Teks Eksplanasi – Definisi, Struktur dan 3 Contoh Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi dalam bahasa Inggris ( Sumber : melloo.co.uk)

ilmu saku – Halo Semua, Pernah kalian membaca teks tentang bencana ? Nah! Teks tersebut di sebut juga sebagai teks Eksplanasi.

Tapi kalian tahu enggak sih apa yang dimaksud dengan Teks Eksplanasi itu ?

Teks Eksplanasi adalah…

Teks Eksplanasi adalah sebuah teks yang berupa penjelasan tentang suatu proses terjadinya peristiwa sosial, pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Pada teks juga di jelaskan terjadinya peristiwa karena ada peristiwa lain sebelumnya juga peristiwa yang lain sesudahnya.

Jadi eksplanasi mengandung fakta yang dirangkai secara berurutan dalam hubungan sebab akibat. Jadi, berguna untuk menguatkan suatu kebenaran yang ada dalam setiap kejadian.

Ciri – cirinya adalah…

  • Memuat informasi sesuai fakta, Faktual.
  • Berisi Informasi yang bersifat keilmuan (ilmiah)
  • Menjelaskan terjadinya Fenomena alam dan Sosial.

Strukturnya…

  • Pernyataan umum, Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Contohnya : Penjelasan mengapa Gempa terjadi.
  • Deretan Penjelasan, Berisi penjelasan bagaiman terjadinya kejadian. Contoh : Deskripsi lengkap bagaimana terjadinya gempa
  • Interpretasi (Opsional), Penutup yang bersifat opsional atau tidak wajib. Berupa tanggapan mengenai peristiwa yang terjadi. Contoh : tanggapan warga terhadap gempa.

Kaidah Kebahasaan

  • Fokus pada hal umum, Bukan pada partisipasi manusia. Contoh : kejadian gempa.
  • Menggunakan kata/istilah ilmiah (bila memungkinkan). Lebih banyak menggunakan verba (kata sifat) material serta verba relasi.
  • Menggunakan Konjungsi waktu dan kausalitas, Contoh : Pertama, Sehingga dan lainnya.
  • Menggunakan Kalimat Pasif
  • Ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan dengan secara kausal itu benar adanya

Langkah – langkahnya…

Ada beberapa langkah untuk membuat teks Eksplanasi yaitu :

Menentukan topik yang menarik

Sebelum menulis tentukan dulu topik yang ingin diangkat.

Membuat Kerangka Teks

Setelah itu buatlah kerangka berdasarkan struktur teks.

Kumpulkan Referensi

Cari Fakta dan Data pendukung untuk memperkuat teks buatanmu.

Pengembangan Teks

Kembangkanlah tulisanmu berdasarkan struktur teks dan fakta dan data yang kamu kumpulkan. Hingga menjadi teks yang utuh.

Menyunting Teks

Edit Teks kalian, dengan membaca dan menulis ulang hingga dapat menjadi teks yang bagus.

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah beberapa contoh Teks yang bisa kamu contoh…

Gempa Bumi

Gempa Bumi
Sumber : mediaindonesia.com

Gempa Bumi adalah yang bencana paling sering terjadi di di dunia. Bencana ini terjadinya getaran atau getaran besar karena pergerakan lapisan yang berasal dari bawah bumi.

Menurut sejumlah penelitian, diperkirakan ada 500 ribu gempa yang terjadi setiap tahunnya. Sekitar 100 ribu di antaranya bisa dirasakan manusia.

Letak Indonesia yang secara geografis berada di antara 3 lempeng bumi yang aktif membuat Indonesia sering dilanda gempa setiap hari.

Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini.

Contoh 2 : Covid 19.

Covid-19 begitu cepat menular dari satu manusia ke manusia lainnya. Jumlah korban dan angka kasus setiap harinya semakin meningkat. Saat tulisan ini dibuat, jumlah kasus mencapai lebih dari 1.39 juta kasus di Indonesia saja.

Sebuah fakta yang sangat memprihatikan.Covid-19 sendiri dapat ditularkan dari seseorang yang terkena virus SARS-CoV-2 ke orang lain melalui droplet atau tetesan air dari hidung, mulut, atau bagian lain dari tubuh manusia. Penularannya dapat terjadi pada saat batuk, bersin, atau berbicara.

Seseorang juga dapat terinfeksi Covid-19 bila tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Ini alasan mengapa penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang lain dan juga selalu sigap untuk mencuci tangan pakai sabun juga untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Sampai saat ini proses vaksinasi Covid 19 untuk penanggulangan Virus Covid ini terus dilakukan di seluruh Dunia. Di Indonesia sendiri para pejabat negara, orang lanjut usia dan Pekerjaan kesehatan menjadi prioritas orang yang mendapat vaksin.

Hal ink dilakukan agar Pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir dan kehidupan kita bisa kembali seperti semula lagi.

Contoh 3 : Saka Terpilih sebagai Pemain Cadangan Inggris.

Pemain Arsenal Bukayo Saka (19) terpilih menjadi bagian ke-33 orang yang diboyong oleh pelatih Gareth Southgate untuk mengisi pos timnas Inggris untuk persiapan piala Eropa yang akan dilaksanakan di Dublin, Irlandia.

Meski begitu, Saka belum tentu termasuk ke dalam tim inti skuad Three lion (julukan timnas Inggris). Melainkan Sama diproyeksikan untuk mengisi tim inti dalam skuad untuk kualifikasi piala dunia untuk menghadapi Turkey.

Baca juga : Teks biografi

Semua hal yang ada di Teks Eksplanasi itu Fakta yang benar – benar terjadi dan bisa di pertanggung jawabkan.

Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com