Ilmusaku – Halo semua, Manusia sejak jaman dahulu kala memang tak lepas dari konfilk. Telah banyak terjadi Perang Terbesar dalam sejarah dunia, perang – perang disebut telah mengambil banyak sekali korban jiwa.

Selain itu banyak sekali kerusakan material ataupun moril yang terjadi, sehingga membawa kerugian untuk banyak orang, hanya karena keuntungan segelintir orang saja. Perang memang adalah sebuah Tragedi Kemanusiaan.

Dan dalam Sejarah tercatat beberapa Perang Terbesar dalam sejarah yang Merenggut banyak korban jiwa!

Perang Terbesar dalam Sejarah Dunia

Perang 100 Tahun (100 Year War)

Perang 100 tahun
sumber : republika.com

Seperti namanya perang ini terjadi selama 116 tahun antara Kerajaan Inggris dan Prancis, yang berawal pada 1337 dan berakhir pada 1453. Perang ini berlangsung sepanjang masa lima raja Perancis dan lima Raja Inggris. Perang ini tak hanya melibatkan dua negara tersebut melainkan melibatkan negara – negara sekutu mereka juga.

Perang ini dianggap sebagai salah satu konflik bersenjata paling penting di Eropa. Karena pada setelah perang ini berakhir, zaman Para Ksatria berbaju baja berakhir digantikan dengan persenjataan dan taktik baru yang lebih modern. Selain itu, perang ini juga memberikan gagasan penting tentang nasionalisme di Prancis dan Inggris.

Akar penyebab konflik ini dapat ditemukan dalam krisis demografi, ekonomi, dan politik antara Perancis dan Inggris. Pecahnya perang dipicu oleh meningkatnya ketegangan dan perebutan wilayah antara para raja Prancis dan Inggris mengenai wilayah Gascogne, Flandria, dan Skotlandia.

Perang Salib / Sabil

Perang salib
Sumber : Nawacita.co

Perang Salib atau Perang Sabil adalah perang terbesar dalam sejarah dunia yang dipicu oleh sentimen agama. Perang ini dipicu perebutan tanah Suci tiga agama Samawi (Islam, Yahudi dan Kristen), Yerusalem, Palestina. Perang Salib berbeda dari konflik-konflik keagamaan biasa karena orang-orang yang ikut serta dalam perang diyakini akan di ampuni seluruh dosa mereka.

Perang Salib yang paling terkenal terjadi kawasan timur Mediterania antara tahun 1096 sampai tahun 1271. Perang Salib pertama kali dicetuskan oleh Paus Urbanus II pada tahun 1095 dalam sidang Konsili Clermont. Ia mengimbau seluruh hadirin yang hadir untuk mengangkat senjata membantu Kaisar Romawi Timur melawan orang Turki otoman, yang sudah menduduki Anatolia. sambil melakukan ziarah bersenjata ke Yerusalem.

Perang Napoleon

Perang Napoleon
Perang Napoleon

Perang Napoleon yang berlangsung pada 1803 hingga 1815 dianggap banyak pengamat sebagai perang Terbesar sebelum Perang Dunia Pertama berlangsung. Perang ini telah membunuh sekitar 7 juta prajurit dan penduduk sipil di seluruh Eropa, Atlantik, Pasifik dan Samudera Hindia.

Perang Napoleon Terjadi setelah Revolusi Perancis ketika Napoleon Bonaparte berkuasa di Prancis pada 1799 hingga 1815. Perang ini terjadi akibat pernyataan perang yang dilakukan koalisi negara-negara Eropa yang prihatin dan khawatir atas jatuhnya Raja Louis XVI dan Peningkatan kekuatan Prancis di bawah kepemimpinan Bonaparte.

Apalagi Napoleon telah menundukkan Spanyol, Italia, Prussia dan negara-negara di sekitarnya. Perang Ini memberikan dampak terjadinya perubahan besar pada sistem militer di Eropa terutama pada artileri dan dalam organisasi militer.

Perang ini berakhir saat pasukan Napoleon gagal saat berupaya menginvasi Rusia pada saat musim dingin 1812, dan terakhir kekalahan berat dari Inggris di Waterloo.

