7 Hewan Prasejarah Paling Mengerikan yang Untungnya Telah Punah

Ilmusaku – Halo sobat saku, kalian mungkin pernah mendengar jika di bumi pernah di tinggali oleh hewan prasejarah paling mengerikan seperti Dinosaurus yang ukurannya dua kali lebih besar dari rumah kita.

Tapi ternyata ada hewan prasejarah paling mengerikan dan menakjubkan lain yang pernah hidup di bumi ini selain dinosaurus loh, Penasaran ?

Mari kita cari tahu sama – sama.

7 Hewan Prasejarah Paling Mengerikan di Bumi

T-Rex

Hewan prasejarah paling mengerikan T-rex

Tiranosaurus atau Tyrannosaurus rex (Atau T-Rex) adalah adalah salah satu teropoda besar (Keluarga Kadal) yang paling ganas yang sudah dikenal di seluruh dunia karena keganasannya.

Di Habitatnya, Tyrannosaurus rex merupakan karnivora terbesar dan terkuat, sehingga kemungkinan besar mereka adalah predator puncak yang memangsa dinosaurus lain yang ukurannya lebih besar.

Ini wajar, karena sampai saat ini T-Rex dianggap salah satu predator darat terbesar yang pernah ditemukan dan diperkirakan memiliki gigitan terkuat di antara semua hewan yang hidup di darat.

Jadi beruntung deh, T-Rex ini hanya bisa kita lihat di film – film Jurassic Park.

Smilodon / Sabretooth (Kucing Bergigi Pedang)

Sabretooth

Kucing bertaring tajam yang terlihat mengerikan dan Keren ini di Amerika Utara dan Selatan selama zaman Kuarter awal atau Pleistosen. Smilodon di kenal sebagai Kucing terbesar yang pernah ada bahkan melebihi Singa dan Harimau.

Karena dibandingkan dengan jenis kucing besar lain yang masih hidup sampai sekarang, Smilodon memiliki perawakan yang kekar dan kuat. dengan lengan dan kaki yang sangat berkembang serta taring yang sangat panjang, sekitar 28 cm yang terlihat seperti Pedang.

Peneliti menganggap Taring pedangnya yang sangat panjang dan tajam itu sebagai bentuk adaptasi untuk memangsa hewan yang jauh lebih besar darinya, seperti bison dan unta, bahkan Mammut atau Mastodon yang ukurannya jauh lebih besar dari ukuran tubuh mereka.

Membayangkan gigi mereka yang besar dan tajam saja sudah bisa membuat semua orang lari terbirit-birit.

Baca juga : Hewan Pengerat Terbesar di dunia

Spinosaurus

Spinosaurus

Spinosaurus adalah hewan yang dari tampang dan penampakannya pantas dijuluki sebagai hewan paling mengerikan di muka bumi.

Bagaimana tidak, Dinosaurus ini memiliki tengkorak yang memanjang seperti buaya dan moncong yang diisi dengan sekitar 64 gigi kerucut lurus dan seperti buaya mereka juga bisa berenang di dalam air untuk mengintai dan memangsa mangsanya yang malang.

Sampai saat ini Spinosaurus dianggap sebagai dinosaurus karnivora darat terbesar yang pernah diketahui, bahkan lebih besar dari T. rex dan Gigantosaurus. Walau ukuran pastinya masih diperdebatkan, temuan dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa Spinosaurus memiliki panjang sekitar 41-59 kaki dan memiliki berat lebih dari 20 ton.

Titanoboa

Titanoboa

Jika kalian pernah menonton film aksi anaconda (dibintangi oleh Jeniffer Lopez) kalian mungkin memiliki gambaran tentang Ular berukuran raksasa, tapi ternyata dibandingkan anaconda, Titanoboa masih dianggap sebagai ular paling besar dalam sejarah dunia.

Mereka memiliki Panjang lebih dari 40 kaki dan berat bisa mencapai 1,25 Ton. Untuk meletakkan segala sesuatunya dalam perspektif, itu hampir sama dengan berat jerapah dewasa.

Titanoboa ini muncul pertama kali, beberapa saat setelah kepunahan dinosaurus, seakan ingin mengisi kekosongan hewan predator di muka bumi.

Baca juga : Laba – Laba paling berbahaya di dunia

Sarcosuchus

Sarcosuchus

Saudara jauh dari Buaya, Sarcosuchus ini adalah reptil semi aquatic yang memiliki panjang 13 meter dan berat 10 ton dan memiliki 134 gigi di geramnya. yang berarti Sarcosuchus bisa memangsa hewan apapun di zaman mereka hidup, yaitu periode akhir Mesozoikum.

Sarcosuchus ini biasa di temukan hidup di tempat yang sekarang disebut Afrika dan Amerika Selatan.

Megalodon

Megalodon

Megalodon sampai hari ini masih dianggap sebagai spesies hiu terbesar yang pernah ada. Megalodon secara umum dianggap mirip dengan hiu putih. Tapi dibandingkan hiu putih, megalodon diperkirakan memiliki panjang sekitar 20 meter, dan memiliki berat berkisar antara 50 sampai 100 metrik ton.

Selain itu fosil membuktikan jika dari tanda gigi yang ditemukan pada tulang belakang paus besar menunjukkan bahwa megalodon adalah predator aktif dari paus besar. Gigi mereka sangat kuat hingga jarang retak meski mengenai tulang paus.

Memikirkan ada hiu saja sudah menakutkan apalagi ada hiu berukuran raksasa.

Quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus

Quetzalcoatlus sampai sekarang masih dianggap sebagai hewan terbesar yang pernah terbang di angkasa. Banyak peneliti berpendapat jika panjang sayap dari hewan ini bisa mencapai 19 meter dan berat bisa mencapai 200 kilogram.

Bayangkan sobat jika hewan predator sebesar dan seganas itu terbang di langit sekarang, rasanya pasti sangat menakutkan iya.

Baca juga : Hewan Mitologi Asli Indonesia

Dan itulah ketujuh hewan prasejarah paling mengerikan yang pernah hidup di bumi semoga informasi ini menambah wawasan kamu sobat saku. Sampai jumpa.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com