah satunya adalah ketika akan menyambut tamu penting.

baca juga : Pengertian Seni dan 5 Jenis Seni

Dan itulah kawan Pembahasan tentang 10 Contoh Tarian Tradisional dan Pengertian Tarian Tradisional semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock