7 Jenis Pameran Seni Rupa, Pengertian, Unsur dan Manfaatnya

Halo sobat, setelah kemarin kita mempelajari tentang Seni Rupa, kali ini kita akan belajar tentang 3 jenis Pameran Seni Rupa berdasarkan waktu, pelaku dan ragam jenisnya.

Kenapa sih kita harus mempelajari tentang jenis pameran seni rupa? selain menambah wawasan dan pengetahuan, kita jadi lebih mengenal lebih dekat tentang seni rupa dan tempat sebuah karya di pamerkan.

Jadi dari pada berlama – lama, mati kita cari tahu sama – sama :

7 Jenis Pameran Seni Rupa, Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Pameran adalah

Jenis Pameran Seni Rupa
sumber : dailysabah.com

Pameran adalah suatu usaha mempertemukan antara produsen dan pembeli. Pengertian pameran lainnya adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Jadi Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seninya. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antaran perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator.

Tujuan Pameran Seni Rupa.

Pengertian Pameran Seni Rupa
sumber : romeing.it

Penyelenggaraan pameran memiliki banyak sekali manfaat dan tujuan diantaranya untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan kalian dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya dengan lebih objektif.

Menurut (Cahyono, 1994) karya yang dipamerkan diapresiasi dengan baik, kegiatan pameran juga bermanfaat untuk membangkitkan motivasi kalian dalam berkarya seni.

Sedang menurut (Wartono, 1984) Pameran seni rupa pada hakekatnya berfungsi untuk membangkitkan apresiasi seni pada masyarakat, di samping sebagai media komunikasi antara seniman dengan penonton.

Namun, secara umum tujuan diadakannya sebuah pameran antara lain:

  • Tujuan Komersial, tujuan komersil ini maksudnya untuk mendapatkan keuntungan bagi seniman serta pihak penyelenggara pameran.
  • Tujuan Sosial, artinya pameran ini bertujuan untuk sebuah kepentingan sosial masyarakat.

Fungsi Pameran

  • Sebagai sarana edukasi, pameran berfungsi sebagai media pendidikan.
  • sarana apresiasi, pameran digunakan sebagai media untuk mengapresiasi (menghargai) sebuah karya
  • Sarana Prestasi, Pameran digunakan seniman untuk berkompetisi melalui karya mereka.
  • Sarana Rekreasi, Pameran digunakan sebagai tempat hiburan masyarakat.

Jenis – Jenis Pameran Seni Rupa

Pameran Seni Rupa bisa kita bedakan ke dalam beberapa jenis berdasarkan berbagai kategori yang didasarkan waktu , jumlah seniman yang tampil, ragam jenis karya, dan juga berdasar faktor lainnya. Berikut ini penjelasannya:

Jenis Pameran Berdasarkan Waktu.

Pameran berdasarkan pada waktu dibedakan menjadi tiga, yaitu :

Periodik

Pameran Periodik merupakan pameran yang diselenggarakan secara berkala pada periode-periode tertentu, seperti setahun sekali atau event tahunan.

Insidental

Pameran Insidental merupakan pameran yang diselenggarakan jika memang diperlukan, dimana pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja.

Permanen

Pameran Permanen merupakan pameran yang diadakan pada tempat yang tetap atau tidak berubah dan buka hampir setiap hari pada jam-jam tertentu. Pameran permanen paling banyak ditemui di museum atau tempat bersejarah lainnya.

Jenis Pameran berdasarkan jumlah seniman

Pameran berdasarkan pada jumlah seniman yang tampil dibedakan menjadi dua, yaitu :

Pameran Tunggal

Pameran tunggal adalah pameran seni rupa yang hanya diselenggarakan secara individu atau secara spesifik dilakukan oleh satu orang seniman saja.

Pameran Kelompok.

Pemeran Kelompok adalah merupakan pameran yang biasanya diselenggarakan oleh sebuah kelompok atau komunitas dan menampilkan banyak karya seni dari berbagai seniman yang biasanya masih berhubungan.

Jenis Pameran dilihat dari ragam jenis karya

Pameran berdasarkan pada ragam jenis karya yang ditampilkan dibedakan menjadi dua, yaitu :

Heterogen

Pameran dimana karya seni yang ditunjukkan beragam jenisnya. Hingga tidak terpaku oleh satu jenis karya saja.

Homogen

Pameran Homogen adalah Pameran yang hanya menunjukkan atau menampilkan satu jenis karya seni saja dan biasanya dilakukan oleh satu seniman saja.

Unsur – Unsur Pameran Seni Rupa

Berikut ini adalah beberapa unsur Pameran Seni Rupa yaitu :

  • Unsur-unsur perlengkapan dalam pameran seni rupa sebagai berikut.
  • Karya-karya seni rupa yang akan dipamerkan.
  • Panel atau sketsel, sebuah display atau box, untuk memajang karya seni yang ingin dipamerkan.
  • Dekorasi, sebuah elemen perlengkapan untuk menempatkan karya seni dan membuat pameran lebih indah.
  • Sound system, yaitu audio untuk keperluan menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung pameran.
  • Label karya, untuk melihat identitas (judul, nama seniman, dan tahun penciptaan) yang ditempel di dekat karya seni yang dipamerkan.
  • Katalog, yaitu lembaran informasi yang berisi tentang info karya dan penyelenggaraan pameran.
  • Buku tamu, untuk diisi oleh para pengunjung yang datang ke pameran
  • Buku pesan atau kesan, untuk mengetahui tanggapan pengunjung terhadap karya dan keadaan pameran itu sendiri.

Kesimpulan

Pengertian Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seniman baik secara perorangan maupun kelompok untuk menyampaikan ide atau gagasannya ke pada publik melalui media karya seni sehingga melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antaran seniman yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator.

Dalam penyelenggaraan pameran setidaknya dikenal beberapa tujuan yaitu tujuan sosial dan kemanusiaan, tujuan komersial, dan tujuan yang berkaitan dengan pendidikan. Secara khusus penyelenggaraan pameran di sekolah memiliki manfaat untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif.

Dan itulah kawan Pengertian Pameran dan jenis Pameran Seni Rupa semoga menambah wawasan kita dan bermanfaat.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com