7 Situs dan Aplikasi Belajar di Rumah, Ada yang Gratis Loh!! (2020)

Halo sobat, Sejak Pandemi ini kalian pasti sering belajar di rumah bukan, dan saat belajar di rumah itu kadang kalian masuk ke situs dan aplikasi belajar di rumah yang dapat membantumu untuk bisa belajar lebih baik.

Selain tentunya kalian bisa belajar di ilmusaku.com ini, kalian juga bisa belajar di situs – situs dan aplikasi belajar di rumah berikut ini, tak kurang ada 7 platform yang bisa kalian akses dari handphone kalian, bahkan beberapa aplikasi dan situs memberikan sertifikasi jika kita telah menyelesaikan pembelajaran, tentu kita mesti membayar untuk sertifikasinya saja. tapi tak perlu sertifikasi untuk belajar bukan ? Bahkan diantara aplikasi ini telah bekerja sama dengan Kemendikbud loh !

Dari pada berlama – lama ini 7 Platform aplikasi belajar di rumah versi ilmusaku.com

Rumah Belajar

Aplikasi Belajar di rumah
Sumber : Kemendikbud.go,id

Tempat Belajar online gratis yang pertama adalah Ruang belajar, ruang belajar adalah portal belajar yang di selenggarakan oleh kemdikbud di mana mereka menyediakan bahan belajar serta fasilitas agar anak – anak indonesia dapat mengakses materi secara online.

Ruang belajar juga bisa dimanfaatkan bukan hanya oleh siswa, melainkan juga guru yang membutuhkan materi untuk belajar dan mengajar. Dalam Ruang belajar ini terdapat materi dari tingkat PAUD, SD sampai SMA dan SMK. Jadi dengan Ruang belajar ini kamu gak perlu pusing deh kalau cari materi buat belajar kamu, dan sekali lagi ini G.R.A.T.I.S.

Icando

70745124 991584141200775 493200921484853248 o 1024x768 copy 1280x960
sumber : icando.co.id

Jika kamu mencari aplikasi yang menarik dan menyenangkan untuk belajar di rumah, Icando jawabannya. Icando adalah aplikasi belajar online seru yang di penuhi ratusan mini game interaktif dan komprehensi yang menyenangkan untuk dimainkan tapi di kemas dengan materi belajar yang di sesuaikan dengan kurikulum 2013 yang sudah di revisi dari kemendikbud.

Aplikasi ini memang sangat baik untuk meningkatkan motivasi untuk belajar tanpa melupakan keseruan dalam bermain, Jadi kata siapa belajar itu tak bisa menyenangkan ?

Ruang Guru

Ruang guru
Sumber : tempo.co

Siapa yang tak tahu Aplikasi Ruang Guru ? Aplikasi yang sering mondar – mandir di televisi ini bisa dibilang adalah Platform belajar online terbesar di Indonesia. Ruang Guru menyediakan layanan Bimbel online, Kelas Virtual, Platform Ujian dan Video Pembelajaran, yang di sajikan dengan menarik dan mudah dimengerti. selain itu Ruang Guru memiliki situs web, dimana mereka membagikan materi secara gratis di blog.ruangguru.com. Dan juga siapa yang tak mau belajar bersama Iqbal Ramadan.

Zenius

Zenius
Sumber : detik.com

Zenius bukan nama baru di layanan belajar online, di dirikan pada tahun 2007 oleh Sabda PS dan MEdy Suharta, mereka telah menyediakan hampir 80,000 ribu video pendidikan dan ratusan ribu soal untuk jenjang SD sampai SMA.

Mereka juga menyediakan materi latihan untuk Ujian SBMPTN dan Ujian komprehensif masuk ke Universitas – Universitas ternama di Indonesia.

IndonesiaX

IndonesiaX
sumber : tempo.com

Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, IndonesiaX berkomitmen meningkatkan kecerdasan bangsa melalui penyediaan kursus daring gratis untuk mengurangi kesenjangan pendidikan di negeri ini. Sejak di dirikannya IndonesiaX telah diminati 17 ribu orang peminat.

Selain gratis, kita pun bisa membeli Sertifikat hasil belajar kita hanya dengan membayar 200 ribu rupiah per sertifikat. Selain itu pengajar di IndonesiaX tak main – main ada dosen dari Universitas Indonesia hingga Unversitas Padjajaran, selain itu Menteri Pariwisata, WIsnutama pun pernah memiliki kelas di sini. kapan lagi kita bisa belajar dari menteri Pariwisata, Gratis lagi.

Meja Kita

Screen Shot 2020 03 19 at 3.11.07 PM 1024x600 copy 1280x750 1
sumber : kemdikbud.go.id

Meja kita menyajikan materi tematis dan menyediakan forum diskusi yang bisa kita gunakan untuk tanya jawab materi pembelajaran. Selain itu meja kita menyediakan materi dari level SD sampai SMA, secara gratis dan materi yang cukup lengkap untuk para siswa. Selain itu meja kita menyediakan ribuan catatan hasil unggahan murid – murid di komunitas belajar dari seluruh Indonesia.

DI Meja kita kita bisa berdiskusi tentang materi belajar, PR, Soal dan berbagai catatan belajar yang sudah kita buat untuk seluruh indonesia. Jadi serasa memiliki teman kelas di seluruh Indonesia iya.

Google For Education,,

google for education training center logo copy 1280x853 1
Sumber : google.com

Untuk mendukung pendidikan di masa Pandemi, Edu Google menyediakan banyak sekali materi – materi pembelajaran dan bahkan kelas online yang bisa kita ikuti secara gratis. bahkan selama pandemi google menyediakan layanan Chromebooks dan G-Suite agar memungkinkan pembelajaran walau memiliki koneksi internet yang rendah.

Selain itu di sana kita juga akan diajarkan tentang ilmu komputer dasar seperti materi – materi coding dasar dan video interaktif.

Dan itulah kawan ke tujuh situs dan aplikasi belajar di rumah, semoga membantu kamu di saat belajar di rumah ya, sobat. dan mungkin dari aplikasi – aplikasi ini kamu jadi lebih semangat lagi untuk belajar. betul gak ?

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com