7 Teknologi Masyarakat Kuno yang Menakjubkan

ilmusaku – Halo sobat, tahukah kamu jika teknologi masyarakat kuno tak kalah dengan teknologi yang sudah ada di jaman sekarang.

Meski saya yakin jika kamu semua cenderung berpikir bahwa teknologi kita sudah lebih maju dari pada nenek moyang kita. Karena dengan teknologi dan terobosan sains saat ini, tidak heran kalau kita berpandangan seperti itu.

Meski berbeda secara kegunaan, teknologi masyarakat kuno itu sangat berguna bagi masyarakat di jamannya, dan tak kalah dengan teknologi modern loh, penasaran ?

Mari kita cari tahu sama – sama.

Teknologi masyarakat kuno.

Sistem Sanitasi Masyarakat Sungai Indus Kuno (India/Pakistan)

Teknologi masyarakat kuno
Sistem sanitasi Kuno

Di jaman modern ini, hampir setiap rumah dan negara memiliki sistem perairan dan sanitasi sendiri. Tapi di jaman kuno, tepatnya di tahun 2030 SM (Sebelum Masehi) di mana banyak tempat manusia purba masih mencari air dari sungai dan parit, bahkan masih nomaden, masyarakat sungai Indus telah memiliki sistem perairan yang terlihat modern.

Di sebuah kota kuno bernama Mohenjo Daro (Pakistan sekarang) sudah dibuat 700 sumur batu yang dimiliki oleh setiap komplek rumah dan memiliki kamar mandi besar yang digunakan oleh warga kota Mohenjo Daro.

Baca juga : Teknologi Terlupakan di dunia

Mesin Pendeteksi Gempa Kuno (Cina)

Alat deteksi gempa kuno
Alat pendeteksi gempa

Sebagai negara yang di sebut Ring of Fire, Indonesia selalu mempersiapkan diri terhadap berbagai bencana alam, termasuk gempa bumi. Dan BMKG sebagai lembaga yang di tunjuk, menggunakan alat seismograf canggih untuk mendeteksi terjadinya gempa.

Tapi tahukan kamu jika pada jaman dahulu, tepatnya taun 132 M sudah ada alat pendeteksi gempa bumi ?

Namanya adalah “Earthquake Weathercock”. Seismograf pertama yang diciptakan oleh seorang astronom dan matematikawan asal Cina, Chang Heng. Mekanisme alat ini adalah Setiap kali ada sedikit getaran bumi, mekanisme di dalam seismograf akan membuka mulut salah satu naga di alat ini.

Sepatu Seluncur Es Kuno Berumur 5000 Tahun (Finlandia)

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, dan Universitas Milan, orang Finlandia adalah masyarakat kuno pertama yang mengembangkan sepatu seluncur es sekitar 5.000 tahun yang lalu dari tulang binatang.

Mereka menggunakan seluncur es ini di saat musim dingin, karena jaringan danau Finlandia yang terkenal padat dan keras. Juga digunakan karena dianggap teknologi ini mengurangi produksi energi karena kebutuhan oksigen yang kurang saat musim dingin.

Senjata Peluncur Api (Yunani)

Senjata pelontar api kuno
Sumber : id.quora.com

Teknologi masyarakat kuno yang ketiga adalah Alat peluncur Api atau Api Yunani adalah senjata yang digunakan oleh kekaisaran Bizantium pada tahun 672 Masehi. Senjata peluncur api ini biasanya digunakan untuk menenggelamkan kapal musuh.

Beberapa sejarawan percaya bahwa Api Yunani bisa tersulut saat bersentuhan dengan air, karena komponen dasarnya adalah naptha serta kapur. Tetapi sampai saat ini komposisi benar dari senjata peluncur Api Yunani ini masih menjadi spekulasi dan perdebatan dari banyak ilmuwan.

Baca juga : Teknologi penting abad21

Panah berulang/ Lian Nu (Cina)

Panah berulang

Jika kalian adalah pencinta game Dinasty Warrior, kalian mungkin sudah tak asing dengan tokoh Zhuge Liang. Tokoh Zhuge Liang ini dipercaya hidup pada abad ke 3 Masehi.

Zhuge Liang, selain dikenal sebagai ahli perang dan siasat dia juga dikenal sebagai pencipta senjata perang bernama Lian Nu, atau Panah Berulang. Panah berulang ini bisa menembakan anak panah secara berulang.

Merpati Robot (Yunani)

Merpati robot
sumber : Facebook.com

Konsep Robot pertama yang pernah dibuat adalah merpati bertenaga uap buatan ilmuwan Yunani Kuno, bernama Archytas pada tahun 400 SM. Archytas membuat robo burung ini dari kayu dan menggunakan uap untuk menggerakkannya. Robot burung ini digantung di batang pivot, pada satu titik dan mampu terbang sekitar 200 meter sebelum jatuh kehabisan tenaga.

Mekanisme Antikythera (Yunani Kuno)

Mekanisme Antikythera
sumber : vox.com

Mungkin kamu sudah sering menggunakan komputer di rumah, di sekolah ataupun di tempat kerjamu. Tapi tahukah kamu konsep komputer analog sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Yaitu benda yang di sebut mekanisme Antikythera.

Alat yang dianggap sebagai konsep komputer pertama ini ditemukan di laut pada tahun 1901 di antara reruntuhan yang diambil dari bangkai kapal di dekat pantai pulau Yunani Antikythera. Banyak yang memperkirakan kalau alat ini diciptakan sekitar 87 SM, atau antara 150 dan 100 SM.

Karya teknologi serupa baru muncul kembali di era kekaisaran Bizantium dan peradaban Islam abad pertengahan, tetapi karya dengan kompleksitas serupa baru muncul kembali saat perkembangan jam astronomi mekanik di Eropa pada abad keempat belas dan teknologi ini berkembang hingga kita bisa memiliki komputer modern.

Dan itulah kawan ke 7 teknologi masyarakat kuno semoga informasi bermanfaat bagi kamu dan mudah – mudahan teknologi dapat berkembang dan kehidupan kita bisa lebih baik di masa depan.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com