Halo Sobat, Merawat Rambut Panjang sebenarnya susah – susah gampang. Meski terlihat sederhana, tapi menjaga kesehatan rambut bisa membuat rambut panjang kita terlihat lebih segar menawan.

Ada berbagai cara untuk merawat rambut agar tetap terlihat mempesona dan cantik. Namun, jika kita salah saat merawat rambut panjang kita, rambut justru akan rawan mengalami berbagai masalah, diantaranya kerontokan, mudah kusut, hingga bercabang dan mudah patah.

Nah, kami dari telah menyiapkan cara untuk hanya untuk kamu :

5 Cara Merawat Rambut Panjang agar tetap terlihat menawan

Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk, Cukup Tekan Pelan – Pelan.

Tips merawat rambut panjang
Sumber : suara.com

Oke, ini mungkin terdengar sepele, tapi mengeringkan rambut kamu dengan menggosok handuk Rambut ternyata tidak disarankan loh!

Menggosok helaian rambut dengan handuk dapat membuat kulit kepalamu menjadi rusak dan membuat ujung rambut menjadi bercabang dan rontok.

Jadi, setelah keramas cukup tekan pelan – pelan rambutmu yang basah dengan handuk, lalu biarkan rambut kering. Jika kamu menggunakan hair dryer, beri jarak 15 cm dari rambut atau kulit kepala dan hindari mengeringkan satu area terlalu lama.

Mulai Menyisir dari Ujung

images 37 1 copy 1280x874 min
Sumber : medium.com

Untuk sebagai orang menyisir rambut mungkin terlihat sebagai rutinitas dan kegiatan yang sepele, namun jika tak dilakukan dengan benar ternyata bisa menjadi penyebab rambut Panjangmu menjadi rontok.

Menurut Bustle.com, Menyisir dari rambut mulai dari ujung rambut dapat mengatasi rambut kusut tanpa menarik rambut dari folikel akarnya. Dan jangan menyisir rambutmu dalam keadaan basah, karena itu dapat membuat rambutmu kasar dan bercabang.

Baca juga : cara merawat laptop

Gunakan Kondisioner Setelah Keramas, Tapi Hanya Gunakan Di Batang Hingga Ujung Rambut.

images 38
Sumber : pantene.co.id

Kondisioner membantu rambutmu menjadi lembut dan halus. Tapi kita tak bisa sembarang dalam memakai dan mencoba kondisioner. Selalu gunakan Kondisioner berkualitas dan terpercaya.

Tapi meski sudah memakai Kondisioner berkualitas, banyak yang salah saat mengaplikasikan produk kondisioner. Cara yang benar adalah dengan memakaikan kondisioner pada bagian yang rawan rusak seperti bagian batang rambut ke ujung.

Karena jika kita memakai kondisioner dari akar rambut, kepala kita malah menjadi berminyak.

Sebelum Keramas, Basahi Rambutmu Dengan Air Hangat

images 39 1 copy 1280x641 min 1
Sumber : runnersworld.com

Air hangat dapat membantu membuka pori-pori pada kulit kepalamu, hingga dapat membuat rambutmu menyerap nutrisi dari sampo dengan baik.

Tapi setelah keramas, selalu bilas rambutmu dengan air dingin, karena air dingin dapat membantu menutup pori – pori pada kulit kepalamu dan mengunci nutrisi di kulit kepala. Selain itu keramas menggunakan air dingin itu menyegarkan loh!

Pijat Kepalamu Saat Keramas

images 40 copy 1280x853 min
Sumber : india.com

Saat keramas ada baiknya kamu juga melakukan head message atau Pijatan kepala. Hal ini berguna agar membuat kulit kepalamu menjadi lebih relaks dan membuatmu terhindar stress.

Untuk informasi saja nih iya sobat. Penyebab utama dari kerontokan adalah Stress! Jadi mudah – mudahan dengan pijatan ringan di kepala kamu bisa menjadi lebih santai dan rileks.

Baca juga : Cara berbicara di depan umum

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

images 412 copy 1280x1150 min
sumber : beginningbeutique.com

Ketika kita memiliki Rambut Panjang, kadang sangat sulit bagi kita untuk beraktivitas jika kita tidak memakai ikat kepala. Tapi memakai ikat kepala yang salah dapat membuat rambut kita rusak.

Selain itu, jika kita sering mengikat kencang rambut kita itu akan menggangu peredaran nutrisi ke tiap helai rambut kita, hingga pertumbuhan menjadi terhambat.

Solusinya ? Gunakan penjepit Rambut dan ikatan rambut yang lebih longgar.

Potong Rambut Secara Berkala

images 42 copy 1280x958 min
Sumber : smallbusiness.co.uk

Oke, sebelum kamu marah karena kami menyuruhmu memotong rambut Panjangmu yang indah. Kami ingin menjelaskan manfaat memotong rambut walaupun sedikit. Menurut CNN, ujung rambut kita adalah bagian paling mudah untuk bercabang. Apalagi rambut bercabang itu adalah sumber dari banyak masalah Rambut.

Dalansir dari CNN lagi, pastikan untuk memotong ujung rambutmu setiap 10-12 minggu jika kami jarang menggunakan alat penata rambut. Sedangkan jika kamu sering menata rambutmu potong ujungnya setiap 6-8 minggu sekali.

Baca juga : Tips Menghadapi Interview

Kesimpulannya adalah Merawat rambut panjang, apalagi menjaga kesehatan rambut untuk tetap terawat dan menawan itu perlu beberapa hal – hal ekstra yang meski kita ikuti.

Karena Rambut menawan adalah impian semua orang, entah itu perempuan dan laki – laki. Kalian tak ingin bukan rambut kalian menjadi rontok dan rusak saat masih muda ?

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks