Yasuke – Kisah Nyata Samurai dari Afrika

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Kisah Yasuke, seorang samurai dari Afrika yang terlibat dalam peristiwa peperangan di zaman Sengoku dimana zaman para daimyo atau para tuan tanah memperebutkan daerah kekuasaan untuk menguasai seluruh Jepang.

Bagaimana seorang pemuda asal Afrika ini bisa terjebak dalam drama perebutan kekuasaan ini dan menjadi salah prajurit dari seorang Daimyo yang hampir berhasil menyatukan Jepang yang dikenal sebagai “The Demon King” atau Raja Iblis Nobunaga Oda.

Untuk Mengetahui Bagaimana Kisahnya Mari Kita Simak Bersama – Sama ?

Siapakah Yasuke ?

Yasuke
Yasuke dalam Anime

Yasuke adalah seorang pria asal Afrika (asli Mozambique) yang menjabat sebagai kashin/Prajurit dibawah Oda Nobunaga. Oda Nobunaga sendiri adalah salah satu dari 3 Pemersatu Jepang selain Toyotomi Hideyoshi dan Ieyasu Tokugawa.

Dia tiba di Jepang 1579 bersama Para Anggota Jesuit yang datang ke Jepang untuk melakukan misionaris dimana dia bekerja sebagai Pengawal dan Pelayan dari misionaris Yesuit asal Italia bernama Alessandro Valignano. Alessandro ini adalah salah satu orang Eropa yang memperkenalkan ajaran Katolik ke Jepang.

Seorang Samurai bawahan Ieyasu Tokugawa bernama Matsudaira Ietada menuliskan dalam buku diary miliknya tentang Yasuke. ” Tingginya 6 Shaku 2 Sun (Sekitar 188 cm)…dia hitam, dan kulitnya seperti arang.”

Keberadaan Yasuke juga disebutkan dalam teks varian Shinchō-ki yang dimiliki oleh Sonkeikaku Bunko yang menjadi arsip sejarah klan Maeda. (Salah satu Jendral Nobunaga Oda)

Dia juga katanya tergambarkan dalam sebuah karya seni berjudul Sumō Yūrakuzu Byōbu dimana terdapat Seorang Bangsawan (Oda Nobunaga) yang tengah bergulat dengan Pria berkulit Hitam.

Black sumo wrestler in 17th century

Pertemuan dengan Nobunaga Oda

images 71 2 min
Oda Nobunaga dalam Game Samurai Warrior

Pada Tahun awal kedatangannya, tepatnya Pada Maret Tahun 1581, dia dan Rombongannya datang dan memasuki ibukota. Saat itu pula dia langsung menjadi pusat perhatian masyarakat karena penampilannya yang tinggi besar dan berkulit gelap.

Lalu saat Rombongan tersebut mendatangi istana untuk menemui Oda Nobunaga, sang Daimyo langsung merasa terkejut takjub ketika melihat sosoknya dan langsung bertanya :

” Apakah Kamu mengecat tubuhmu sendiri menjadi hitam ?” Tanya Nobunaga. ” Aku terlahir dengan kulit hitam.” Jawabnya. Mendengar jawaban itu Nobunaga merasa terkesan, dia pun menyuruh keponakannya memberikan beberapa kantung uang.

Oh iya, Kamu tak perlu bingung bagaimana Pria Afrika itu dapat berbahasa Jepang, karena menurut kabar untuk dapat membantu Bosnya melakukan misi Misionaris, Alessandro Valignano juga mengajarkan Bahasa Jepang kepadanya.

Bahkan, Menurut BBC.com, Oda sangat terkesan karena berbeda dengan Yesuit yang membawa misi Agama, Pria Afrika itu membawa banyak cerita menarik tentang kisahnya perjalanannya dari Afrika, India hingga Sampai ke Jepang, cara dia bersikap (Nobunaga sangat senang berbicara dengannya) dan kekuatan Fisik yang dimilikinya.

Hingga beberapa hari kemudian setelah Pamit kepada Bos Jesuit-nya, dia langsung menjadi bagian dari Pasukan Nobunaga Oda dan diangkat menjadi Samurai hingga mendapatkan nama Jepang yaitu Yasuke.

Yasuke pun kerap diajak pergi berperang oleh Sang Daimyo termasuk ke Pertempuran Tenmokuzan, di mana Nobunaga memimpin pasukannya, termasuk Yasuke memeriksa bekas wilayah klan Takeda. Dalam perjalanan pulang, dia bertemu Tokugawa Ieyasu disitulah dia bertemu dengan Matsudaira Ietada.

Baca juga : Fakta Unik Tentang Ninja

Akhir Samurai Hitam Dari Afrika

Tapi Sayang Karier Samurai Yasuke tidak bertahan lama. Tepat pada tahun 1582 terjadi sebuah tragedi. Pasukan Nobunaga Oda yang tengah menginap untuk beristirahat di Kuil Hono-ji dikhianati oleh salah satu Jenderalnya sendiri yaitu Mitsuhide Akechi.

Dimana Akechi mengepung Kuil pada saat Nobunaga Oda tengah beristirahat dan dalam keadaan lengah hingga akhirnya terjadi penyerangan yang membuat Sang Daimyo melakukan seppuku.

Yasuke sendiri berada dalam pasukan yang berada di kuil tersebut. Dia bertempur sekuat tenaga hingga dapat melarikan diri dari tempat itu. Dia pun pergi untuk dapat berkumpul dengan Putra Nobunaga yaitu Oda Nobutada di Kastil Nija.

Pasukan Akechi yang ingin menjadi Shogun langsung menyerang Kastil Nija, Hingga terjadi pertempuran besar dimana Yasuke ikut terlibat didalamnya. Tapi sayang kekuatan yang dimiliki oleh Mitsuhide Akechi terlalu kuat untuk Nobutada hingga dia dikalahkan dan Yasuke pun di tangkap.

Namun setelah dia ditangkap, Akechi tidak langsung membunuhnya. dia dianggap sebagai binatang dan bukan Orang Jepang hingga harus dikembalikan ke Kaum Jesuit(Akechi memang penghianat yang Rasis). Setelah tak ada lagi penjelasan sejarah tentang bagaimana nasib Samurai Asal Afrika ini.

Yasuke dalam Cerita Modern.

Jika kamu tertarik dengan kisah lengkap, Samurai asal Afrika ini, kamu dapat menyaksikannya dalam Format Anime Jepang yang dibuat oleh Studio MAPPA yang tayang di Netflix berjudul Yasuke.

Dimana kisah ini diceritakan dengan sangat matang dan kekuatan grafis yang mumpuni.

Selain Anime, terdengar kabar jika kisah ini akan diangkat ke layar lebar. Almarhum Chadwick Boseman sebelum meninggal telah menyetujui untuk memerankan tokoh Samurai misterius ini. Tapi sayang takdir berkata lain.

Selain itu kamu juga dapat membaca kisah ini dalam Novel Kuro-suke karya Kurusu Yoshio, dan juga Video Game Action Nioh.

Baca juga : Gilgamesh, Ksatria Kuno.

Dan itulah kawan Pembahasan menarik dari kami. Jika kamu anggap Kisah ini menarik jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com