Unik Tapi Nyata! 5 Fenomena Alam Teraneh di Dunia

Halo sobat, Alam adalah tempat paling menakjubkan. Banyak sekali hal terjadi di alam semesta, entah fenomena alam biasa bahkan fenomena aneh luar biasa. mulai dari hal yang bisa dijelaskan oleh logika manusia hingga sesuatu yang di luar nalar.

Mulai dari danau berwarna merah muda ala permen karet di Australia hingga air terjun merah darah di Antartika. Semuanya telah kami siapkan hanya untuk kamu sobat.

Jadi mari kita simak sama – sama

5 peristiwa alam teraneh di dunia

1. Petir di Catatumbo

Gambar hujan petir di Catatumbo (sumber : travel.tribunnews.com

Ada pepatah mengatakan jika petir tak akan menyambar dua kali. Tapi apakah iya ?

Sepertinya pepatah itu tidak berlaku di Sungai Catatumbo, di Venezuela. Karena setiap puncak musim hujan di bulan Oktober, tempat itu akan melihat kilatan selama 30 kali dalam satu menit, dan mengalami 260 badai setiap harinya, di tempat yang sama.

Meski badai besar di tempat ini dapat dikaitkan dengan kombinasi medan pegunungan dan pola angin arah angin, para ilmuwan belum menemukan alasan yang pasti kenapa daerah ini menarik lebih banyak petir dari tempat lain di dunia.

Peristiwa hujan petir di Catatumbo, Venezuela ini masih dianggap misteri alam yang belum terpecahkan sampai sekarang.

2. Awan Tsunami di Langit Aceh

Sumber : kompas.com

Awan besar itu dikenal juga sebagai awan Arcus atau awan tsunami. Awan Arcus memiliki struktur horizontal yang biasanya terlihat sepanjang front bersama awan Cumulonimbus.

Awan Arcus tidak berhubungan dengan kemunculan tornado tetapi dapat mendatangkan hujan/hujan badai.

Hingga wajar saja jika kamu akan menjadi heboh, jika melihat awan berbentuk tsunami ini. Dan banyak yang mengaitkan dengan peristiwa ini dengan berbagai cerita – cerita mistis dan ramalan tentang bencana.

Tapi tentu saja, siapa sih yang tidak takut melihat tsunami awan di langit ?

3. Northern Lights atau Aurora Borealis

Sumber : hurtigruten.com

Cahaya dari utara atau disebut juga Aurora Borealis adalah sebuah kilatan cahaya yang seolah – olah tengah berdansa diatas langit.

Kumpulan Cahaya itu terjadi karena terjadinya tabrakan partikel gas di atmosfer bumi dengan elektron dan proton yang ditembakkan dari langsung matahari.

Partikel gas yang ada di udara mempengaruhi warna apa yang akan di tampilkan oleh partikel-partikel cahaya tersebut.

Oksigen menghasilkan warna hijau dan kadang-kadang merah, sedangkan nitrogen menghasilkan gelombang warna ungu dan biru.

Jadi saat fenomena alam ini terjadi, kamu akan merasakan sebuah pesta lampion alami di langit. Keren bukan ?

Baca juga : Tempat terseram di dunia

4. Gerbang Neraka

Gerbang Neraka di Turkmenistan (Sumber : Detik.com)

Kawah api abadi berukuran raksasa ini memiliki julukan yang mengerikan yaitu “Pintu Neraka”. Kawah ini sudah terbakar selama hampir 40 tahun.

Kawah yang bernama Darvaza ini ukurannya cukup besar loh kawan. Karena memiliki lebar 69 meter dan kedalaman 30 meter. Selain itu kawah api ini terletak di tengah gurun di Turkmenistan.

Kawah ini tercipta saat sebuah alat penggali yang digunakan sekelompok teknisi Uni Soviet untuk melakukan eksplorasi gas, runtuh dan langsung menciptakan sebuah kawah api abadi raksasa.

Hingga akhirnya kesalahan manusia itu menjadi sebuah Fenomena alam yang menakjubkan dan juga mengerikan.

5. Tornado Api saat Kebakaran Hutan di California dan Australia

Tornado api (sumber : abc7chicago.com)

Fenomena alam ini biasanya terjadi bila ada sebuah kebakaran hutan dahsyat seperti yang terjadi di Australia Desember lalu dan California, Amerika Serikat beberapa waktu ini.

Fenomena alam ini terjadi karena api yang terbakar di bumi kemudian membentuk lorong memanjang ke angkasa.

Api menciptakan sebuah sel bertekanan rendah yang mengakibatkan udara memanas disekitarnya yang serupa dengan sebuah kompor gas.

Akibatnya, udara lembab di sekelilingnya yang bertekanan lebih tinggi berebut masuk untuk mencoba menstabilkan tekanan di tempat yang lebih rendah itu.

Kemudian terjadilah ketidakstabilan di sekitar atmosfer, dan terjadilah sebuah gerakan vertical yang mendorong udara lembab hingga membentuk sebuah pusaran udara.

Partikel di dalam inti pusaran ini akan saling bergesekan yang akan menimbulkan percikan api dan menjadi sebuah Tornado Api yang menakutkan tapi menakjubkan ini.

Baca juga : Gempa terbesar di dunia

Nah itulah kelima Fenomena Alam aneh dan unik yang terjadi di dunia.

Menurut kalian apakah Fenomena tersebut merupakan kejadian luar biasa atau hanya sebuah fenomena bisa ?

Silahkan berikan tanggapan di kolom pertanyaan di bawah ini

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version