Tulisan Informatif Adalah – 5 Jenis Tulisan Informatif

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Tulisan Informatif adalah dan 5 Jenis Tulisan Informatif yang perlu diperhatikan dan diketahui oleh mahasiswa yang mempelajari Humas atau Hubungan Masyarakat.

Ada 3 Tujuan yang dapat dicapai oleh sebuah tulisan Informatif dalam kehumasan yaitu untuk memberikan informasi (to Inform), Untuk Membujuk (to Persuade) dan memberikan instruksi (to instruct) kepada masyarakat (Bikin, 1995).

Para Orang Humas sering membuat tulisan yang bertujuan untuk memberi tahukan kepada publik sehingga publik memiliki pengetahuan yang baik terhadap perusahaan tempat dia bekerja.

Salah satunya adalah dengan cara menulis Tulisan informatif ini, tapi apa sih Teks Informatif ini ? Mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

Pengertian Tulisan informatif Adalah

Tulisan informatif Adalah untuk dapat memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu hal (dalam hal kehumasan) berarti informasi yang menyangkut tentang perusahaan atau organisasi untuk memelihara hubungan dan pengetahuan masyarakat tentang Perusahaan/ Organisasi tersebut.

Baca juga : Pengertian Lobi adalah.

3 Syarat Menulis Tulisan Informatif

Dalam sebuah penulisan Tulisan Informatif terdapat 3 Syarat yang mesti dipenuhi yaitu :

  • Seimbang dan tidak bias artinya tulisan Informatif tidak bertendensi untuk memihak atau mendukung ataupun melawan posisi tertentu atau mencoba untuk tidak berat sebelah.
  • Langsung (straightforward) artinya tulisan Informatif disampaikan apa adanya dengan menekankan pentingnya aspek kesegaran dan langsung pokok – pokok masalah yang disampaikan.
  • Faktual artinya Tulisan menyajikan informasi yang berlandaskan fakta yang ada.

5 Jenis Tulisan Informatif

Terdapat berbagai contoh atau bentuk tulisan yang bertujuan menambahkan pengetahuan masyarakat dengan penyampaian informasi. Beberapa yang umum dipakai dalam kehumasan antara lain:

Siaran Pers / Press Release.

Contoh Press Release Perusahaan

Siaran Pers / Press Release adalah sebuah format informasi tertulis dengan format berita langsung (straight news / hard news) yang dibuat oleh praktisi humas untuk kemudian di tayangkan di surat kabar dan media cetak lainnya.

Selain dapat menggunakan tulisan, Siaran Pers juga dapat menggunakan model audio (melalui radio ataupun Podcast) ataupun audiovisual atau dikenal sebagai video news release (melalui Televisi ataupun YouTube)

Fact Sheet

Contoh Fact Sheet

Fact Sheet adalah sebuah format komunikasi tulis yang biasanya berisi fakta – fakta penting dan menarik terkait perusahaan, seperti Fact Sheet mengenai Produk, layanan dan sebagainya.

Backgrounder

Contoh Backgrounder Perusahaan

Backgrounder adalah sebuah format komunikasi massa yang biasanya berisi informasi latar belakang perusahaan. Isi dari backgrounder kadang sama dengan informasi yang ada di booklet profil perusahaan.

Newsletter

Newsletter adalah sebuah terbitan yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk menyajikan informasi secara rutin baik kepada masyarakat luas ataupun kepada internal perusahaan.

Newsletter biasanya menggunakan kertas ukuran kuarto dengan ketebalan sekitar kurang lebih 4-13 halaman. Ini tergantung kepada banyak sedikitnya informasi rutin yang perlu disebarkan oleh perusahaan/ organisasi kepada publik.

Newsletter biasanya terfokus pada pemuatan berita (news) yang biasanya dikirim kepada masyarakat seperti halnya mengirimkan surat. Biasanya juga dapat diterjemahkan sebagai warkat berita.

Annual Report

Annual Report adalah sebuah buku yang berisi laporan tentang perusahaan berkaitan dengan aset/ kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan / organisasi termasuk usaha – usaha yang dilakukan dan juga capaian – capaian yang sudah dihasilkan selama satu tahun.

Unsur – Unsur Nilai Berita Layak diberitakan

Ada beberapa unsur-unsur nilai berita yang bisa dipakai untuk menilai apakah suatu peristiwa layak untuk diberitakan dalam sebuah teks Informatif dan unsur-unsur tersebut adalah :

  • Significance, adalah suatu peristiwa mempunyai arti penting bagi publik karena mempengaruhi kehidupan masyarakat.
  • Magnitude, Yakni Peristiwa atau suatu gagasan memiliki unsur besaran atau ukuran besar atau melibatkan orang ataupun uang dengan jumlah banyak.
  • Timelines, yaitu suatu peristiwa atau gagasan benar – benar baru terjadi dan menjadi perbincangan hangat di masyarakat.
  • Prominence artinya suatu peristiwa atau gagasan melibatkan orang – orang terkenal atau orang yang memiliki peran penting dalam masyarakat.
  • Proximity artinya suatu peristiwa atau gagasan baik secara fisik dan psikologis dekat dengan khalayak ramai.
  • Human Interest, artinya suatu peristiwa atau gagasan menyentuh rasa kemanusiaan khalayak.

Baca juga : 5 Arah Komunikasi organisasi.

dan itulah sobat penjelasan mengenai Tulisan informatif semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk share info ini di media sosial milikmu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version