Perang Sino-Jepang II

Perang sino jepang
Sumber : dictio.co

Perang yang berkobar di awal Perang Dunia II, Perang Sino-Jepang Kedua terjadi antara Jepang dan China dari tahun 1937 hingga 1945. Meski pun pada awalnya hanya konflik kecil dan terpisah, konflik itu akhirnya menjadi bagian Perang Dunia II, dan melibatkan beberapa negara lainnya. Perang ini merupakan simbol kemerosotan Dinasti Qing dan juga menunjukkan kesuksesan modernisasi Jepang sejak Restorasi Meiji.

Peperangan ini berakhir dengan kekalahan Dinasti Qing dan penandatanganan Perjanjian Shimonoseki pada tahun 1895 yang berakibat pada ganti rugi 30 juta tael kepada Jepang dan menjadi awal hegemoni kekuasaan Jepang di Asia Timur.

Perang Melawan Invasi Mongol

Perang lawan mongol
Invasi

Kekaisaran Mongol mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-13 dan ke-14, di bawah kepemimpinan Genghis Khan dan beberapa penggantinya, Berkat kepemimpinan Genghis khan, Mongol berhasil menguasai hampir 22 persen tanah di kawasan Asia Tengah, Sebagaian Eropa dan Timur Tengah.

Demi melanggengkan kekuasaan Mongol, mereka menghancurkan apa saja di depan mata, tanpa pandang bulu. Ia menyerang bukan untuk memerintah, melainkan untuk menjarah, memerkosa, dan menculik gadis-gadis untuk mereka bawa ke negerinya, hal inilah yang membuatnya ditakuti di seluruh Eurasia. Jutaan orang kehilangan nyawa dan banyak kerajaan hancur dalam perang melawan mongol ini.

Perang Dunia Ke-1

Perang dunia 1
Sumber : Republika.com

Perang Dunia Pertama yang dianggap sebagai perang terbesar dalam sejarah dunia hanya berlangsung selama empat tahun, dari tahun 1914 hingga 1918, tetapi tidak pernah dibayangkan sebelumnya skala kehancuran dan korban jiwa yang terjadi dan banyaknya negara dan wilayah yang terlibat.

Perang ini dimulai dengan terbunuhnya Pangeran Austria Franz Ferdinand saat berkunjung ke Sarajevo, Serbia. Hampir seluruh negara Eropa terlibat dalam pertempuran yang berlangsung sejak 1714 hingga 1918 di sebagian besar tanah Eropa, utara Afrika dan Timur Tengah ini.

Jerman, Italia (membelot dan bergabung dengan sekutu), Austria Hongaria dan Turki Otoman melawan Inggris, Prancis, Rusia, dan akhirnya Amerika Serikat (setelah Jerman mulai menenggelamkan kapal penumpang AS). Dan untuk pertama kalinya Laut dan udara menjadi medan perang. Setidaknya 18 juta orang di seluruh dunia kehilangan nyawa mereka dalam Perang Dunia I. Hampir 7 juta dari mereka adalah warga sipil.

Perang Dunia Ke-2

Perang dunia 2
Sumber : Gettyimages.com

Perang Dunia Kedua menjadi perang terbesar dalam sejarah dunia di era modern. Perang yang menewaskan 72 juta orang ini tak hanya terjadi di Eropa melainkan juga di kawasan Asia Pasifik dan Afrika. Perang ini dimulai invasi Nazi Jerman terhadap Polandia pada 1 September 1939 dan berujung pada pernyataan perang oleh inggris dan Prancis, dan kemudian lebih dari 30 negara terlibat dalam konflik.

Lebih dari 100 juta personel militer diterjunkan untuk membasmi lawan-lawan mereka di medan pertempuran. Perang Dunia kedua mencapai titik akhir setelah Jepang (sekutu Jerman) menyerah setelah di Bom Atom oleh Amerika Serikat, kembali membelotnya Italia ke arah sekutu dan Kekalahan Jerman saat menginvansi Stalingard, Uni Soviet. 20 Juta penduduk Soviet kehilangan nyawa dan belum lagi kerusakan lainnya. Perang ini berakhir saat pasukan Sekutu berhasil mendaratkan pasukan di Perancis, di hari yang dinamakan D-Day.

Dan itulah kawan ke tujuh perang terbesar di dunia, semoga informasi ini bermanfaat dan semoga di masa depan tidak terjadi lagi perang – perang besar seperti sebelumnya. Amin.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks